5 Sektor Industri Mulai Mengalami Tren Peningkatan Positif di Masa Pandemi Covid-19

Dalam rangka menekan penyebaran virus Corona, pemerintah memberlakukan berbagai pembatasan, di antaranya melalui imbauan social distancing dan Work from Home (WFH). Selain itu, beberapa wilayah juga menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

an image

 

Pembatasan-pembatasan tersebut secara tidak langsung berimbas pada kelangsungan dunia usaha. Banyak perusahaan yang harus memberlakukan PHK untuk karyawannya karena laba merosot. Hal ini menjadikan banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga membuat daya beli turun.

 

Meskipun terdapat industri yang mengalami penurunan ekonomi di masa pandemic Covid-19, namun juga terdapat industri yang mengalami peningkatan, di antaranya adalah industri gas, listrik, air bersih, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, otomotif, dan perbankan. Keseluruhannya terkait dengan kebutuhan dasar, sehingga diprediksi masih akan bertahan meski diterpa pandemi. Sektor-sektor tersebut mampu bertahan meski tidak mengalami kinerja yang signifikan.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

 

Sektor Industri Mengalami Peningkatan Positif di Masa Covid-19 

 

Industri Pengolahan Nonmigas dan Logam

Industri pengolahan nonmigas terkontraksi sebesar 2,22 persen. Namun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (q-to-q), sudah ada tren positif dan pertumbuhan industri sudah mengalami rebound. Pada kuartal IV tahun 2020, industri logam dasar tumbuh 11,46 persen dengan meningkatnya permintaan luar negeri.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Industri Makanan dan Minuman

Industri makanan dan minuman tumbuh 1,66 persen pada kuartal IV-2020. Meskipun kuartal sebelumnya sempat mengalami penurunan yang sangat jauh, namun pada kuartal IV-2020 industri makanan dan minuman mulai mengalami peningkatan dan merangkak naik.

 

Industri Manufaktur Otomotif

Subsektor manufaktur yang juga memberikan kontribusi positif pada kuartal IV-2020 meliputi industri otomotif. Pada periode tersebut, produksi mobil mencapai 206.937 unit atau naik sebesar 82,21 persen dari kuartal sebelumnya. Sedangkan penjualan mobil secara wholesale atau penjualan sampai tingkat diler mencapai 159.981 unit, atau naik sebesar 43,98 persen (q-to-q)

 

Industri Semen

Industri semen pada kuartal IV 2020 mencatatkan produksi semen sebesar 18,53 juta ton atau naik 2,91 persen (q-to-q). Pengadaan semen dalam negeri pada periode tersebut meningkat sebesar 18,06 juta ton atau 3,11 persen (q-to-q).

 

Industri Kimia, Farmasi, dan Obat

Kemudian industri kimia, farmasi, dan obat tradisional tumbuh 8,45 persen, terutama didukung peningkatan permintaan domestik terhadap sabun, hand sanitizer, dan disinfektan serta peningkatan produksi obat-obatan, multivitamin, dan suplemen makanan.

 

Industri alat kesehatan, farmasi, obat-obatan, mendapat permintaan tinggi di masa pandemi karena kebutuhan masyarakat akan barang-barang tersebut tinggi. Alat kesehatan yang dimaksud di antaranya alat pelindung diri (APD/baju hazmat), hand sanitizer, etanol, masker, dan sarung tangan.

 

Bahkan, kementerian perindustrian menetapkan industri alat kesehatan dan farmasi ke dalam prioritas pengembangan Making Indonesia 4.0. Program tersebut dimaksudkan agar industri kesehatan dan farmasi dapat memenuhi kebutuhan domestik bahkan ekspor, dan memberikan lapangan kerja yang luas.

 

Selain itu, industri yang terus meningkat di era pandemi COVID-19 yaitu telekomunikasi dan teknologi informasi. Sejak Febuari, masyarakat cenderung lebih banyak beraktivitas di rumah dan mengakses internet serta aplikasi digital untuk keperluan belajar, bekerja, dan berkomunikasi.

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi