Pengaruh Demam Piala Dunia terhadap Perekonomian dan Bisnis

Sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang Piala Dunia atau FIFA World Cup sukses membangkitkan euforia pertandingan di seluruh dunia. Tak cukup meramaikan stadion dan saluran TV lokal, sektor bisnis pun rupanya turut “terciprat” keramaian piala dunia. Penasaran apa saja pengaruh piala dunia terhadap bisnis dan perekonomian? Simak artikel ini hingga tuntas!

an image

 

Pengaruh dan Manfaat Demam Piala Dunia terhadap Perekonomian dan Bisnis

Mulai dari besarnya “kue ekonomi” Qatar, terbukanya peluang bisnis hingga pemanfaatan sebagai ide konten, berikut beberapa keuntungan yang didatangkan oleh FIFA World Cup terhadap sektor ekonomi dan bisnis!

 

“Kue Ekonomi” Qatar

Ajang Piala Dunia bisa dibilang merupakan momentum promosi kelas internasional bagi negara yang terpilih sebagai tuan rumah. Sebagai “markas” Piala Dunia 2022, Qatar menjadi negara yang menikmati potongan “kue ekonomi” terbesar dari perhelatan ajang olahraga ini. Salah satu sektor perekonomian yang paling terdampak positif adalah sektor pariwisata. Sebut saja bisnis penyewaan hotel, akomodasi, dan transportasi di Qatar yang mengalami lonjakan permintaan saat diadakannya Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Selain pariwisata, sektor lainnya seperti bisnis penjualan tiket, sponsor, dan hak penyiaran juga menjadi penyumbang terbesar pada perekonomian Qatar. Dikutip dari Aljazeera, FIFA melaporkan bahwa keuntungan yang dicapai Piala Dunia Qatar menyentuh angka US$ 7,5 miliar (sekitar Rp117,75 triliun).

 

Qatar juga ikut diuntungkan dari sisi publikasi. Pasalnya, posisi Qatar sebagai tuan rumah membuat negara Timur Tengah ini jadi sorotan seluruh dunia. Tak menutup kemungkinan jika para investor asing jadi “melirik” Qatar.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Membuka dan Meramaikan Peluang Bisnis

Sudah bukan rahasia lagi jika perhelatan Piala Dunia turut membuka “pintu rezeki” baru. Beberapa peluang bisnis yang jadi ramai berkat FIFA World Cup adalah bisnis merchandise dan bisnis kaos jersey.

 

Menonton Piala Dunia rasanya tak lengkap tanpa kehadiran pernak-pernik dan atribut tim jagoan. Oleh karena itu, merchandise dan jersey tim Piala Dunia laris manis selama event tersebut berlangsung. Lebih lagi, jersey yang dikenakan kesebelasan Piala Dunia merupakan versi teranyar keluaran apparel ternama.

 

Anda bisa memulai bisnis jersey dengan menjualnya dalam bentuk polosan, custom, atau menjadi reseller dari supplier resminya. Sementara itu, untuk bisnis merchandise, Anda bisa menjual berbagai macam produk yang bertemakan Piala Dunia, seperti notebook, gantungan kunci, tumbler minum, pin, pulpen, tote bag, dan lain sebagainya.

 

Bisa Dimanfaatkan sebagai Strategi Marketing

Di samping membuka peluang bisnis, event Piala Dunia juga dapat dimanfaatkan sebagai strategi marketing. Sebetulnya, pemanfaatan demam Piala Dunia dalam mempromosikan bisnis sudah banyak dipraktikkan.

 

Umumnya, momen Piala Dunia dimanfaatkan untuk membuat strategi diskon khusus. Selain diskon, materi promosi bertemakan Piala Dunia juga mampu menarik perhatian. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan membagikan fakta-fakta menarik tentang Piala Dunia yang masih berkaitan dengan produk bisnis.

 

Dapat Dijadikan Ide Konten Kreatif

Jika saat ini Anda tengah menjalani bisnis digital, tak ada salahnya untuk memanfaatkan momentum Piala Dunia sebagai konten di media sosial. Sebab, konten Piala Dunia akan jadi daya tarik tersendiri di tengah euforia pertandingan yang hangat.

 

Beberapa materi yang bisa Anda angkat menjadi konten, antara lain biografi pemain, kejadian unik saat pertandingan berlangsung, review pertandingan, dan fakta unik tim yang akan berlaga. Dari beberapa ide konten tersebut, adakah yang membuat Anda tertarik untuk langsung mengeksekusinya?

 

demam piala dunia, piala dunia, bisnis, konsultan pajak, konsultasi pajak

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi