Pentingnya Peran Account Manager dalam Perusahaan

Setiap perusahaan pasti terdiri dari berbagai macam bagian dan lapisan pekerja yang semuanya memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Salah satunya adalah account manager yang sejatinya memegang peranan sangat penting dalam beroperasinya suatu perusahaan. Namun, satu hal yang menarik adalah tak semua orang mengetahui apa itu account manager dan seberapa krusialnya posisi tersebut bagi suatu perusahaan. Oleh karena itu, melalui artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai account manager; apa itu definisinya, seberapa penting peran mereka, tanggung jawab yang harus dipegang oleh seorang account manager, dan lain-lain.

an image

 

Apa yang Dimaksud dengan Account Manager?

Secara singkat, account manager adalah sebutan bagi orang yang melaksanakan tugas di bidang account management. Account management sendiri dapat dimaknai sebagai aktivitas setelah terjadinya penjualan yang berfokus pada memelihara hubungan baik dengan klien. Jadi, divisi tersebut melakukan segala macam pekerjaan yang berkenaan dengan proses pengelolaan hubungan yang terjadi di antara suatu perusahaan dengan pelanggannya. Tindakan tersebut dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan bisnis yang sudah ada dengan pelanggan. Selain itu, tujuan lainnya adalah agar dapat menciptakan peluang baru dalam upaya untuk menjual jasa atau produk perusahaan.

 

Pentingnya Peran Account Manager

Aktivitas account management yang dilakukan oleh account manager kerap dianggap sebagai pemegang kunci keberhasilan sebuah perusahaan dalam hal menjaga kesetiaan pelanggan. Pada akhirnya, hal itu tentu krusial dalam meningkatnya pendapatan perusahaan. Selain itu, faktor lainnya yang menunjukkan seberapa pentingnya peran account manager bagi suatu perusahaan dapat dilihat dari tugas-tugas yang mereka lakukan, di antaranya mengembangkan strategi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan dan sesama anggota tim, hingga yang paling utama, memastikan kepuasan pelanggan.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Bedanya Account Manager dengan Account Executive

Di masyarakat, banyak orang sering melakukan kekeliruan dengan menganggap bahwa account manager dan account executive adalah pekerjaan yang sama. Padahal, account manager dan account executive memiliki perbedaan-perbedaan tertentu yang membuat keduanya sama sekali tidak dapat disamakan. Jika dilihat dari aspek tanggung jawab kerja, account executive memiliki kewajiban untuk melakukan pendekatan dengan klien potensial ketika baru akan dilakukan kerja sama untuk pertama kalinya. Sementara itu, account manager baru akan menjalin kerja sama dengan klien ketika kedua belah pihak telah resmi bekerja sama. Kemudian, jika ditengok dari latar belakang pendidikan, account executive biasanya merupakan lulusan dari jurusan ilmu komunikasi dan administrasi bisnis. Di sisi lain, account manager lumrahnya datang dari jurusan manajemen, pemasaran, dan keuangan.

 

Tanggung Jawab Seorang Account Manager

Seorang account manager memiliki beberapa tanggung jawab yang harus selalu ia pegang selama masa baktinya di suatu perusahaan. Jika ia lalai dalam melakukan salah satu saja dari tanggung jawab-tanggung jawab tersebut, maka ia dapat dicap sebagai seorang account manager yang tidak kompeten. Jadi, apa sajakah tanggungjawab yang diemban oleh seorang account manager?

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

1. Menjaga Hubungan antara Perusahaan dengan Klien

Tanggung jawab pertama yang diemban oleh seorang account manager adalah menjaga hubungan yang baik dengan klien. Mereka harus selalu memastikan bahwa klien mereka telah mendapatkan kepuasan atas jasa ataupun layanan yang ditawarkan. Oleh sebab itu, seorang account manager haruslah sering meminta umpan balik dari klien agar dapat mengetahui bagaimana kinerja yang telah perusahaan mereka lakukan.

 

2. Memahami Kebutuhan Klien

Account manager harus dapat memahami segala macam kebutuhan dan keinginan dari klien. Tujuan dari hal itu adalah agar klien dapat segera mendapatkan solusi atau pemecahan atas kendala yang mereka miliki. Jika itu sudah terjadi, maka otomatis rasa kepuasan klien akan meningkat dan bersedia untuk membangun hubungan jangka panjang dengan perusahaan tersebut.

 

3. Mengelola Akun Klien

Seorang account manager juga memiliki tanggung jawab untuk mengelola akun klien. Mengelola di sini maksudnya adalah memastikan bahwa produk, jasa, ataupun layanan yang ditawarkan telah sesuai dengan kebutuhan klien. Selain itu, account manager pun harus mampu mengelola pembayaran dan memenuhi persyaratan kontrak kliennya.

 

4. Bantu Mengembangkan Strategi Penjualan

Seorang account manager harus mampu mengembangkan strategi penjualan yang tepat dan efektif untuk kliennya, Hal itu dilakukan agar dapat memperluas bisnis dengan klien yang sudah ada, serta barang tentu untuk mencari klien baru yang pada akhirnya akan berperan dalam mengembangkan bisnis perusahaan tersebut.

 

5. Memonitor Kinerja Akun

Tanggung jawab lainnya dari seorang account manager adalah mereka harus memantau kinerja akun klien, baik itu memantau pengeluaran dan pendapatan maupun menganalisis data yang akan digunakan untuk mengidentifikasi segala macam peluang dan tantangan yang ada di masa-masa mendatang.

 

6. Berkoordinasi dengan Tim Terkait

Tanggung jawab berikutnya dari seorang account manager adalah harus mampu berkoordinasi dan bekerjasama dengan tim-tim terkait dalam perusahaan. Hal ini penting dilakukan karena bertujuan untuk memastikan bahwa kebutuhan klien telah terpenuhi dengan baik sepenuhnya dan juga memperkuat brand perusahaan di mata para klien.

 

Manfaat Account Management yang Baik bagi Perusahaan

Aktivitas account management yang dilakukan oleh account manager dapat memberikan banyak manfaat baik bagi suatu perusahaan. Tanpa manfaat-manfaat tersebut, mustahil account manager akan memiliki peran vital dalam berlangsungnya suatu perusahaan. Jadi, apa sajakah manfaat account management bagi perusahaan?

 

1. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Account management akan membantu perusahaan dalam hal mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan upaya mereka untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, hal itu akan memberikan manfaat baik bagi perusahaan, yakni memperkecil risiko kehilangan pelanggan yang sudah ada.

 

2. Meningkatkan Penjualan

Dalam menjalankan tugas-tugasnya, perusahaan pasti akan dapat menemukan peluang yang baru untuk bisa terus meningkatkan layanan dan penjualan produk yang mereka tawarkan. Dengan memahami sepenuhnya kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh pelanggan, perusahaan dapat menawarkan pemecahan masalah yang tepat dan tentunya, meningkatkan penjualan.

 

3. Memperluas Basis Pelanggan

Perusahaan dapat mengidentifikasi mana saja pelanggan-pelanggan potensial yang belum mereka layani. Maka dari itu, perusahaan akan berusaha untuk terus mengembangkan sayap dan memperluas basis pelanggan mereka. Dampak dari hal tersebut adalah perusahaan kelak akan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka.

 

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Account management yang dilakukan oleh account manager akan membantu perusahaan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan lebih baik lagi. Dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat memperoleh manfaat lainnya, yaitu meningkatkan level kepuasan pelanggan dan memperkuat relasi dengan mereka.

 

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Account management yang baik akan membantu perusahaan dalam memahami pola pembelian pelanggan sekaligus makin mengoptimalkan proses operasional mereka menjadi makin efisien. Dengan meningkatkan efisiensi operasional, perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya.

 

Kesimpulan

Pada intinya, account management adalah salah satu bagian terpenting dari berjalannya suatu perusahaan. Peran yang dijalankan oleh account manager sangatlah krusial dan tidak boleh dianggap sebelah mata. Selain itu, pengelolaan pembukuan dan laporan keuangan yang baik juga tidak kalah penting. Oleh sebab itu, bagi Anda yang membutuhkan bantuan di bidang jasa pembukuan dan jasa laporan keuangan perusahaan, Konsultanku siap membantu dan menyediakan pelayanan-pelayanan tersebut untuk Anda.

account manager

account manager

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi