Memulai Bisnis Ikan Hias? Simak Strateginya



Saat ini ikan hias menjadi komoditas yang sedang naik daun. Masyarakat yang sudah bosan karena harus di rumah saja akibat virus corona, kini mencoba memelihara ikan hias sebagai hiburan di masa pandemi. Akibatnya penjualan ikan hias selama pandemi meningkat cukup drastis. Beberapa orang pun mencoba keberuntungannya dengan memulai bisnis ikan hias. Tetapi setiap bisnis tidak selalu berjalan mulus, perlu strategi khusus agar bisnis ikan hias bisa berjalan lancar. Berikut ini adalah strategi untuk memulai bisnis ikan hias, simak sampai habis!


 

Riset Selera Pasar



 

Sebelum memulai bisnis ikan hias, alangkah baiknya melakukan riset untuk memahami selera pasar. Bagaimana perkembangan ikan hias dan ikan hias apa yang sedang populer. Salah satu cara untuk melakukan riset selera pasar bisa dengan bergabung komunitas ikan hias.

 

Dengan bergabung dengan komunitas, Anda dapat melihat gambaran selera pasar ikan hias. Selain itu, Anda bisa bertemu orang-orang yang ahli pada bidangnya dan bisa menjalin relasi terhadap sesama pecinta ikan hias. Mungkin saja dengan banyaknya relasi Anda, terdapat calon pelanggan atau supplier untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

 

Fokus dan Pelajari



 

Setelah memahami ikan hias apa yang sedang populer, selanjutnya fokus terhadap satu jenis ikan hias dahulu. Memelihara ikan hias bukanlah perkara mudah, butuh kesabaran dan ketelitian agar ikan-ikan bisa terpelihara dengan baik. Mempunyai berbagai macam jenis ikan hias akan sangat menyita energi, terutama bagi pemula. Karena setiap jenis ikan hias memiliki perawatan yang berbeda, Anda harus fokus terhadap satu jenis ikan dahulu.

 

Pelajari cara merawat ikan hias dengan baik, agar ikan hias yang Anda ingin jual mempunyai nilai jual yang maksimal. Jika tidak dirawat dengan baik, ikan hias Anda lebih mudah terkena penyakit dan membuat nilai jual menjadi turun bahkan tidak bernilai lagi. Untuk mempelajarinya Anda bisa berdiskusi dengan sesama pecinta ikan hias, menonton video, atau membaca buku-buku.

 

Jika sudah menguasai satu jenis ikan hias, Anda bisa coba menambah jenis ikan hias lainnya.

 

Promosikan dengan Cermat




 

Saat Anda sudah siap memasuki bisnis ikan hias, mulailah promosi. Promosi secara online merupakan salah satu cara termudah memasarkan produk yang Anda jual. Anda bisa mulai dengan mempromosikannya lewat komunitas ikan hias yang diikuti. Setelah itu bisa membuat akun media sosial lainnya sebagai katalog ikan hias Anda. Buat promosi yang menarik!

 

Anda juga bisa memanfaat fitur periklanan yang ditawarkan oleh berbagai media sosial. Agar bisnis ikan hias Anda menjangkau segala lapisan masyarakat.

 

Dengarkan Testimoni Pelanggan



 

Jika berhasil menarik beberapa pelanggan, minta para pelanggan memberikan testimoni terhadap produk yang dibeli. Sebagai pemilik bisnis, Anda wajib mendengarkan testimoni yang diberikan pelanggan. Karena akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda.

 

Saat mendapatkan testimoni negatif, perbaiki apa yang dikeluhkan pelanggan agar suatu waktu tidak akan terulang kembali dan pastikan agar pelanggan tersebut tertarik membeli lagi produk yang Anda jual. Sedangkan saat mendapatkan testimoni positif, pastikan Anda mengucapkan terima kasih dan jika sanggup, berikan semacam hadiah kecil untuk pelanggan seperti diskon agar pelanggan tersebut semakin tertarik membeli ikan hias Anda.

 

Karena setiap testimoni pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis ikan hias Anda. Setiap mendengarkan berbagai testimoni pelanggan, bisnis ikan hias Anda juga akan berkesempatan kedatangan pelanggan-pelanggan baru.

 

Demikian strategi untuk memulai bisnis ikan hias Anda. Masih ragu untuk memulai bisnis? Konsultasikan saja masalah Anda di Konsultanku. Konsultanku menghubungkan Anda dengan berbagai konsultan dan profesional. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Konsultanku di sini.

 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi