Franchise Itu Apa Sih?



Seiring dengan bertambahnya kesadaran masyarakat untuk berwirausaha, saat ini semakin banyak orang yang berminat untuk membuka bisnis sendiri. Meskipun banyak hal yang menjadi pertimbangan untuk memilih usaha apa yang akan dijalankan, tidak sedikit orang yang mencoba peruntungan dengan usaha franchise.

 

Franchise atau dalam bahasa Indonesianya waralaba merupakan suatu hak bisnis atau usaha, bersifat khusus, berdasarkan prinsip kemitraan, yang dimiliki oleh pemilik merek dengan produk ataupun sistem operasional dengan pihak kedua, berbentuk pemberian izin dari pengguna merek, termasuk produk serta sistem operasional dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian oleh kedua belah pihak untuk memperoleh keuntungan.

 

Kegiatan franchise dilakukan oleh seorang franchisee atau bisa dikatakan investor yang menginvestasikan dananya untuk mendapatkan profit secara tanpa harus terlibat dalam kegiatan usahanya. Franchise yang dibeli tidak sembarang, melainkan mereknya harus sudah dikenal oleh khalayak ramai atau telah memenuhi syarat tertentu. Berikut ini pengertian franchise menurut para ahli:

Harjowidigdo

Menurut Harjowidigdo pengertian Waralaba adalah suatu bentuk kerjasama di bidang perdagangan atau jasa yang dianggap sebagai salah satu cara untuk mengembangkan sistem usaha di lain tempat, dimana franchisor secara ekonomi sangat untung karena mendapatkan management fee dari franchisee, barang produknya dapat didistribusikan ke tempat lain dimana franchisee yang mengusahakan franchisenya, dan bagi konsumen yang memerlukan barang hasil produksinya franchisee cepat didapat serta dalam keadaan fresh dan belum atau tidak cacat rusak.

Dominique Voillemont

Dominique Voillemont mengemukakan bahwa Franchise sebagai suatu cara untuk melakukan kerjasama di bidang bisnis antara dua atau lebih pihak, satu pihak bertindak sebagai franchisor dan pihak lain sebagai franchisee, yang mana di dalamnya terdapat aturan, bahwa pihak franchisor sebagai suatu pemilik merek dan know how, memberikan haknya kepada franchisee untuk melakukan kegiatan bisnis berdasarkan merek know how tersebut.

 

Dapat dikatakan, bisnis Franchise ini memang cukup tenar karena sudah memiliki gambaran modal yang jelas serta reputasi bisnis yang dinyatakan cukup baik dari usaha franchise tersebut. Jadi Anda tidak perlu membangun usaha dari nol. Namun, sebelum Anda menentukan merek franchise yang akan Anda beli, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui agar tidak salah pilih. Simak beberapa tips berikut ini yuk!

  1. Pilihlah Sesuai dengan Passion-mu
    Ketika Anda ingin untuk mencoba bisnis franchise, tidak ada salahnya Anda kenali dulu dimana passion Anda, apa keahlian Anda, dan apakah ini sesuai dengan yang Anda sukai? Jangan anggap remeh, rupanya hal tersebut merupakan hal yang cukup penting dalam berlangsungnya kegiatan bisnis Anda! Ketika Anda menyukai sesuatu dalam bekerja, otomatis pekerjaan Anda akan terasa mudah dan senang untuk dijalani, karena sesuai dengan minat Anda.

     
  2. Pilih Franchise yang Sudah Populer
    Seperti yang telah kita ketahui, semakin terkenal suatu merek maka nilai franchisenya pun akan semakin mahal. Namun, jika Anda memiliki modal yang cukup kuat, tempat atau lokasi yang sudah sangat strategis, beserta urusan manajemen yang sudah tertata rapi, tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena para pelaku bisnis akan paham bahwa high risk, high return.

     
  3. Ketahui Track Record Terlebih Dahulu
    Hal yang tak kalah pentingnya, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bagaimana reputasi dari franchise yang akan dipilih. Meskipun produknya Anda sukai, namun jangan paksakan diri untuk memilih franchise yang memiliki reputasi yang buruk. Anda harus melakukan riset kepada para franchisee, franchisor agar hasilnya tidak mengecewakan di kemudian hari.

     
  4. Perhatikan Kontrak Kerjasama dengan Teliti
    Jangan terburu-buru, saat Anda sudah memutuskan untuk bekerjasama dengan salah satu merek, sebaiknya baca terlebih dahulu isi perjanjian yang tercantum dalam kontrak, jangan sampai ada hal – hal yang dapat merugikan Anda.

     
  5. Pastikan Franchise yang Anda Pilih Legal
    Hal yang terpenting adalah semua izin bisnis maupun produknya sudah valid dan keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan, jangan sampai salah pilih dan menyebabkan bisnis Anda justru mengalami kebangkrutan.

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi