Tips Bisnis: Pahami Apa itu Segmentasi Pasar, Manfaat, dan Jenisnya

Segmentasi pasar adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang dapat memberi banyak manfaat bagi bisnis yang dijalankan perusahaan. Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah suatu strategi untuk mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis pun bisa dijalankan dengan langkah tepat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu segmentasi pasar, tujuan, manfaat, serta jenisnya.

an image

 

Tips Bisnis: Apa itu Segmentasi Pasar, Manfaat, Tujuan, dan Jenisnya

Dilansir dari Populix, berhasil atau tidaknya sebuah bisnis bisa dilihat dari beberapa aspek, salah satunya dari bagaimana bisnis itu bisa mempengaruhi konsumen yang dituju hingga mengapa mereka ingin berkontribusi pada bisnis Anda.

 

Inilah mengapa Anda perlu mengetahui sebuah istilah yang dinamakan sebagai segmentasi pasar. Berikut ulasan mengenai pengertian, manfaat, tujuan, dan jenis-jenis segmentasi pasar!

Baca Juga:
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

 

Tips Bisnis: Mengenal Apa itu Segmentasi Pasar

Secara singkat, segmentasi pasar adalah strategi perusahaan untuk mengetahui target konsumen dengan lebih baik sehingga bisnis yang dijalankan dapat membawa hasil yang optimal.

 

Pentingnya Segmentasi Pasar bagi Bisnis

Tanpa segmentasi pasar, Anda tidak dapat fokus menjalankan ide karena produk yang dibuat jadi tidak memiliki target utama. Hal inilah yang menyebabkan bisnis tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan terancam gagal.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Peran segmentasi pasar sangat krusial bagi bisnis, terlebih dalam hal menentukan strategi pemasaran yang tepat. Segmentasi pasar yang baik akan sangat membantu tim marketing dalam meliputi strategi-strategi yang perlu dipikirkan oleh para pelaku bisnis agar mereka dapat mencapai targetnya dengan baik

 

Tujuan Segmentasi Pasar

Setiap perusahaan tentu memiliki visinya masing-masing. Visi tersebut tentu akan berpengaruh terhadap tujuan segmentasi pasar yang direncanakan. Lengkapnya, simak beberapa poin tujuan segmentasi pasar berikut:

 

a. Sasaran Pasar Lebih Jelas

Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar adalah karena pasar bersifat heterogen. Segmentasi pasar akan memunculkan kelompok-kelompok kecil yang memiliki kesamaan (homogenitas) dan akan mempermudah perusahaan dalam menyusun strategi bisnis mereka.

 

Hal tersebut juga akan memudahkan proses penentuan marketing mix (product, promotion, price, place, people, process, physical evidence). Sehingga, desain produk dan strategi pemasaran bisa bekerja lebih efektif.

 

b. Perkembangan Bisnis

Melakukan proses segmentasi juga bisa membantu dalam mengembangkan perusahaan itu sendiri. Secara tidak langsung, perusahaan akan lebih mengetahui mengenai target konsumen dan pesaing atau kompetitor mereka.

 

Perusahaan juga akan dengan mudah mengetahui peluang-peluang apa saja yang bisa diambil. Dengan begitu, perusahaan tersebut bisa mengatur strategi bisnis yang tepat untuk perkembangan mereka di masa depan.

 

c. Strategi Komunikasi Lebih Efektif

Dengan homogenitas yang muncul berarti sebuah perusahaan akan bisa dengan mudah mengetahui seluk beluk target pasar mereka. Sehingga strategi komunikasi yang dilakukan juga akan lebih efektif.

 

 

Manfaat Segmentasi Pasar

Bisa dibilang, perusahaan tidak bisa mendapat profit jika mereka tidak mengetahui segmentasi pasar dari perusahaan mereka. Justru, perusahaan tersebut hanya akan merugi jika ini terus terjadi.

 

Mengutip dari Kompas, manfaat segmentasi pasar untuk keperluan perusahaan diantaranya:

  • Menyebarluaskan jangkauan produk

  • Membantu pengembangan produk

  • Mencari segmentasi pasar baru

  • Meningkatkan fokus dalam bisnis

  • Meningkatkan kualitas bisnis

 

4 Jenis Segmentasi Pasar

Secara umum, ada 4 jenis segmentasi pasar yang digunakan oleh perusahaan, yakni segmentasi pasar demografis, perilaku, geografis, dan psikografis.

 

1. Segmentasi Pasar Demografis

Segmentasi pasar secara demografis adalah melakukan segmentasi terhadap target pasar dengan demografi mereka. Demografi di sini mencakup hal-hal seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan hingga edukasi.

 

2. Segmentasi Pasar Perilaku

Terdengar serupa dengan segmentasi pasar psikografis. Perbedaannya, dalam segmentasi pasar perilaku, perusahaan akan menganalisis prospek dari suatu pasar dari tingkah laku mereka ketika melakukan kegiatan dalam pasar. Lalu, perusahaan akan mengarahkan konsumen ke dalam segmentasi pasar mereka.

 

3. Segmentasi Pasar Geografis

Sementara, segmentasi pasar geografis adalah melakukan segmentasi berdasarkan variabel-variabel geografis. Variabel-variabel ini mencakup ketinggian, suhu, cuaca, iklim, populasi, kultur, serta variabel lain yang dibutuhkan perusahaan.

 

4. Segmentasi Pasar Psikografis

Kedua, segmentasi pasar psikografis yaitu jenis segmentasi yang lebih spesifik dan mendetail ketimbang segmentasi pasar demografis. Perusahaan melakukan segmentasi berdasarkan psikografi manusia, yang meliputi sifat, pendapat, minat, hingga gaya hidup mereka.

 

Kesimpulan: Hal-hal yang Harus Disiapkan dalam Bisnis

Setelah menyimak pembahasan di atas, maka tak dapat dipungkiri bahwa segmentasi pasar merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa segmentasi pasar, produk Anda jadi tak memiliki target konsumen yang mendetail.

 

Meskipun demikian, jangan juga hanya berfokus pada segmentasi pasar saja. Sebab, segmentasi pasar hanya satu dari sekian banyak pilar yang membentuk sebuah bisnis.

 

Hal-hal lain yang berperan krusial dalam membangun bisnis diantaranya adalah penyusunan laporan keuangan dan pelaporan SPT. Keduanya sangat penting guna membentuk image bisnis yang kredibel, baik di mata customer maupun investor.

 

Yuk, percayakan pelaporan SPT dan laporan keuangan bisnis Anda pada ahlinya di Konsultanku. Tinggal KLIK DI SINI, urusan akuntansi dan perpajakan Anda langsung diserahkan ke tangan yang tepat!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi