Pengusaha Wajib Tahu! 4 Tips agar Bisnis Anda Dipercaya Investor dan Customer

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda mengetahui bahwa membangun kepercayaan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kontinuitas bisnis. Jika ada banyak customer yang mulai kehilangan kepercayaan pada Anda, itu tandanya ada yang salah dengan sistem kerja bisnis Anda. Kalau tidak segera diatasi, bisa-bisa bisnis Anda akan gulung tikar karena satu per satu pelanggan akan kabur. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus mengetahui cara dan upaya untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan serta investor pada bisnis!

an image

 

Aplikasikan 4 Tips ini agar Bisnis Anda Dipercaya Customer hingga Investor!

Ada 4 tips yang dapat Anda lakukan sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan customer pada bisnis.

 

Pakai Foto dan Deskripsi Produk yang Menarik dan Eye-Catchy

Pertama-tama, Anda harus lebih memerhatikan foto dan deskripsi yang disematkan dalam produk bisnis Anda. Dilansir dari kerjausaha.com, informasi produk merupakan gerbang utama bagi konsumen untuk mengetahui dan memahami produk macam apa yang ditawarkan bisnis Anda. Informasi dan deskripsi produk yang lengkap lah yang bisa memenuhi rasa ingin tahu konsumen.

 

Jika Anda menjalankan bisnis online, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah foto produk. Karena Anda menjajakan produk secara online, maka para konsumen tidak bisa memeriksa kondisi produk yang akan dibeli secara langsung. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memberikan foto produk yang jelas dan asli (real pict) untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen.

 

Jadikan Testimoni Pelanggan Sebelumnya sebagai Strategi untuk Menarik Pelanggan Baru

Setelah memastikan bahwa foto dan deskripsi sudah sesuai dengan produk aslinya, maka Anda bisa lanjut ke tahap testimoni. Produk dan layanan yang betul-betul bagus pasti akan mendapatkan umpan balik (feedback) berupa testimoni yang bagus pula.

 

Anda bisa menambahkan bukti-bukti testimoni bagus pada situs, toko, atau media sosial yang menjadi tempat memasarkan produk dagangan Anda. Testimoni yang bagus cenderung akan menarik lebih banyak calon pelanggan. Jadi, pastikan untuk upgrade kualitas layanan Anda agar mendapatkan ulasan-ulasan yang baik, ya!

 

Pastikan untuk Selalu Menjaga Track Record Bisnis

Pernahkah Anda melihat sebuah gerai atau toko ditempeli tulisan berbunyi “OBJEK PAJAK INI BELUM MELUNASI KEWAJIBAN PAJAK” seperti pada foto di bawah ini?

 

 

Nah, foto tersebut bisa dijadikan pembelajaran untuk para pemilik bisnis agar senantiasa menjaga image toko. Image toko didapat dari track record yang dijalankan selama berbisnis. Track record bisa berbentuk apa saja, dari testimoni konsumen hingga track record kepatuhan pajak yang baik.

 

Bisnis yang menjaga image-nya dengan baik— salah satunya dengan membayar pajak tepat waktu— cenderung lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan maupun dari investor.

 

Miliki Laporan Keuangan yang Kredibel

Tips yang satu ini akan sangat berguna jika perusahaan atau bisnis Anda sedang mencari pendanaan dari investor atau pinjaman usaha dari bank. Baik bank maupun investor akan sama-sama mempertimbangkan laporan keuangan yang dimiliki sebelum mengucurkan dana mereka.

 

Lewat laporan keuangan, bank dan investor dapat melihat performa bisnis Anda. Dari sana, mereka akan lebih mudah untuk memutuskan persoalan: apakah bisnis Anda layak diberikan atau dipinjamkan dana?

 

Oleh karena itulah, laporan keuangan yang kredibel dan bisa dipercaya adalah hal yang paling dibutuhkan perusahaan dalam mendapatkan suntikan atau pinjaman dana. Lantas, bagaimana cara mendapatkan laporan keuangan yang kredibel?

 

Pembukuan dan laporan keuangan yang kredibel bisa Anda dapatkan dari akuntan publik Konsultanku. Akuntan publik dari Konsultanku dapat memberikan berbagai layanan sesuai kebutuhan Anda. Ada layanan konsultasi online terkait akuntansi, layanan pembukuan dan laporan keuangan, layanan konsultasi PSAK, serta layanan virtual finance manager.

 

Tunggu apa lagi? Segera KLIK DI SINI untuk mendapatkan penawaran solusi akuntansi terbaik dari kami!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi