Sukses, Simak 5 Tips Bisnis Membangun Brand Awareness Berikut!

Dalam berbisnis, brand awareness merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar pada image dan keberlangsungan usaha. Masalahnya, jika bisnis Anda merupakan usaha baru dengan merek dan produk yang belum banyak dikenal, maka Anda harus membangun pondasi brand awareness agar produk bisa terkenal. Sebetulnya, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness? Simak tipsnya di bawah ini!

an image


 

Apa itu Brand Awareness? Berikut 4 Manfaat dan 5 Tips Bisnis untuk Membangun Brand Awareness

Sebelum beranjak pada pembahasan mengenai 5 tips bisnis untuk membangun brand awareness, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian dan manfaat brand awareness itu sendiri.

 

Dikutip dari jagoanhosting.com, kesadaran merek atau brand awareness adalah sebutan untuk kemampuan para konsumen maupun calon konsumen untuk mengenali suatu brand dari produk atau jasa.

 

Manfaat Membangun Brand Awareness

Mengapa Anda perlu membangun brand awareness? Seperti yang telah disinggung sebelumnya, brand awareness akan sangat berguna untuk kemajuan bisnis Anda. Selain bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek bisnis Anda, efek lainnya dari strategi brand awareness yang berhasil antara lain:

  1. Menarik konsumen baru

  2. Meningkatkan performa penjualan, baik itu sales volume maupun sales quantity

  3. Menciptakan trustworthy pada calon pelanggan

  4. Meningkatkan nilai ekuitas merek bisnis

 

5 Tips Membangun dan Menaikkan Brand Awareness

Setelah aware mengenai apa itu brand awareness sekaligus manfaatnya, barulah kita beranjak ke “menu utama” artikel kali ini, yakni tips dan cara membangun brand awareness!

 

Buatlah Nama dan Logo yang Menarik

Pemberian nama yang unik akan membuat merek bisnis Anda jadi mudah diingat oleh pelanggan. Demikian pula dengan logo brand yang eye-catchy. Maka, sebaiknya pilihlah nama merek yang cenderung mudah diingat, gampang disebutkan, sekaligus didukung logo yang “menyuarakan” merek bisnis Anda. Sebab, keduanya adalah satu kesatuan yang membentuk “identitas” dan citra sebuah bisnis.

 

Kalau masih merasa kurang, Anda juga bisa menambahkan tagline untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang merek dan produk yang dijual. Bahkan, brand besar seperti Nike saja memiliki tagline-nya tersendiri: “Just Do it!”

 

Memaksimalkan Digital Marketing di Media Sosial

Di era yang serba digital ini, memaksimalkan penerapan digital marketing dalam media sosial bisnis sangatlah penting. Hal ini disebabkan oleh aktifnya kaum milenial dan generasi Z di media sosial. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi media sosial sekaligus untuk memaksimalkan jumlah audience reach, mulai dari Instagram, Twitter, TikTok hingga platform yang lebih profesional seperti LinkedIn.

 

Manfaatkan Fitur Ads dan Promote yang Ditawarkan

Jika Anda memiliki akun media sosial untuk bisnis, tak ada salahnya untuk menjajal fitur-fitur ads yang tersedia di aplikasi untuk menaikkan brand awareness bisnis Anda. Melalui fitur iklan berbayar, Anda bisa mempromosikan produk atau postingan akun bisnis agar dapat menjangkau lebih banyak audiens.

 

Namun, jangan lupa juga untuk selalu memantau performa dan engagement yang didapatkan dari fitur ads, ya!

 

Bekerja Sama dengan KOL

Kalau perlu dan memungkinkan, sebisa mungkin berkolaborasi lah dengan para KOL di media sosial. Dilansir dari qiscus.com, Key Opinion Leader atau KOL adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh terhadap orang lain untuk membeli produk yang ditawarkan dan menyukseskan strategi pemasaran yang diterapkan oleh suatu perusahaan.

 

Karena memiliki pengaruh yang besar, KOL memiliki jumlah followers yang banyak, dari puluhan ribu hingga jutaan. Contoh KOL adalah artis, selebgram, youtuber, dan orang-orang yang terkenal ahli pada suatu bidang tertentu. Anda dapat membeli jasa endorse atau paid promote dari para KOLs agar netizen bisa mengetahui identitas brand serta produk-produk yang Anda tawarkan.

 

Optimasi Website Toko Online

Saat ingin mencari tahu lebih detail tentang spesifikasi suatu produk, kita pasti akan “menyelami” Google terlebih dahulu, bukan? Nah, pelanggan Anda juga demikian. Itulah pentingnya melakukan optimasi terhadap website toko online milik Anda (jika ada).

 

Optimasi terhadap website toko online bisa menjadi jalan ninja untuk meningkatkan brand awareness dan engagement bisnis Anda. Anda bisa mulai dengan mempelajari sendiri dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization) atau bisa juga mempekerjakan seorang SEO Specialist atau SEO Writer agar website bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian, manfaat, serta 5 tips bisnis untuk menaikkan brand awareness. Harapannya, dengan penerapan kelima tips di atas, Anda bisa meningkatkan engagement sekaligus trustworthy calon pelanggan Anda.


Ingin tips lebih detail tentang cara meningkatkan trustworthy bisnis? KLIK DI SINI untuk baca selengkapnya!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi