• Informasi
  • Isi Formulir

RFP Kerangka Acuan Kerja Konsultanku

Kerangka Acuan Kerja (Term of Reference) memberikan pernyataan tentang latar belakang, tujuan, dan tujuan dari proyek atau pekerjaan yang diusulkan oleh pengguna jasa.

Format bagian umum Kerangka Acuan Kerja (Term of Reference) adalah sebagai berikut:

  • Latar Belakang Proyek (apa yang menjadi penyebab perlu dilaksanakannya proyek ini dan tentang profil pengguna jasa).
  • Tujuan proyek (yang ingin dicapai atau dihasilkan dari proyek, misalkan laporan keuangan, laporan audit, mendapatkan spt pajak terlapor, mendapatkan saran atau analisa tentang suatu hal misalnya pajak, dsb).
  • Isu yang akan dieksplorasi dan dianalisis berdasarkan kriteria tertentu (misalkan spesifik tentang perencanaan pajak dan analisa berdasarkan regulasi pajak).
  • Metodologi Implementasi yang akan diterapkan atau acuan standar kerja atau standar profesional jika ada (cara pelaksanaannya atau pendekatan dalam pekerjaan, diantaranya dengan diskusi, review dokumen, pemeriksaan langsung, dsb)
  • Keahlian yang diperlukan (apa keahlian yang diperlukan, konsultan yang dibutuhkan)
  • Hasil pekerjaan (apa bentuk hasil pekerjaan yang diinginkan, apakah berupa laporan tertulis, berapa copy, dsb)
  • Anggaran yang disediakan untuk pekerjaan (estimasi anggaran pelaksanaan)
  • Rencana kerja, termasuk jadwal kegiatan (dari mulai sampai dengan penyelesaian pelaksanaan, termasuk lokasi)

Harap dicatat ini adalah bagian umum dari template TOR. Template ini dapat diubah atau dihilangkan, tergantung pada ruang lingkup proyek tertentu. Uraian bagian TOR di bawah ini bersifat umum dan diberikan sebagai gambaran umum untuk tujuan panduan. Ini berarti proyek tertentu akan memerlukan analisis yang lebih dalam untuk dimasukkan dalam template TOR.

RFP Kerangka Acuan Kerja (Term of Reference) Konsultanku

Mohon isi dengan jawaban yang sesuai

Harap pengguna jasa memilih jenis layanan Konsultanku:

Jenis Jasa

Latar Belakang Pekerjaan (apa yang menjadi penyebab perlu dilakukan pekerjaan atau proyek ini dan tentang profil pengguna jasa termasuk informasi lain yang relevan dengan pelaksanaan kerja seperti lokasi, transaksi, jumlah karyawan, dan informasi relevan seperti misalnya historis pemeriksaan pajak jika dalam kasus pekerjaan pajak)

Tujuan pekerjaan (yang ingin dicapai atau dihasilkan dari proyek, misalkan laporan keuangan, laporan audit, mendapatkan spt pajak terlapor, mendapatkan saran atau analisa tentang suatu hal misalnya pajak atau akuntansi, atau melakukan tuntutan hukum kepada pihak tertentu, dsb)

Khusus pekerjaan konsultasi - Isu yang akan dieksplorasi dan/atau dianalisis berdasarkan kriteria tertentu (misalkan spesifik tentang perencanaan pajak dan analisa berdasarkan regulasi pajak)

Metodologi Implementasi yang akan diterapkan atau acuan standar kerja atau standar profesional spesifik, jika ada (cara pelaksanaannya atau pendekatan dalam pekerjaan diantaranya dengan diskusi, review dokumen, pemeriksaan langsung, dsb)

Keahlian yang diperlukan (apa keahlian yang diperlukan, jenis konsultan yang dibutuhkan, dan perkiraan jumlahnya)

Hasil pekerjaan (apa bentuk hasil pekerjaan yang diinginkan, apakah berupa laporan tertulis, berapa copy, dsb)

Anggaran yang disediakan untuk pekerjaan (estimasi anggaran pelaksanaan)

Perkiraan rencana kerja/kegiatan, termasuk jadwal (dari awal pekerjaan sampai dengan penyelesaian pelaksanaan)