Cara Menghadapi dan Memenangkan Persaingan Bisnis

Dalam berbisnis, tentu ada kompetisi untuk menjadi yang terbaik. Barangkali, persaingan cukup membuat frustrasi. Namun, sedikit-banyak berdampak baik untuk mendorong laju pertumbuhan bisnis. Masalahnya, adakah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa “selamat” dalam persaingan bisnis? Simak jawabannya dalam artikel berikut!

an image

 

Apa itu Persaingan dalam Bisnis dan Cara Menghadapinya

Menurut Marbun (2003), persaingan adalah ketika organisasi atau perorangan berlomba untuk mencapai tujuan yang diinginkan seperti konsumen, pangsa pasar, peringkat survei, atau sumber daya yang dibutuhkan.

 

Sementara itu, persaingan bisnis adalah sebutan usaha-usaha yang dilakukan oleh dua perusahaan atau lebih demi memperoleh pesanan dengan menawarkan harga dan syarat yang paling menguntungkan.

Baca Juga:
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

 

7 Cara Menghadapi Persaingan Bisnis

Tentu, ada sejumlah cara dan strategi yang dapat Anda lakukan untuk bertahan bahkan memenangkan persaingan bisnis. Berikut, Konsultanku telah merangkum 7 cara menghadapi persaingan bisnis yang dapat dipraktikkan sendiri.

 

Kenali Kompetitor

Mengetahui siapa kompetitor Anda dan apa yang mereka tawarkan dapat membantu Anda membuat produk, layanan, dan pemasaran yang lebih menonjol. Cara untuk menghadapi persaingan usaha ini akan memungkinkan Anda menetapkan harga secara kompetitif dan membuat kampanye pemasaran yang bersaing.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Dengan mengenali kompetitor, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang memanfaatkan kelemahan pesaing. Selain itu, Anda juga dapat menilai setiap risiko ancaman yang datang dari pendatang baru dan pesaing saat ini. Dengan demikian, Anda bisa bersikap realistis tentang peluang kesuksesan bisnis Anda di tengah maraknya bisnis online saat ini.

 

Kenali Pelangganmu

Tahukah Anda bahwa sebanyak 80 persen usaha tidak punya data yang cukup untuk membangun kampanye pemasaran yang efektif?

 

Mayoritas pemasar memang mengetahui pola pembelian yang dilakukan oleh pelanggan, yang tentunya sangat berguna untuk diteliti. Namun demikian, sebetulnya masih banyak informasi lain yang bisa Anda gali untuk memperbaiki strategi promosi usaha.

 

Caranya? Kenali pelanggan Anda lebih mendalam. Bangun hubungan yang baik antara usaha dengan para pelanggan sehingga mereka dapat setia pada brand Anda walau hanya melakukan beberapa kali pembelian.

 

Menurut pimpinan YesMail Interactive, banyak pemasar yang mengabaikan dan tidak menggunakan data yang ada “di depan mata” mereka. Terutama data-data terkait aktivitas sosial yang memberikan wawasan tentang waktu pembelian dan pencarian produk.

 

Pahami Situasi dan Kondisi Persaingan

Bagaimana cara memahami persaingan? Penting untuk memulainya dengan memeriksa pasar.

 

Pertama-tama, perhatikan apa pun yang kompetitor lakukan dengan cermat dan saksama. Apakah mereka dekat dengan pelanggan sehingga mendorong terjadinya penjualan? Apakah mereka memiliki cara unik dan kreatif dalam mempromosikan brand?

 

Kedua, lihatlah hal-hal yang tidak dilakukan oleh kompetitor. Lihat itu sebagai kesempatan. Kemudian, cobalah membangun strategi agar usaha Anda bisa mengisi kesempatan tersebut.

 

Bersaing dengan usaha lain tidak harus dilakukan dengan cara meniru. Anda dapat menciptakan perbedaan atau keunikan yang bisa dijadikan sebagai keunggulan brand di mata pelanggan.

 

Lakukan Analisis Peluang Usaha dan Tentukan Target Pasar

Agar usaha Anda mampu bertahan lama, Anda membutuhkan perencanaan yang matang di awal sehingga tidak akan bingung menentukan langkah selanjutnya. Itulah mengapa Anda perlu melakukan analisis peluang usaha dan menentukan target pasar sebagai cara untuk menghadapi persaingan usaha. Anda bisa melakukannya lewat riset terhadap konsumen dan kompetitor.

 

Riset konsumen bisa dilakukan dengan cara survei online. Fungsinya banyak, lho, mulai dari membantu Anda mengetahui perilaku pelanggan, apakah bisnis Anda dibutuhkan, hingga berapa besar pelanggan yang bisa Anda jangkau.

 

Sementara itu, riset terhadap kompetitor membantu Anda menemukan tantangan dalam bidang usaha yang Anda jalankan. Jadi, melakukan analisis peluang usaha dan menentukan target pasar akan memberi pemahaman tentang kondisi pasar dan potensi pertumbuhan usaha Anda ke depannya. Dengan begini, Anda pun bisa menentukan target konsumen dan strategi untuk bersaing.

 

Perhatikan Pelanggan Lama

Segmen pasar baru memang menggiurkan. Apalagi ketika usaha telah siap, pasar baru akan mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

 

Walau demikian, jangan sampai Anda melupakan pelanggan yang sudah setia dengan brand Anda! Ketika mendiversifikasi opsi pasar Anda, pertahankan beberapa aspek pemasaran yang dapat berguna bagi usaha dalam melayani pelanggan lama.

 

Salah satu opsi yang harus tetap bertahan untuk mendukung pelanggan setia adalah pengembangan produk. Sebaiknya, perkenalkan produk baru atau bahkan produk yang lebih baik kepada mereka.

 

Terus kembangkan produk yang sudah ada, seperti produk-produk populer, agar Anda dapat berkomitmen dalam mengusahakan yang terbaik untuk pelanggan lama. Melalui pengembangan produk, usaha juga mampu mengungguli kompetitor sekaligus memuaskan konsumen setia.

 

Tetap Berinovasi

Teknik pemasaran di masa kini telah beralih ke dunia online. Bukan berarti teknik lama sudah ketinggalan zaman. Namun, jika tidak bersikap inovatif, Anda akan sulit bersaing dengan kompetitor.

 

Jika Anda bingung inovasi apa yang perlu Anda lakukan, Anda bisa mencari inspirasi dengan membaca buku atau artikel pemasaran, menonton kanal YouTube yang tengah populer, atau mengikuti tren di media sosial.

 

Anda juga bisa coba tengok perusahaan yang sudah lama berdiri untuk mempelajari inovasi mereka. Bagaimana mereka bisa bertahan tanpa ketinggalan zaman? Bagaimana cara untuk menghadapi persaingan usaha ala mereka?

 

Apakah mereka punya kebijakan yang membuat usaha terus berinovasi dan berkembang selagi mereka memenuhi tanggung jawab terhadap pelanggan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membantu Anda untuk memahami logika inovasi.

 

Manfaatkan Digital Marketing

Tidak seperti TV atau iklan cetak, digital marketing memungkinkan Anda melakukan promosi yang dipersonalisasi. Keuntungan utama digital marketing adalah pelanggan yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang hemat biaya dan terukur.

 

Keuntungan lainnya termasuk meningkatkan loyalitas merek dan mendorong penjualan online. Walau usaha Anda offline, promosi secara online tetap penting dilakukan untuk menggaet pelanggan.

 

Kesimpulan: Tips agar Bisnis Bertahan di Tengah Kompetisi Pasar

Persaingan dalam dunia bisnis memang tak dapat dihindari, tetapi dapat dipersiapkan agar bisnis Anda mampu memenangkan kompetisi. Agar bisnis bisa langgeng, Anda bisa menjajal 7 cara menghadapi persaingan dalam bisnis yang telah diberikan.

 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan pengguna jasa di Indonesia, baik perusahaan maupun perorangan. Temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku.

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi