Bisnis Clothing Online: Gudangnya Penghasilan Tambahan



Bisnis clothing online sudah banyak digeluti oleh berbagai lapisan masyarakat. Meskipun begitu, bisnis ini memang selalu memiliki pasar dan permintaan yang besar. Bahkan saat pandemi sekali pun, bisnis clothing tidak pernah berhenti berjalan. 

 

Sistem kerja bisnis clothing kini sudah berubah dari offline ke online karena pembatasan sosial. Perkembangan bisnis clothing online sepertinya tidak terdampak banyak dari pandemi ini. Bisnis ini terus menghasilkan untung dan disinyalir memiliki usia yang cukup panjang. 
 

Nah, bagi Anda yang ingin mencari tahu tentang bisnis clothing online bisa simak penjelasan di bawah ini!
 

Baca juga: 30+ Peluang Usaha 2021 Yang Menjanjikan!
 

 

“Tambang Emas” untuk Penghasilan Tambahan!

Bisnis clothing merupakan salah satu jenis usaha di bidang fashion. Bisnis ini punya banyak peluang untuk dijadikan sumber pendapatan tambahan. Kebutuhan akan pakaian akan selalu ada sehingga membuat bisnis clothing akan selalu mendapat permintaan pasar.
 

Pemilik bisnis clothing umumnya dapat membuka distro, butik, jasa jahit baju, dan lain sebagainya. Namun, karena situasi pandemi saat ini, membuka toko offline sepertinya bukan pilihan yang tepat. Banyak dari pemilik bisnis clothing yang mengalihkan tokonya ke dunia maya atau sering disebut sebagai online shop. 

 

Bisnis clothing online memiliki beberapa keuntungan seperti hemat biaya karena tidak perlu sewa toko, lebih mudah menjangkau konsumen, bisa dibawa kemana-mana, bisa dipantau kapan saja, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: 60+ Ide Bisnis Online 2022: Bisa dari Rumah!
 

 

Kemudahan ini tentu sangat membantu pemilik bisnis dalam memastikan usahanya berjalan dengan baik. Memantau dan mengatur bisnis bukan lagi menjadi suatu hal yang merepotkan karena dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. 

 

Anda juga bisa lebih fokus dalam melakukan pekerjaan dan memastikan kualitas pakaian yang Anda buat dalam keadaan yang baik. Ini karena Anda tidak perlu bolak-balik ke toko dan rumah. Menjalani bisnis clothing menjadi lebih nyaman karena bantuan sistem online.  
 

Tidak hanya itu, melalui sistem online pemasaran pun dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Anda dapat menjangkau target pelanggan secara cepat dan tepat. Pemasaran secara online dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memasang iklan digital, membuat website, melalui media sosial, bekerja sama dengan influencer, membuat sejumlah konten, dan lain sebagainya.

 

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan laporan keuangan atau pembukuan bisnis Anda. Laporan keuangan ini penting untuk melihat apakah bisnis Anda berjalan dengan baik atau masih kurang optimal. Pembuatan laporan ini juga dapat membantu Anda menghindari kerugian yang besar. Anda cukup melakukan pembukuan sederhana saja. Hal-hal yang harus dicatat meliputi pemesanan, pengeluaran dan stok. 
 

Laporan pemesanan mencatat seberapa banyak pesanan yang masuk dan totalnya. Laporan pengeluaran mencatat pengeluaran yang dilakukan dalam waktu 1 bulan. Pengeluaran bisa berupa gaji karyawan, biaya produksi, dan lain sebagainya. Sedangkan laporan stok mencatat semua stok barang seperti bahan pembuatan pakaian, pakaian jadi, dan lain sebagainya.   
 

Baca juga: 17+ Ide Usaha Modal Kecil 2021: Bisa dari Rumah!
 

 

Namun selain hal-hal di atas, ada yang juga tidak kalah penting untuk diingat dan harus dipenuhi oleh pemilik bisnis. Anda wajib membayar pajak usaha Anda. Ya! Meskipun usaha Anda bergerak secara online, tapi Anda tetap harus membayar pajak. Tidak ada pengecualian bagi bisnis online untuk lepas dari pajak. 
 

Pajak yang harus Anda bayarkan adalah pajak penghasilan yang terbagi menjadi 2 kategori yakni badan dan pribadi. Pajak penghasilan badan dibayarkan oleh usaha yang dibangun oleh sekelompok orang atau suatu badan. Sedangkan pajak penghasilan pribadi dibayar oleh bisnis yang dimiliki oleh perseorangan. Sesuaikan kategori pajak penghasilan dengan keadaan bisnis Anda yang sebenarnya.
 

Nah Anda sudah menyimak seluk beluk bisnis clothing online secara umum. Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis ini? Semoga bermanfaat!

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi