Perencanaan Produksi dan Tips Menjalankannya

Di dalam ilmu manajemen, terdapat istilah perencanaan produksi yang merupakan hal penting dalam kegiatan produksi sebuah perusahaan. Tujuan perencanaan produksi tidak hanya meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, tetapi juga membantu perusahaan untuk bersaing di pasar yang semakin kompleks. Melalui artikel ini, Konsultanku akan membahas pentingnya perencanaan produksi, jenis-jenis, mekanisme, serta langkah-langkah strategis yang perlu diambil untuk mencapai keberhasilan dalam manajemen operasional.

an image

Apa itu Perencanaan Produksi?

Perencanaan produksi adalah proses menyusun rencana untuk produksi masa depan dalam bisnis manufaktur dan produksi. Teknik ini sangat penting untuk operasi manufaktur modern. Pasalnya, teknik perencanaan ini mampu menetapkan dasar bagaimana produksi harus berjalan dan mengidentifikasi area di mana produktivitas kurang.

 

Pembuatan rencana produksi mencakup berbagai area berbeda yang harus disatukan untuk membuat satu rencana dan menetapkan target produksi. Proses ini pun harus dilakukan sebaik-baiknya guna meminimalisir kesalahan. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam proses perencanaan, maka akan terjadi ketidakakuratan dalam jadwal yang bisa menyebabkan keterlambatan pesanan, kekacauan internal, ketidakpuasan konsumen, hingga kebangkrutan bisnis.

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat


3 Tujuan Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi adalah suatu proses strategis yang dilakukan tujuan mencapai sasaran tertentu. Melalui pencapaian tujuan tersebut, perusahaan dapat memastikan bahwa perencanaan produksi yang dilakukan tidak hanya memberikan manfaat internal, tetapi juga mendukung keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tujuan perencanaan produksi.

 

1. Meramalkan Permintaan Produk

Tujuan perencanaan produksi yang pertama adalah untuk meramalkan permintaan produk. Hal ini berarti pihak perusahaan melakukan perencanaan dengan memperhitungkan kemungkinan berapa jumlah permintaan konsumen. Jika kalkulasi ini dapat diketahui, pihak perusahaan akan lebih mudah ketika memproduksi produk. Sebab, mereka hanya perlu menyesuaikan jumlah produksi dengan permintaan pelanggan.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

2. Menetapkan Jumlah Pemesanan Bahan Baku

Sebuah perencanaan produksi juga dilakukan untuk menetapkan jumlah pemesanan bahan baku. Pasalnya jika jumlah bahan baku tidak direncanakan terlebih dahulu, maka dikhawatirkan bisa terjadi kesalahan dalam proses produksi. Contohnya, terjadi kekurangan bahan baku sehingga jumlah produk tidak dapat mencapai jumlah pesanan yang dibutuhkan atau sebaliknya.

 

3. Menetapkan Keseimbangan Kebutuhan dengan Teknik Pemenuhan Pesanan

Tujuan yang terakhir adalah untuk menetapkan keseimbangan antara tingkat kebutuhan dengan strategi pemenuhan pesanan. Keseimbangan antara kedua komponen ini perlu diperhatikan untuk menghindari terjadi kerugian. Melalui perencanaan produksi yang baik, Anda akan menemukan titik yang menguntungkan antara strategi distribusi dengan kebutuhan konsumen akan produk yang didistribusikan.


5 Jenis Perencanaan dalam Produksi

Production planning umumnya melibatkan berbagai aspek dalam mengelola kegiatan produksi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Setiap jenis perencanaan produksi memiliki peran khusus dalam memastikan kelancaran dan efisiensi proses produksi serta pemenuhan kebutuhan pelanggan. Di bawah adalah lima jenis perencanaan yang umum diterapkan dalam produksi.

 

1. Perencanaan Berbasis Pekerjaan

Perencanaan berbasis pekerjaan atau proyek berfokus pada pembuatan satu produk yang ditangani oleh satu pekerja atau oleh sekelompok orang. Jenis pekerjaan yang termasuk dalam jenis perencanaan produksi ini bisa dalam skala besar (membuat perhiasan), seperti membangun rumah yang disesuaikan.

 

Proyek produksi juga bisa dilakukan dalam skala kecil, seperti membuat perhiasan yang disesuaikan. Perencanaan produksi dalam skala ini umumnya yang membutuhkan sedikit peralatan khusus dan relatif mudah untuk dilaksanakan. Hal ini memungkinkan produk dibuat sesuai dengan permintaan pelanggan mereka.

 

2. Metode Batch

Metode perencanaan produksi batch adalah proses pembuatan produk secara berkelompok. Tipe ini memungkinkan tim manajemen untuk memantau secara ketat setiap proses produksi sehingga perbaikan dapat dilakukan dengan cepat. Pemantauan yang dilakukan memungkinkan kesalahan atau masalah pada batch sebelumnya dapat diperbaiki pada batch berikutnya.

 

Dalam penerapan metode ini, Anda perlu memperhatikan kapasitas setiap mesin dan peralatan yang digunakan dalam proses produksi. Mengatur dan mempertimbangkan kapasitas ini adalah hal yang wajib dilakukan setiap perusahaan. Pasalnya, jika ada mesin atau peralatan yang hanya bisa menangani produksi dalam jumlah yang lebih sedikit, tentunya dapat menyebabkan kemacetan atau penundaan dalam metode ini.

 

3. Flow Method

Flow method atau metode aliran adalah jenis production planning yang memisahkan proses produksi menjadi langkah-langkah berurutan dan produk bergerak melalui setiap urutan langkah tersebut. Metode ini umumnya digunakan dalam produksi skala besar di mana produk yang sama dibuat secara berulang kali.

 

Keuntungan dari jenis ini adalah efisiensi dan skalabilitas karena produk bergerak melalui proses produksi tanpa henti. Namun, industri manufaktur juga perlu memastikan bahwa hambatan yang terjadi dapat ditangani dengan baik. Dengan demikian, tidak ada bagian tertentu yang memperlambat produksi secara keseluruhan.

 

4. Metode Produksi Massal

Metode produksi massal adalah jenis production planning yang digunakan untuk memproduksi suatu barang dalam volume besar secara cepat. Metode ini pada dasarnya mirip dengan jenis perencanaan produksi aliran, tetapi biasanya mencakup lebih banyak otomatisasi dan jalur khusus untuk menghasilkan satu produk guna mengurangi waktu yang diperlukan untuk pergantian.

 

Cara ini berbeda dengan tipe batch karena tidak harus melalui tahapan-tahapan tertentu secara berkelompok. Saat merencanakan produksi massal, sangat penting untuk memperkirakan dengan tepat permintaan produk yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, penggunaan metode ini akan berlangsung optimal apabila disertai dengan perencanaan yang baik sehingga dapat menghindari kelebihan produksi.

 

5. Process Manufacturing Method

Metode proses adalah jenis perencanaan yang melibatkan transisi dari satu tahap manufaktur ke tahap berikutnya berjalan semulus mungkin dengan otomatisasi yang signifikan. Cara ini biasanya sangat berguna untuk produk bahan cair yang tidak dijual terpisah.

 

Metode ini biasanya memerlukan perencanaan dan pengendalian yang ketat untuk memastikan produk memenuhi standar pada setiap tahap produksi. Sebab, perubahan kecil dalam proses dapat berdampak signifikan pada hasil akhir. Di samping itu, ada banyak langkah produksi yang melibatkan penggunaan bahan kimia atau peralatan yang cukup berbahaya. Dengan demikian, keselamatan dan regulasi lingkungan juga menjadi faktor penting dalam perencanaan.


Mekanisme dalam Merencanakan Produksi

Mekanisme dalam perencanaan produksi melibatkan serangkaian langkah dan prosedur yang dirancang untuk merencanakan, mengorganisir, dan mengendalikan kegiatan produksi agar sesuai dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia. Berikut adalah beberapa mekanisme umum dalam perencanaan produksi.

 

1. Melakukan Routing

Routing merupakan proses penentuan urutan kegiatan produksi, dari awal hingga produk selesai dibuat sesuai rencana. Titik fokus yang dilakukan adalah mendapatkan proses atau urutan paling efektif dan efisien, untuk memenuhi target produksi barang, baik dari segi kuantitas atau kualitas. Dari sekian banyak opsi yang bisa digunakan, penanggung jawab produksi wajib menentukan cara yang dinilai paling ideal.

 

2. Melakukan Penjadwalan

Penjadwalan dilakukan dengan mengatur tanggal dan waktu untuk memulai produksi maupun memperbaiki produk yang rusak. Dalam mekanisme ini, semua jadwal operasional harus direncanakan dengan baik dan teratur untuk menjaga efisiensi pembuatan produk dan distribusi produk. Dengan begitu, barang akan lekas sampai ke tangan konsumen dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

3. Melakukan Dispatching

Dispatching merupakan tahap implementasi atau action. Hal ini berarti segala macam rencana produksi yang telah dijelaskan sebelumnya harus dijalankan oleh pihak perusahaan. Dalam mekanisme ini, peralatan produksi harus sudah tersedia. Untuk memulai action ini, dibutuhkan juga perintah dari pimpinan perusahaan untuk segera memulai membuat produk.


Tips Mengefisiensi Rencana Produksi Perusahaan

Jika Anda sudah mengetahui pengertian, fungsi, tujuan, dan mekanisme rencana produksi, maka Anda juga perlu tahu cara membuat rencana produksi secara efisien. Mengefisiensikan rencana produksi merupakan langkah kunci dalam mencapai tujuan produktivitas dan keberhasilan operasional perusahaan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu perusahaan mengoptimalkan rencana produksinya.

 

1. Memprediksi dengan Cepat Permintaan Konsumen

Tips yang pertama adalah Anda harus mampu memprediksi dengan cepat permintaan konsumen. Sebab, tingkat permintaan pasar adalah salah satu materi utama dalam perencanaan. Lebih bagus lagi jika jumlah permintaan tersebut didasarkan pada data yang akurat. Dengan demikian, rencana produksi yang disusun akan lebih terarah.

 

2. Kelola Sumber Daya dengan Baik

Untuk bisa merencanakan produksi dengan baik, Anda perlu mengoptimalkan pengelolaan berbagai sumber daya, seperti sumber daya alam, manusia, maupun mesin untuk operasional. Jika pengelolaan sumber daya berjalan baik, Anda akan lebih fokus pada perencanaan strategi operasional. Dengan demikian, kegiatan produksi perusahaan Anda akan berlangsung secara efektif dan efisien.

 

3. Menciptakan Ruang Komunikasi yang Ramah

Tips lainnya dalam mengefisiensi rencana produksi adalah menciptakan ruang komunikasi yang ramah. Hal ini dilakukan guna mengurangi sekat antara bawahan dengan atasan. Dengan demikian, karyawan dapat memiliki kesempatan yang luas untuk menyampaikan pendapatnya jika terdapat permasalahan dalam proses produksi.

 

4. Menyiapkan Data Keuangan yang Reliabel

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam membangun rencana produksi bagi bisnis adalah data keuangan bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan data tersebut guna memudahkan dalam perancangan rencana produksi. Karena tanpa data tersebut, Anda akan kesulitan untuk merealisasikan seluruh rencana bisnis. Untuk memperoleh data keuangan yang faktual, Anda perlu melakukan pembukuan untuk pencatatan seluruh transaksi bisnis.


Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa perencanaan produksi adalah fondasi dari operasional yang sukses. Dengan merencanakan setiap aspek produksi dengan cermat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan memenuhi kebutuhan pasar dengan lebih baik. Dalam perencanaan ini, data keuangan pun menjadi hal penting untuk dipersiapkan guna merealisasikan seluruh rencana bisnis.

 

Untuk memperoleh data keuangan yang akurat, maka Anda harus melakukan pembukuan untuk pencatatan seluruh transaksi bisnis. Untuk kemudahan pencatatan keuangan, Anda bisa memanfaatkan jasa pembukuan dan laporan keuangan dari Konsultanku. Melalui layanan yang diberikan, Konsultanku akan memastikan seluruh urusan keuangan bisnis terpantau dengan baik dan meminimalisir kesalahan dalam pengelolaan informasi keuangan.

 

perencanaan produksi, tujuan perencanaan produksi, perencanaan produksi adalah, tujuan perencanaan produksi adalah sebagai berikut kecuali

perencanaan produksi, tujuan perencanaan produksi, perencanaan produksi adalah, tujuan perencanaan produksi adalah sebagai berikut kecuali

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi