30+ Peluang Usaha 2021 Yang Menjanjikan!

Di masa pandemi, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha semakin besar. Ditambah dengan munculnya variasi jenis bisnis yang semakin banyak dibutuhkan dan menjanjikan. Untuk memberi Anda gambaran lebih jelasnya, berikut beberapa daftar peluang usaha yang menjanjikan dari kami. 

an image

 

30+ Peluang Usaha Yang Menjanjikan: Tambah Cuan Dengan Usaha ini!

Berikut 30+ ide peluang usaha yang menjanjikan yang dapat dicoba untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

 

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

1. Youtuber

Dewasa ini, Youtube jadi banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Selain untuk mencari hiburan, ada juga orang yang mangkal di Youtube sebagai content creator untuk mencari uang. 

 

Youtube menjadi situs berbagi video yang paling banyak digunakan dan memberi bayaran kepada para creator-nya. Hal inilah yang membuat Youtube jadi salah satu media untuk mendapatkan uang secara online.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

2. Freelancer

Menjadi freelancer atau pekerja lepas juga memberikan banyak kemudahan untuk Anda, mulai dari jam kerja yang fleksibel hingga bisa memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan. Tak heran jika situs-situs freelancer seperti Sribulancer, Projects.co.id, Fiverr, dan Upwork jadi ramai pengunjung.

 

Keunggulan yang lain, Anda dapat mencari dan memilih sendiri pekerjaan freelance yang sesuai dengan minat serta kemampuan Anda. Terdapat bermacam-macam pekerjaan yang tersedia seperti penulis artikel lepas, desainer lepas, entry data, dan lain sebagainya.

 

3. Bisnis Penjualan Foto

Anda memiliki hobi fotografi dan punya banyak stok foto yang menganggur di galeri? Nah, bisnis penjualan foto inilah yang paling cocok untuk Anda. Bisnis ini dilakukan dengan menjual hasil foto Anda ke situs microstock seperti Shutterstock, Adobe Stock, dan Canva.

Situs ini akan memilih dan menerima foto dari Anda, kemudian menjualnya kembali ke konsumen. Foto ini dapat dibeli berkali-kali oleh banyak orang sehingga menghasilkan untung yang lumayan.

 

4. Bisnis Online Perlengkapan Bayi

Salah satu peluang bisnis yang sedang ramai digandrungi adalah bisnis perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi akan selalu dibutuhkan, sebab targetnya bukan hanya para orangtua yang sedang mempersiapkan kelahiran bayinya saja, tetapi juga dapat menyasar pada kebiasaan orang Indonesia yang suka memberi hadiah berupa perlengkapan bayi untuk kerabatnya yang baru mendapatkan buah hati. Perlengkapan bayi pun beragam jenisnya, mulai dari baju bayi, botol susu, stroller hingga kain gendongan.

 

5. Bisnis Blogger

Saat ini, bisnis pengembangan blog (blogger) juga cukup menjanjikan. Dengan modal laptop dan koneksi internet, Anda sudah dapat memulai blog milik sendiri. Blog dapat menghasilkan lebih banyak uang tergantung seberapa banyak pengunjung blog Anda. 

 

Seorang blogger menghasilkan uang dari PPC (pay per click) seperti Google Adsense. Penghasilan dari PPC ini dapat ditarik tiap bulan. Umumnya, terdapat batas minimal nominal penarikan.

 

6. Bisnis Copywriter

Profesi copywriter juga makin mengarah menuju tren yang semakin positif. Hla ini dapat dilihat dari jumlah demand terhadap skill kepenulisan dan branding yang semakin meningkat. Sebelum mulai memasarkan skill copywriting, Anda terlebih dulu harus banyak berlatih menulis agar memiliki portofolio yang dapat meningkatkan kepercayaan calon klien Anda.

 

7. Bisnis Penjualan E-Book Sendiri

Akhir-akhir ini, ramai bermunculan platform-platform bacaan digital mulai dari novel, cerpen hingga komik. Hal tersebut dapat Anda jadikan peluang untuk berbisnis, yakni dengan menjual sendiri e-book yang Anda tulis. Anda dapat mengunggah karya Anda pada situs penjualan e-book. Umumnya, Anda akan mendapatkan bagian sekitar 30% sampai 50% dari tiap ebook yang terjual.

 

8. Bisnis Penerjemahan

Kemampuan dalam menulis dan menerjemahkan bahasa asing juga dapat menjadi peluang dalam berbisnis online. Kegiatan menerjemahkan sangat fleksibel karena dapat dilakukan di mana saja. Selain itu, pengguna jasa penerjemah juga sangat ramai, mulai dari masyarakat umum, mahasiswa, sampai perusahaan. Dokumen yang diterjemahkan antara lain dokumen penting perusahaan, artikel jurnal, proposal, dan lain sebagainya.

 

9. Bisnis Penjualan Pulsa

Sejak zaman berkembang ke arah serba digital, pulsa pun menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pulsa dibutuhkan bukan hanya untuk menelepon dan berkirim SMS saja, tetapi juga dibutuhkan dalam melakukan pembelian layanan internet, bahkan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik. Cara mulai berbisnis penjualan pulsa pun cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

 

Baca juga: 30+ Peluang Usaha Online 2022

 

 

10. Bisnis Penjualan Artwork

Selain skill fotografi, Anda juga dapat menjual hasil desain digital berupa artwork, misalnya logo dan wallpaper. Anda dapat mengunggah dan menawarkan hasil karya Anda di platform penjualan artwork seperti CreativeMarket. Selain itu, Anda juga dapat memasarkannya di media sosial.

 

11. Kursus Online

Makin ke sini, makin banyak bermunculan event workshop, online course sampai bootcamp online. Kursus-kursus online ini makin menjamur lagi saat pandemi melanda. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih dalam suatu hal, di sinilah peluang bagi Anda terbuka lebar. Anda dapat mengadakan kursus online sesuai dengan bidang yang dikuasai. Misalnya, online course tentang pajak, kursus online untuk meningkatkan skill SEO, dan lain sebagainya.

 

12. Menjadi Reseller/Dropshipper

Ingin bisnis berjualan barang, tetapi belum bisa memproduksi barang sendiri? Reseller dan dropship solusinya! Reseller sendiri pada umumnya melakukan penyetokan barang dari supplier dan menawarkan produk tersebut kepada konsumen, sedangkan dropship lebih mirip pihak ketiga yang tugasnya menghubungkan supplier dengan konsumen dengan tetap mengambil keuntungan. Kedua jenis bisnis ini dapat Anda lakukan secara online dari rumah. 

 

13. Podcast

Podcast sebetulnya mirip dengan siaran radio, tetapi tidak disiarkan secara live (non-streaming). Akhir-akhir ini, podcast sedang menjadi konten yang ramai disorot. Sama halnya seperti youtuber, para pelaku podcast (podcaster) mendapatkan uang dari iklan yang masuk atau monetize dari platform podcast tempat mereka melakukan siaran. Anda dapat merintis karir sebagai seorang podcaster dari rumah, tetapi pastikan bahwa tempat rekamannya tidak bising, ya.

 

14. Bisnis Jasa SEO

Selain menjual skill SEO (Search Engine Optimization) Anda lewat pengadaan online course, Anda juga dapat menawarkan jasa SEO secara online. Pekerjaan yang berhubungan dengan SEO umumnya bersifat remote sehingga dapat dikerjakan di mana saja asal mempunyai koneksi internet yang memadai.

 

15. Selebgram

Selebgram mendapatkan penghasilan lewat jasa endorsement dan paid promote online. Kedua jasa ini secara sederhana didefinisikan sebagai suatu cara untuk memasarkan produk lewat jasa promosi selebgram yang mempunyai banyak pengikut. Selebgram dengan engagement yang baik akan memiliki rate card yang tinggi pula. Maka, tak heran jika ada selebgram yang memasang harga hingga jutaan rupiah per sekali postingan.

 

16. Jasa Voice Over

Seorang pelaku voice over biasanya memiliki suara yang unik. Nah, bagi Anda yang memiliki suara unik dan tidak dimiliki siapa pun, Anda dapat menjajal profesi ini. Ada banyak animator yang membutuhkan jasa Anda dalam video animasi yang dibuatnya. Selain itu, tidak sedikit juga brand perusahaan yang membutuhkan voice over untuk iklan video promosi.

 

17. Agensi Pembuatan Artikel

Sebagian besar perusahaan startup memanfaatkan konten untuk memasarkan produk, salah satunya artikel. Oleh karena itu, tak heran jika demand akan jasa pembuatan artikel jadi melonjak. Kalau Anda memiliki modal yang cukup, sekalian saja mendirikan agensi pembuatan artikel. Bayaran tiap pesanan artikel dapat dibagikan kepada para penulis sesuai dengan sistem yang telah didiskusikan bersama.

 

18. Agensi Pembuatan Video

Selain agensi yang menyediakan jasa pembuatan artikel, mendirikan agensi pembuatan video bukan hal yang mustahil. Agensi pembuatan video pun mempunyai pangsa pasar yang sangat luas karena berhubungan marketing. Dari bisnis kecil, event organizer bahkan perusahaan besar juga memiliki kebutuhan akan penyedia jasa yang satu ini. 

 

 

19. Bisnis Jasa Marketing Media Sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dewasa ini praktik marketing lewat media sosial tengah ramai digandrungi para pelaku bisnis. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa marketing di media sosial. Akan menjadi nilai plus jika Anda memang berbakat dan memiliki pengalaman di bidang terkait. 

 

Baca juga: 17+ Ide Usaha Modal Kecil 2021: Bisa dari Rumah!

 

20. Bisnis Penjualan Desain Kaos

Bagi Anda yang berminat membuka distro sendiri tetapi masih kekurangan modal, Anda dapat memulai bisnis dengan berjualan desain kaos dulu sambil mengumpulkan modal yang cukup. Klien bisnis ini pun terbilang lumayan banyak, mulai dari perorangan, komunitas, organisasi hingga perusahaan yang ingin memesan kaos ‘seragam’. Pemasaran bisnis penjualan kaos dapat dilakukan melalui media sosial.

 

21. Bisnis Jasa Buat Logo

Skill dalam bidang desain grafis juga dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa pembuatan logo. Pelaku bisnis sangat membutuhkan jasa ini karena logo berkaitan erat dengan identitas perusahaan. Bahkan, sebuah logo bisa dihargai puluhan juta rupiah, lho.

 

22. Content Creator TikTok

Tidak dapat disangkal lagi bahwa TikTok sudah menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat selama pandemi. Pengguna TikTok pun semakin bertambah setiap harinya. Keadaan ini dapat Anda manfaatkan untuk berkarya sekaligus memperoleh pendapatan tambahan dengan menjadi seorang content creator. Pendapatannya dihasilkan melalui berbagai endorsement yang Anda lakukan.

 

23. Game Streamer

Anda suka bermain game online? Jika iya, maka menjadi seorang game streamer dapat menjadi pilihan. Game streamer merupakan orang yang bermain game melalui siaran online yang ditonton oleh banyak orang secara live. Anda dapat bermain game sekaligus berbincang dengan orang yang menonton siaran langsung Anda.

 

24. SelebTwit

Menjadi seorang SelebTwit akan sangat cocok untuk Anda yang aktif bermain Twitter, sebuah platform media sosial berbentuk microblog daring. Istilah SelebTwit dapat dikatakan sama dengan content creator. SelebTwit adalah orang yang menulis cuitan-cuitan viral di Twitter. 

 

Seorang SelebTwit dapat menulis cuitan apa saja mulai dari kehidupan sehari-hari hingga mengomentari suatu isu global. Cuitan yang viral dapat menjadi sebuah momentum dan menaikkan pamor Anda di sejagad Twitter. 

 

25. Joki Game

Bisnis joki game juga dapat digeluti oleh Anda yang suka bermain game. Seorang joki game menawarkan jasanya untuk menaikkan peringkat game orang-orang yang ingin naik level atau ikut sebuah kompetisi yang memiliki standar peringkat/level tertentu. Untuk menjadi joki game Anda perlu menguasai sebuah game beserta karakter yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa Anda kepada orang-orang melalui berbagai platform online.

 

26. Jual Akun Premium

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik untuk mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan. Berbagai platform seperti Netflix, Spotify, Youtube, dan lainnya menawarkan layanan premium agar pengguna dapat menikmati lebih banyak konten yang hanya tersedia pada tingkat premium. Anda dapat menjual akun premium untuk orang-orang yang ingin menaikkan tingkat akun mereka. Harga akun yang dijual dapat ditentukan oleh Anda sendiri. 

 

27. Usaha Publisher Iklan

Apabila Anda memiliki website atau blog pribadi, Anda mungkin tertarik mencoba bisnis yang satu ini. Publisher iklan bertugas untuk memasang iklan dari klien di website atau blog milik publisher tersebut. Bisnis ini semakin berkembang semenjak pandemi karena tingginya permintaan di bidang digital advertising dari pelaku bisnis.

 

 

28. Jasa Sekretaris Virtual

Pekerjaan ini belum lama muncul sehingga banyak masyarakat yang masih merasa asing dengan pengertian dan tugasnya. Virtual assistant adalah orang yang memberikan dukungan kepada bisnis lain secara remote atau dari jarak jauh. Pekerjaan ini mirip dengan asisten di kantor tapi bedanya dilakukan secara online. 

 

Pada dasarnya tugas seorang virtual assistant adalah membantu perusahaan dalam urusan administrasi tapi kembali lagi dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Anda bisa menjadikan ini sebagai sebuah bisnis online yang menjanjikan karena dapat bekerja di mana saja, permintaan yang semakin banyak, dan dapat bekerja secara freelance.

 

29. Pemasaran Iklan Digital

Bisnis ini mirip dengan publisher iklan tapi bedanya adalah publisher iklan hanya terbatas pada website atau blog sedangkan pemasaran iklan digital mencakup hampir seluruh kegiatan marketing. Saat pandemi, permintaan akan bisnis pemasaran iklan digital atau digital marketing melesat dan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Jika Anda memiliki kemampuan digital marketing dan ingin menawarkan jasa Anda kepada pelaku bisnis, maka bisnis ini layak untuk Anda coba. 

 

Baca juga: 30+ Ide Usaha Sampingan 2021: Bisa dari Rumah!

 

30. Top Up Game

Banyak orang yang semakin tertarik bermain game online membuat bisnis ini naik daun dan dicari oleh para gamers. Secara singkat, bisnis top up game merupakan bisnis yang menjual voucher game online kepada gamers yang ingin meningkatkan kemampuan bermain karakter game mereka. Voucher yang dijual berupa voucher untuk pembelian item-item karakter game dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

 

31. Admin Media Sosial

Saat ini pekerjaan sebagai admin media sosia banyak dicari. Seorang admin media sosial harus memiliki beberapa kemampuan seperti peka terhadap tren, kreatif, bisa berkomunikasi dengan baik, dan yang pasti pengguna aktif media sosial. 

 

Admin media sosial tidak hanya soal menata media sosia menjadi lebih rapi dan teratur tapi juga harus membuat konten yang relevan dan kreatif untuk followers-nya. Bisnis ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang memang aktif dan mencari pekerjaan yang berurusan dengan media sosial. 

 

32. Bisnis Jual Sepatu

Jika Anda suka dengan sepatu dan berpikir untuk menjalankan bisnis saat pandemi ini, maka bisnis jual sepatu dapat menjadi pilihan. Anda dapat menjajakan produk Anda secara online yakni melalui sejumlah platform media sosial maupun website. Usaha ini cukup menjanjikan dan dapat meraup pendapatan hingga jutaan rupiah.

 

33. Bisnis Kue

Membuka bisnis di bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Salah satu turunan bisnis kuliner yang banyak digemari saat ini adalah bisnis pastry. Adanya tren camilan semakin menaikkan pamor bisnis ini, belum lagi dengan segala inovasi kue-kue kreatif saat ini yang banyak digemari oleh anak muda. 

 

Bisnis ini dapat dilakukan dirumah sehingga mengurangi biaya untuk sewa tempat. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli bahan membuat kue. Bisnis kue kecil yang semakin berkembang dapat berubah menjadi usaha franchise dengan ratusan outlet.

 

34. Bisnis Frozen Food

Satu lagi bisnis bidang kuliner yang juga semakin diminati oleh masyarakat selama pandemi ini adalah bisnis frozen food. Kebutuhan akan makanan yang tahan lama, mudah disimpan, dan praktis menjadikan bisnis frozen food sebagai primadona di kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, dan pekerja kantoran.

 

35. Event Organizer (EO) Webinar

Singkatnya bisnis event organizer merupakan bisnis yang menawarkan jasa untuk menggelar atau menjalankan acara. Peran EO dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menggelar suatu acara namun tidak memiliki waktu untuk mempersiapkannya. Skala acara yang ditangani pun beragam mulai dari yang kecil hingga besar tergantung dari permintaan klien Anda. 

 

36. Bisnis Thrift Shop

Selama pandemi, bisnis thrift shop mulai banyak bermunculan. Usaha thrift shop adalah usaha jual beli baju bekas layak pakai. Bisnis ini menjadi pilihan banyak anak muda karena modalnya yang tidak besar dan cukup mudah untuk dijalankan. Thrift shop banyak dijalankan melalui platform media sosial dan harga baju yang ditawarkan biasanya lebih murah daripada membeli baru. Bisnis ini dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang tertarik untuk berjualan baju bekas secara online.
 

Itu tadi adalah beberapa peluang usaha yang menjanjikan yang bisa anda jadikan referensi untuk ide bisnis Anda. Jadi apakah ada peluang usaha yang menarik untuk Anda?

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi