Trik Jitu Dalam Melakukan Endorsement



Tentunya, sudah tidak asing lagi bagi para digital marketer dengan istilah endorsement. Ya, salah satu teknik promosi yang dilakukan melalui media sosial ini memang sedang marak-maraknya. Endorsement adalah suatu bentuk kerjasama antara kedua pihak yang saling menguntungkan. Kegiatan promosi ini dilakukan oleh online shop dengan menggandeng artis atau selebgram yang memiliki banyak pengikut, penggemar, dikenal banyak orang, atau sedang hangat diperbincangkan untuk mempromosikan produknya dengan mengunggah foto atau video dan lain sebagainya pada akun media sosial mereka, contohnya seperti Instagram. Endorsement yang dilakukan ini, secara tidak langsung akan mempengaruhi para pengikutnya di Instagram untuk mengenal produk dari online shop yang meng-endorsenya dan berpotensi untuk melakukan keputusan pembelian serta yang tak kalah pentingnya ialah dapat menciptakan kesadaran merek.
 
Namun, bagi Anda yang baru saja merintis bisnis melalui sosial media, kegiatan promosi ini tidak boleh dilakukan sembarangan lho! Ada beberapa trik yang harus Anda ketahui sebelum melakukan endorsement agar memberikan feedback yang memuaskan!
 
Ketahui Informasi Mengenai Engagement Sang Endorser
Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan endorse adalah melihat data berupa informasi mengenai engagement dari akun sosial media endorser yang akan Anda pilih. Data ini bisa kita dapatkan dengan cara meminta insight secara langsung kepada artis atau selebgram tersebut melalui kontak yang tersedia. Dengan adanya data ini, Anda akan lebih mudah untuk melihat seberapa efektif foto atau video yang akan diunggah oleh sang endorser dalam mempromosikan produk apabila Anda akan menggunakan jasa endorser tersebut.
 
Tentukan Target Audiens yang Tepat
Untuk menghasilkan feedback yang baik, Anda perlu kenali terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target dari produk yang akan dipromosikan. Misalnya, jika produk Anda di bidang kuliner, endorser yang Anda butuhkan ialah para artis atau vlogger mukbang, terkenal dengan review kulinernya dan lain lain bukan seorang beauty vlogger. Karena, jika Anda salah sasaran, maka hasilnya mungkin akan mengecewakan bagi bisnis Anda.
 
Perhatikan Budget
Jangan tergesa-gesa dalam mengeluarkan budget untuk endorsement! Karena seperti pada umumnya, untuk kalangan artis papan atas, tarif yang diberikan tentunya tidaklah murah. Jangan sampai budget yang Anda keluarkan hingga jutaan rupiah melayang begitu saja dan bisnis yang justru menjadi pokoknya malah terbengkalai. Untuk permulaan, cobalah terlebih dahulu menggunakan jasa dari endorser yang tarifnya tidak terlalu mahal. Dari situ, Anda dapat meriset strategi online shop Anda yang lebih matang lagi dan menjadikan tolok ukur untuk endorse selanjutnya.
 
Lakukan Endorsement Secara Berkala
Endorsement bukanlah strategi promosi yang hanya memberikan dampak positif bagi penjualan saja, namun kegiatan endorse dengan target yang tepat juga akan meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) di mata publik. Oleh karenanya, melakukan endorsement secara berkala adalah hal yang perlu dipertahankan. Semakin sering produk diiklankan maka akan semakin dikenal pula oleh masyarakat. Terciptanya kesadaran merek yang baik akan meningkatkan kepercayaan konsumen dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan tanpa perlu berpikir dua kali dalam melakukan keputusan pembelian.
 
Pastikan Ketersediaan Produk yang Diiklankan Memadai
Dengan melakukan kegiatan promosi ini, artinya Anda sudah siap untuk memenuhi permintaan konsumen dalam jumlah banyak. Hal yang perlu dihindari adalah jangan sampai Anda memasarkan barang atau layanan secara besar-besaran, namun ketersediaan produk yang Anda sediakan terbatas. Apabila produk yang dipromosikan memiliki varian, model, ukuran, atau warna tertentu, sebaiknya perbanyaklah jumlah produksinya. Pada umumnya, penggemar atau pengikut dari seorang endorser cenderung akan membeli barang atau jasa yang sama persis dengan apa yang dipakai atau digunakan oleh idolanya tersebut.
 
 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi