10+ Ide Bisnis dan Peluang Usaha 2022: Raup Untung Selepas Pandemi!

Tahun 2022 diprediksi sebagai akhir dari fase kritis pandemi. Dilansir dari CNBC Indonesia, Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa fase akut pandemi Covid-19 bisa berakhir pertengahan tahun 2022 ini. Dengan prediksi tersebut, tak heran laju perekonomian di seluruh dunia mulai pulih kembali. Indikasinya dapat dilihat dari gedung-gedung kantor yang dibuka kembali, bioskop-bioskop yang mulai melebarkan layar lagi hingga toko-toko offline yang mulai beroperasi lagi.

an image


 

Bagaimana Peluang Usaha 2022?

Seiring dengan pulihnya perekonomian Indonesia, bisa dibilang 2022 adalah tahun yang bagus untuk Anda memulai bisnis. Apalagi, berwirausaha kini mulai dipertimbangkan oleh sebagian besar orang sebagai bisnis sampingan.

 

Jika ditarik ke waktu dua tahun lalu, di mana pandemi sedang ganas-ganasnya, kita melihat ada banyak pegawai yang terkena PHK sehingga tidak memiliki penghasilan. Maka, salah satu jalan agar tetap bisa menghasilkan uang adalah dengan memulai bisnis UMKM dari rumah.

 

Peluang Usaha 2022: 10+ Ide Bisnis 2022

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, tetapi masing bingung dengan banyaknya opsi bisnis yang ada, jangan khawatir! Di bawah ini, kami sudah memilih dan merangkum 10+ ide bisnis 2022 yang bisa Anda eksekusi dengan modal kecil.

 

1. Bisnis Pembuatan Website

Dengan pesatnya perkembangan Iptek, tak ayal membuat banyak korporasi jadi membutuhkan dan mencari tenaga kerja yang ahli dalam pembuatan website perusahaan. Anda dapat mempromosikan keahlian Anda melalui media sosial dan platform freelancer (seperti UpWork, Fiverr, atau Sribulancer).

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyajikan portofolio berisi proyek website yang pernah Anda kerjakan agar klien lebih yakin dengan kemampuan Anda.

 

2. Bisnis Online Jualan Pulsa dan Kuota

Sejak zaman berkembang ke arah serba digital, pulsa dan kuota pun berubah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

 

Pulsa dibutuhkan bukan hanya untuk menelepon dan berkirim SMS saja, tetapi juga untuk melakukan pembelian layanan internet, bahkan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik.

 

Cara mulai berbisnis penjualan pulsa pun cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

 

3. Bisnis Online Penjualan Artwork

Jika memiliki hobi di bidang desain, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dengan menjual hasil desain digital berupa artwork, misalnya logo, wallpaper, desain kaos, atau vektor.

 

Selain itu, Anda dapat mengunggah dan menawarkan hasil karya Anda melalui platform khusus jual-beli artwork seperti CreativeMarket atau sekalian memasarkannya di media sosial.

 

4. Bisnis Kursus

Makin ke sini, bisnis kursus makin menjamur dengan adanya inovasi kursus online (online course) yang dicetuskan saat pandemi melanda. Dilansir dari Squline.com, Indonesia bahkan pernah menempati peringkat 8 dari jajaran top 10 negara dengan perkembangan e-learning yang pesat.

 

Sayang, berakhirnya pandemi memicu kecenderungan masyarakat untuk mulai menghadiri kursus secara offline lagi. Laju perkembangan bisnis kursus online pun turun drastis karena minat yang kian menurun.

 

Namun, hal ini tentu bisa dilihat sebagai peluang bisnis. Terlebih, bagi Anda yang memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih dalam satu pelajaran, di sinilah kesempatan Anda terbuka lebar. Anda dapat mengadakan kursus offline sesuai dengan bidang yang dikuasai. Misalnya, kursus tentang pajak, bootcamp course untuk meningkatkan skill SEO, dan lain sebagainya.

 

5. Menjadi Reseller/Dropshipper

Ingin bisnis berjualan barang, tetapi belum bisa memproduksi barang sendiri? Reseller dan dropship solusinya!

 

Reseller sendiri pada umumnya melakukan penyetokan barang dari supplier dan menawarkan produk tersebut kepada konsumen, sedangkan dropship lebih mirip pihak ketiga yang tugasnya menghubungkan supplier dengan konsumen dengan tetap mengambil keuntungan. Kedua jenis bisnis ini dapat Anda lakukan secara online dari rumah.

 

6. Bisnis Penulisan Artikel

Sebagian besar perusahaan startup memanfaatkan konten digital untuk memasarkan produk, salah satunya adalah artikel. Oleh karena itu, tak heran jika demand akan jasa pembuatan artikel jadi melonjak. Jika hobi menulis, maka manfaatkanlah hobi tersebut untuk menawarkan jasa penulisan artikel.

 

Bahkan, jika Anda memiliki modal yang cukup, sekalian saja mendirikan agensi pembuatan artikel. Bayaran tiap pesanan artikel dapat dibagikan kepada para penulis sesuai dengan sistem yang telah didiskusikan bersama.

 

7. Bisnis Jasa Marketing Media Sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dewasa ini praktik marketing lewat wadah digital tengah ramai digandrungi para pelaku bisnis. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa digital marketing.

 

Selain artikel website blog, promosi di media sosial juga menjadi ranah digital marketing dengan demand yang banyak, seperti pembuatan konten IG Story, IG Post hingga poster ads (iklan).

 

Baca Juga: 60+ Ide Bisnis Online 2022: Bisa dari Rumah!

 

8. Bisnis Barang Bekas Online

Pada dasarnya, ini adalah sebuah bisnis dengan konsep menjual barang second hand layak pakai. AKhir-akhir ini, perdagangan barang second hand tengah marak dipraktikkan di Indonesia.

 

Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi. Bagaimana tidak, dengan membeli barang bekas, kadang Anda bisa mendapatkan barang-barang yang mungkin sudah tidak diproduksi dan memang dicari banyak orang dengan harga yang jauh lebih murah. Produk yang dijual dalam pun bisa bermacam-macam, mulai dari buku, alat dapur, hingga kamera.

 

9. Game Streamer

Hobi main game, tidak harus jadi pro player. Bagi Anda yang suka bermain game online, maka menjadi seorang game streamer dapat menjadi salah satu pilihan.

 

Game streamer adalah orang yang bermain game melalui siaran online yang ditonton oleh banyak orang secara live. Anda dapat bermain game sekaligus berbincang dengan orang yang menonton siaran langsung Anda. Profesi jenis ini banyak digandrungi kawula muda, seperti Jess No Limit, Miawaug hingga Luthfi Halimawan.

 

10. Joki Game Online

Hobi main game online, tapi tidak minat untuk jadi game streamer maupun pro player? Bisnis joki game saja! Selain seru, bisnis yang satu ini juga bisa mendatangkan keuntungan.

 

Joki game adalah seseorang yang menawarkan jasanya untuk menaikkan peringkat game atau ikut sebuah kompetisi dengan standar level tertentu. Untuk menjadi joki game, Anda perlu menguasai sebuah game beserta karakter yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa Anda kepada orang-orang melalui berbagai platform online.

 

11. Katering Makan Siang

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tahun 2022 diprediksi menjadi “akhir” dari fase akut Covid-19. Oleh karena itu, tak heran banyak sekolah yang mulai menerapkan metode pembelajaran tatap muka dan perusahaan-perusahaan yang kini menerapkan WFO (work from office) kembali.

 

Dengan demikian, menjalankan usaha kuliner seperti katering makan siang untuk pegawai kantor dan anak sekolahan bisa jadi pilihan untuk para ibu yang ingin menambah penghasilan.

 

Bisnis katering kecil-kecilan pun dapat dilakukan di rumah bersama dengan keluarga. Anda tidak perlu keluar uang untuk biaya sewa tempat, hanya perlu modal untuk bahan makanannya saja.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai peluang bisnis 2022 sekaligus 10+ ide bisnis yang dapat Anda eksekusi. Setelah membaca sampai habis, sekarang Anda jadi mempunyai gambaran untuk mulai berbisnis, kan?

 

Namun, perlu diingat bahwa bisnis tak hanya memerlukan ketekunan, tetapi juga harus diiringi dengan strategi marketing dan manajemen keuangan yang baik.

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi