60+ Ide Bisnis Online 2022: Bisa dari Rumah!



Saat ini, menambah sumber pendapatan melalui bisnis online sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, seringkali kita bingung ingin menjalankan bisnis apa. Ide bisnis online sebetulnya bisa Anda dapatkan dengan melihat kebutuhan orang-orang di sekitar Anda. Apalagi, sejak pandemi melanda, bisnis online jadi ramai digeluti masyarakat. Namun, jika Anda sudah merasa buntu, berikut kami menyajikan beberapa pilihan ide bisnis online yang dapat Anda pertimbangkan.

 

 

60+ Ide Bisnis Online: Simpel dan Praktis, Bisa dari Rumah!

Berikut 60+ ide bisnis yang dapat dijajal untuk menghasilkan pendapatan tambahan secara online.

 

1. Youtuber

Dewasa ini, Youtube jadi banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Selain untuk mencari hiburan, ada juga orang yang mangkal di Youtube sebagai content creator untuk mencari uang. 

 

Youtube menjadi situs berbagi video yang paling banyak digunakan dan memberi bayaran kepada para creator-nya. Hal inilah yang membuat Youtube jadi salah satu media untuk mendapatkan uang secara online.

 

2. Freelancer

Menjadi freelancer atau pekerja lepas juga memberikan banyak kemudahan untuk Anda, mulai dari jam kerja yang fleksibel hingga bisa memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan. Tak heran jika situs-situs freelancer seperti Sribulancer, Projects.co.id, Fiverr, dan Upwork jadi ramai pengunjung.

 

Keunggulan yang lain, Anda dapat mencari dan memilih sendiri pekerjaan freelance yang sesuai dengan minat serta kemampuan Anda. Terdapat bermacam-macam pekerjaan yang tersedia seperti penulis artikel lepas, desainer lepas, entry data, dan lain sebagainya.

 

3. Bisnis Afiliasi

Akhir-akhir ini, bisnis afiliasi juga menjadi salah satu wadah untuk mencari pundi-pundi rupiah yang menjanjikan secara online. Kelebihan lainnya, Anda dapat langsung mempraktikkan pekerjaan ini tanpa modal.

 

Konsep bisnis afiliasi sendiri adalah mengajak seseorang untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Produk ini merupakan milik orang lain, bukan milik Anda sendiri. Saat ini, ada banyak platform yang menerapkan sistem afiliasi mulai dari e-commerce hingga produk online course.

 

4. Bisnis Penjualan Foto

Anda memiliki hobi fotografi dan punya banyak stok foto yang menganggur di galeri? Nah, bisnis penjualan foto inilah yang paling cocok untuk Anda. Bisnis ini dilakukan dengan menjual hasil foto Anda ke situs microstock seperti Shutterstock, Adobe Stock, dan Canva.

 

Situs ini akan memilih dan menerima foto dari Anda, kemudian menjualnya kembali ke konsumen. Foto ini dapat dibeli berkali-kali oleh banyak orang sehingga menghasilkan untung yang lumayan.

 

5. Bisnis Pembuatan Website

Meningkatnya perkembangan iptek, tak ayal membuat banyak korporasi jadi membutuhkan dan mencari tenaga kerja yang ahli dalam pembuatan website perusahaan. Anda dapat mempromosikan keahlian Anda melalui platform media sosial. Selain itu, jangan lupa untuk menyajikan portofolio berisi proyek website yang pernah Anda kerjakan agar klien lebih yakin dengan kemampuan Anda. 

 

6. Bisnis Online Perlengkapan Bayi

Salah satu peluang bisnis yang sedang ramai digandrungi adalah bisnis perlengkapan bayi. Perlengkapan bayi akan selalu dibutuhkan, sebab targetnya bukan hanya para orangtua yang sedang mempersiapkan kelahiran bayinya saja, tetapi juga dapat menyasar pada kebiasaan orang Indonesia yang suka memberi hadiah berupa perlengkapan bayi untuk kerabatnya yang baru mendapatkan buah hati. Perlengkapan bayi pun beragam jenisnya, mulai dari baju bayi, botol susu, stroller hingga kain gendongan.

 

7. Bisnis Pengembangan Software

Seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone, skill pengembangan software pun semakin dibutuhkan. Tidak hanya itu, penghasilan yang bisa Anda dapatkan melalui bisnis pengembangan software pun tidak sedikit. Penghasilan yang Anda dapatkan dari satu buah software bisa mencapai nilai ratusan hingga ribuan dolar.

 

8. Bisnis Penjualan Plugin dan Template Website

Platform website dengan konsep open source memang ramai digandrungi masyarakat. Bagaimana tidak, fitur yang praktis dan mudah digunakan membuat platform-platform semacam WordPress jadi laku keras. Umumnya, para blogger melakukan penambahan plugin untuk meningkatkan penghasilan.Nah, jika Anda punya kemampuan untuk membuat plugin dan template, hal ini dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan.

 

Plugin dapat diunggah ke situs yang menjual plugin. Harga satu buah plugin berkisar antara USD13 hingga USD55.

 

9. Bisnis Blogger

Saat ini, bisnis pengembangan blog (blogger) juga cukup menjanjikan. Dengan modal laptop dan koneksi internet, Anda sudah dapat memulai blog milik sendiri. Blog dapat menghasilkan lebih banyak uang tergantung seberapa banyak pengunjung blog Anda. 

 

Seorang blogger menghasilkan uang dari PPC (pay per click) seperti Google Adsense. Penghasilan dari PPC ini dapat ditarik tiap bulan. Umumnya, terdapat batas minimal nominal penarikan.

 

10. Bisnis Copywriter

Profesi copywriter juga makin mengarah menuju tren yang semakin positif. Hla ini dapat dilihat dari jumlah demand terhadap skill kepenulisan dan branding yang semakin meningkat. Sebelum mulai memasarkan skill copywriting, Anda terlebih dulu harus banyak berlatih menulis agar memiliki portofolio yang dapat meningkatkan kepercayaan calon klien Anda.

 

11. Bisnis Penjualan E-Book Sendiri

Akhir-akhir ini, ramai bermunculan platform-platform bacaan digital mulai dari novel, cerpen hingga komik. Hal tersebut dapat Anda jadikan peluang untuk berbisnis, yakni dengan menjual sendiri e-book yang Anda tulis. Anda dapat mengunggah karya Anda pada situs penjualan e-book. Umumnya, Anda akan mendapatkan bagian sekitar 30% sampai 50% dari tiap ebook yang terjual.

 

12. Bisnis Penerjemahan

Kemampuan dalam menulis dan menerjemahkan bahasa asing juga dapat menjadi peluang dalam berbisnis online. Kegiatan menerjemahkan sangat fleksibel karena dapat dilakukan di mana saja. Selain itu, pengguna jasa penerjemah juga sangat ramai, mulai dari masyarakat umum, mahasiswa, sampai perusahaan. Dokumen yang diterjemahkan antara lain dokumen penting perusahaan, artikel jurnal, proposal, dan lain sebagainya.

 

13. Bisnis Penjualan Pulsa

Sejak zaman berkembang ke arah serba digital, pulsa pun menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Pulsa dibutuhkan bukan hanya untuk menelepon dan berkirim SMS saja, tetapi juga dibutuhkan dalam melakukan pembelian layanan internet, bahkan juga dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik. Cara mulai berbisnis penjualan pulsa pun cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

 

14. Bisnis Jasa Konsultasi

Dewasa ini, untuk menjadi seorang konsultan, Anda tak perlu menawarkan jasa Anda lewat perusahaan. Anda dapat menawarkan jasa konsultasi secara online. Konsultasi pun dapat dilaksanakan via video call, misal lewat aplikasi Zoom atau Google Meet. Tarifnya dapat disesuaikan dan didiskusikan sendiri bersama klien. Tipsnya, tunjukkanlah pada klien bahwa Anda merupakan seorang konsultan profesional yang sudah bersertifikasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan klien pada Anda.

 

15. Bisnis Penjualan Followers Media Sosial

Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan berbagai jenis bisnis baru, salah satunya adalah bisnis penjualan followers di media sosial. Anda mungkin telah mengetahui bahwa saat ini banyak pelaku bisnis bahkan perusahaan yang menawarkan produknya lewat media sosial sehingga jasa memperbanyak followers ini marak diminati.

 

16. Bisnis Penjualan Artwork

Selain skill fotografi, Anda juga dapat menjual hasil desain digital berupa artwork, misalnya logo dan wallpaper. Anda dapat mengunggah dan menawarkan hasil karya Anda di platform penjualan artwork seperti CreativeMarket. Selain itu, Anda juga dapat memasarkannya di media sosial.

 

 

17. Kursus Online

Makin ke sini, makin banyak bermunculan event workshop, online course sampai bootcamp online. Kursus-kursus online ini makin menjamur lagi saat pandemi melanda. Jika Anda memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih dalam suatu hal, di sinilah peluang bagi Anda terbuka lebar. Anda dapat mengadakan kursus online sesuai dengan bidang yang dikuasai. Misalnya, online course tentang pajak, kursus online untuk meningkatkan skill SEO, dan lain sebagainya.

 

18. Menjadi Reseller/Dropshipper

Ingin bisnis berjualan barang, tetapi belum bisa memproduksi barang sendiri? Reseller dan dropship solusinya! Reseller sendiri pada umumnya melakukan penyetokan barang dari supplier dan menawarkan produk tersebut kepada konsumen, sedangkan dropship lebih mirip pihak ketiga yang tugasnya menghubungkan supplier dengan konsumen dengan tetap mengambil keuntungan. Kedua jenis bisnis ini dapat Anda lakukan secara online dari rumah. 
 

Baca Juga: Perbedaan Reseller dengan Dropship, Lebih Untung Mana?

 

19. Podcast

Podcast sebetulnya mirip dengan siaran radio, tetapi tidak disiarkan secara live (non-streaming). Akhir-akhir ini, podcast sedang menjadi konten yang ramai disorot. Sama halnya seperti youtuber, para pelaku podcast (podcaster) mendapatkan uang dari iklan yang masuk atau monetize dari platform podcast tempat mereka melakukan siaran. Anda dapat merintis karir sebagai seorang podcaster dari rumah, tetapi pastikan bahwa tempat rekamannya tidak bising, ya.

 

20. Bisnis Jasa SEO

Selain menjual skill SEO (Search Engine Optimization) Anda lewat pengadaan online course, Anda juga dapat menawarkan jasa SEO secara online. Pekerjaan yang berhubungan dengan SEO umumnya bersifat remote sehingga dapat dikerjakan di mana saja asal mempunyai koneksi internet yang memadai.

 

21. Selebgram

Selebgram mendapatkan penghasilan lewat jasa endorsement dan paid promote online. Kedua jasa ini secara sederhana didefinisikan sebagai suatu cara untuk memasarkan produk lewat jasa promosi selebgram yang mempunyai banyak pengikut. Selebgram dengan engagement yang baik akan memiliki rate card yang tinggi pula. Maka, tak heran jika ada selebgram yang memasang harga hingga jutaan rupiah per sekali postingan.

 

22. Jasa Voice Over

Seorang pelaku voice over biasanya memiliki suara yang unik. Nah, bagi Anda yang memiliki suara unik dan tidak dimiliki siapa pun, Anda dapat menjajal profesi ini. Ada banyak animator yang membutuhkan jasa Anda dalam video animasi yang dibuatnya. Selain itu, tidak sedikit juga brand perusahaan yang membutuhkan voice over untuk iklan video promosi.

 

23. Agensi Pembuatan Artikel

Sebagian besar perusahaan startup memanfaatkan konten untuk memasarkan produk, salah satunya artikel. Oleh karena itu, tak heran jika demand akan jasa pembuatan artikel jadi melonjak. Kalau Anda memiliki modal yang cukup, sekalian saja mendirikan agensi pembuatan artikel. Bayaran tiap pesanan artikel dapat dibagikan kepada para penulis sesuai dengan sistem yang telah didiskusikan bersama.

 

24. Agensi Pembuatan Video

Selain agensi yang menyediakan jasa pembuatan artikel, mendirikan agensi pembuatan video bukan hal yang mustahil. Agensi pembuatan video pun mempunyai pangsa pasar yang sangat luas karena berhubungan marketing. Dari bisnis kecil, event organizer bahkan perusahaan besar juga memiliki kebutuhan akan penyedia jasa yang satu ini. 

 

25. Bisnis Web Keanggotaan Premium

Saat ini, berbagai platform hiburan mulai dari aplikasi streaming musik hingga video ramai menjual produk keanggotaan premium yang menawarkan berbagai keuntungan eksklusif bagi para membernya. Nah, jika memiliki web pribadi, Anda juga dapat mengaplikasikan sistem keanggotaan premium ini pada web Anda. Buatlah konten premium yang hanya dapat diakses oleh para member yang berlangganan saja. Dengan demikian, Anda dapat menghasilkan pendapatan lebih dari web Anda.

 

26. Bisnis Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Anda memiliki bakat dan pengalaman dalam pembuatan aplikasi mobile? Nah, kini saatnya bagi Anda untuk menjual skill tersebut. Selain bersifat remote, pekerjaan ini juga memiliki demand yang sangat tinggi dan jumlah penghasilan yang tidak sedikit. 

 

27. Bisnis Jasa Marketing Media Sosial

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dewasa ini praktik marketing lewat media sosial tengah ramai digandrungi para pelaku bisnis. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan jasa marketing di media sosial. Akan menjadi nilai plus jika Anda memang berbakat dan memiliki pengalaman di bidang terkait. 

 

28. Bisnis Kolektor Domain

Mungkin, Anda baru pertama kali mendengar bisnis jenis ini. Tak heran, pasalnya bisnis yang satu ini memang masih jarang terdengar. Bisnis jenis ini dapat dikatakan sebagai investasi karena di masa yang akan datang, mungkin ada yang akan menawar koleksi domain yang Anda miliki dengan harga mahal.

 

29. Bisnis Penjualan Desain Kaos

Bagi Anda yang berminat membuka distro sendiri tetapi masih kekurangan modal, Anda dapat memulai bisnis dengan berjualan desain kaos dulu sambil mengumpulkan modal yang cukup. Klien bisnis ini pun terbilang lumayan banyak, mulai dari perorangan, komunitas, organisasi hingga perusahaan yang ingin memesan kaos ‘seragam’. Pemasaran bisnis penjualan kaos dapat dilakukan melalui media sosial.

 

Baca juga: Menguak Alasan Bisnis Perlu Perencana Keuangan

 

 

30. Bisnis Barang Bekas Online

Pada dasarnya, ini adalah sebuah bisnis dengan konsep menjual barang second hand layak pakai. AKhir-akhir ini, perdagangan barang second hand tengah marak dipraktikkan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi. Bagaimana tidak, dengan membeli barang second, kadang Anda bisa mendapatkan barang-barang yang mungkin sudah tidak diproduksi dan memang dicari banyak orang dengan harga yang jauh lebih murah. Produk yang dijual dalam pun bermacam-macam, mulai dari buku, alat dapur, hingga kamera.

 

31. Bisnis Jasa Buat Logo

Skill dalam bidang desain grafis juga dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan jasa pembuatan logo. Pelaku bisnis sangat membutuhkan jasa ini karena logo berkaitan erat dengan identitas perusahaan. Bahkan, sebuah logo bisa dihargai puluhan juta rupiah, lho.

 

32. Sewa Kamar AirBnB

Menyewakan kamar di platform AirBnB dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki tempat kosong untuk disewakan. Anda dapat menyewakan tempat tersebut untuk wisatawan asing maupun lokal yang sedang berkunjung ke daerah Anda. 

 

Caranya cukup mudah yakni dengan mengunduh aplikasi AirBnB, lengkapi profil lalu upload foto ruangan atau tempat yang Anda sewakan serta berikan penjelasan seperti rincian harga sewa, tempat, dan berbagai informasi lainnya yang penting untuk diketahui oleh penyewa. 

 

33. Content Creator TikTok

Tidak dapat disangkal lagi bahwa TikTok sudah menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat selama pandemi. Pengguna TikTok pun semakin bertambah setiap harinya. Keadaan ini dapat Anda manfaatkan untuk berkarya sekaligus memperoleh pendapatan tambahan dengan menjadi seorang content creator. Pendapatannya dihasilkan melalui berbagai endorsement yang Anda lakukan.

 

34. Game Streamer

Anda suka bermain game online? Jika iya, maka menjadi seorang game streamer dapat menjadi pilihan. Game streamer merupakan orang yang bermain game melalui siaran online yang ditonton oleh banyak orang secara live. Anda dapat bermain game sekaligus berbincang dengan orang yang menonton siaran langsung Anda.

 

35. SelebTwit

Menjadi seorang SelebTwit akan sangat cocok untuk Anda yang aktif bermain Twitter, sebuah platform media sosial berbentuk microblog daring. Istilah SelebTwit dapat dikatakan sama dengan content creator. SelebTwit adalah orang yang menulis cuitan-cuitan viral di Twitter. 

 

Seorang SelebTwit dapat menulis cuitan apa saja mulai dari kehidupan sehari-hari hingga mengomentari suatu isu global. Cuitan yang viral dapat menjadi sebuah momentum dan menaikkan pamor Anda di sejagad Twitter. 

 

36. Joki Game

Bisnis joki game juga dapat digeluti oleh Anda yang suka bermain game. Seorang joki game menawarkan jasanya untuk menaikkan peringkat game orang-orang yang ingin naik level atau ikut sebuah kompetisi yang memiliki standar peringkat/level tertentu. Untuk menjadi joki game Anda perlu menguasai sebuah game beserta karakter yang ada di dalamnya. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa Anda kepada orang-orang melalui berbagai platform online.

 

37. Jual Akun Premium

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup baik untuk mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan. Berbagai platform seperti Netflix, Spotify, Youtube, dan lainnya menawarkan layanan premium agar pengguna dapat menikmati lebih banyak konten yang hanya tersedia pada tingkat premium. Anda dapat menjual akun premium untuk orang-orang yang ingin menaikkan tingkat akun mereka. Harga akun yang dijual dapat ditentukan oleh Anda sendiri. 

 

38. Usaha Publisher Iklan

Apabila Anda memiliki website atau blog pribadi, Anda mungkin tertarik mencoba bisnis yang satu ini. Publisher iklan bertugas untuk memasang iklan dari klien di website atau blog milik publisher tersebut. Bisnis ini semakin berkembang semenjak pandemi karena tingginya permintaan di bidang digital advertising dari pelaku bisnis.

 

39. Jasa Sekretaris Virtual

Pekerjaan ini belum lama muncul sehingga banyak masyarakat yang masih merasa asing dengan pengertian dan tugasnya. Virtual assistant adalah orang yang memberikan dukungan kepada bisnis lain secara remote atau dari jarak jauh. Pekerjaan ini mirip dengan asisten di kantor tapi bedanya dilakukan secara online. 

 

Pada dasarnya tugas seorang virtual assistant adalah membantu perusahaan dalam urusan administrasi tapi kembali lagi dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Anda bisa menjadikan ini sebagai sebuah bisnis online yang menjanjikan karena dapat bekerja di mana saja, permintaan yang semakin banyak, dan dapat bekerja secara freelance.

 

40. Pemasaran Iklan Digital

Bisnis ini mirip dengan publisher iklan tapi bedanya adalah publisher iklan hanya terbatas pada website atau blog sedangkan pemasaran iklan digital mencakup hampir seluruh kegiatan marketing. Saat pandemi, permintaan akan bisnis pemasaran iklan digital atau digital marketing melesat dan menjadi bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Jika Anda memiliki kemampuan digital marketing dan ingin menawarkan jasa Anda kepada pelaku bisnis, maka bisnis ini layak untuk Anda coba. 

 

41. Top Up Game

Banyak orang yang semakin tertarik bermain game online membuat bisnis ini naik daun dan dicari oleh para gamers. Secara singkat, bisnis top up game merupakan bisnis yang menjual voucher game online kepada gamers yang ingin meningkatkan kemampuan bermain karakter game mereka. Voucher yang dijual berupa voucher untuk pembelian item-item karakter game dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

 

42. Admin Media Sosial

Saat ini pekerjaan sebagai admin media sosia banyak dicari. Seorang admin media sosial harus memiliki beberapa kemampuan seperti peka terhadap tren, kreatif, bisa berkomunikasi dengan baik, dan yang pasti pengguna aktif media sosial. 

 

Admin media sosial tidak hanya soal menata media sosia menjadi lebih rapi dan teratur tapi juga harus membuat konten yang relevan dan kreatif untuk followers-nya. Bisnis ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang memang aktif dan mencari pekerjaan yang berurusan dengan media sosial. 

 

43. Cloud Kitchen dan FnB

Pandemi membuat kita semakin waspada saat membeli makan dari luar. Apalagi sekarang banyak restoran yang tidak melayani dine-in atau makan di tempat. Untuk mengatasi hal ini, muncullah inovasi cloud kitchen yang merupakan restoran dengan konsep hanya melayani pesan-antar saja. 

 

Restoran ini hanya difungsikan untuk memproduksi makanan dari satu hingga beberapa merek sekaligus pula. Jika Anda tertarik dengan bisnis kuliner, Anda bisa mencoba bisnis cloud kitchen. 

 

44. Bisnis Jual Sepatu

Jika Anda suka dengan sepatu dan berpikir untuk menjalankan bisnis saat pandemi ini, maka bisnis jual sepatu dapat menjadi pilihan. Anda dapat menjajakan produk Anda secara online yakni melalui sejumlah platform media sosial maupun website. Usaha ini cukup menjanjikan dan dapat meraup pendapatan hingga jutaan rupiah.

 

45. Cryptocurrency

Melipatgandakan uang melalui bisnis cryptocurrency telah menjadi salah satu pilihan bagi generasi milenial. Bisnis mata uang digital semakin populer karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ada berbagai metode yang dapat digunakan saat melakukan bisnis ini. Pahami dan pelajari metode-metode tersebut agar Anda dapat memaksimalkan pendapatan.

  

46. Saham

Istilah “saham” sepertinya sudah terdengar tidak asing lagi. Banyaknya seruan untuk melakukan investasi saham membuat bisnis ini bisa menjadi tanah yang subur bagi Anda yang tertarik dan bisa melakukannya. 

 

Untuk dapat membangun bisnis saham, Anda perlu belajar dan memahami mengenai berbagai istilah, teknik, dan komponen yang ada dalam saham agar mudah bagi Anda memperoleh pundi uang yang berlimpah.

 

47. Forex

Forex (foreign exchange) atau valuta asing merupakan bisnis yang memperjualbelikan valuta asing. Investor yang membeli valuta asing bisa mendapatkan keuntungan dari selisih kurs mata uang saat dibeli dengan kurs saat ini. 

 

Bisnis ini cukup menggiurkan, pasalnya globalisasi dan pesatnya teknologi membuat mata uang asing semakin mudah untuk dijangkau. Untuk berbisnis forex pastikan Anda paham dengan cara bermainnya.

 

48. Jual Akun Game

Nah, ada satu bisnis lagi yang bisa digeluti oleh para gamers, yakni bisnis jual akun game. Singkatnya bisnis ini menjual akun game yang sudah dilengkapi dengan karakter level tinggi serta item-item yang canggih. Biasanya banyak orang mencari penjual akun game untuk mendapatkan karakter dengan paket lengkap agar dapat memenangkan banyak pertandingan. 

 

 

49. List Building

Salah satu langkah awal dalam membangun sebuah bisnis adalah dengan melakukan list building yakni dengan mengumpulkan database dari target bisnis Anda. Jasa list building jarang terdengar oleh masyarakat awam tapi penting bagi pelaku bisnis. Hal ini berarti bisnis list building memiliki peluang yang cukup besar karena jumlah pelaku bisnis semakin bertambah maka permintaan untuk list building juga ikut bertambah.

 

Baca juga: 3 Tips Mendapatkan Sumber Permodalan Untuk UKM

 

50. Survey Online

Peluang menghasilkan cuan juga bisa didapatkan melalui pengisian survey online lho! Anda hanya perlu masuk ke website survey online berbayar lalu membuat akun dan mengisi data diri Anda. 

 

Setelahnya Anda bisa mulai mengisi survey-survey yang dibuat baik oleh perusahaan maupun panel khusus survey online berbayar. Anda akan mendapatkan bayaran jika sudah selesai mengisi survey-nya.

 

51. Katering

Menjalankan usaha kuliner seperti katering bisa menjadi pilihan untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan. Kegiatan bisnis katering kecil-kecilan dapat dilakukan dirumah bersama dengan keluarga. Anda tidak perlu keluar uang untuk biaya sewa tempat dan hanya perlu modal untuk bahan makanan saja. 

 

52. Bisnis Konveksi

Untuk membangun bisnis ini, Anda tidak harus memiliki kemampuan dan pengetahuan menjahit yang luar biasa. Pengetahuan dasar dalam menjahit sudah cukup untuk membuat bisnis ini berjalan. 

 

Namun memang ada baiknya untuk memperdalam keahlian menjahit Anda agar penghasilan yang didapat juga bertambah. Modal awal untuk membuka bisnis ini cukup terjangkau dan juga Anda bisa bekerja dari rumah. 

 

53. Bisnis Kue

Membuka bisnis di bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Salah satu turunan bisnis kuliner yang banyak digemari saat ini adalah bisnis pastry. Adanya tren camilan semakin menaikkan pamor bisnis ini, belum lagi dengan segala inovasi kue-kue kreatif saat ini yang banyak digemari oleh anak muda. 

 

Bisnis ini dapat dilakukan dirumah sehingga mengurangi biaya untuk sewa tempat. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli bahan membuat kue. Bisnis kue kecil yang semakin berkembang dapat berubah menjadi usaha franchise dengan ratusan outlet.

 

54. Bisnis Frozen Food

Satu lagi bisnis bidang kuliner yang juga semakin diminati oleh masyarakat selama pandemi ini adalah bisnis frozen food. Kebutuhan akan makanan yang tahan lama, mudah disimpan, dan praktis menjadikan bisnis frozen food sebagai primadona di kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, dan pekerja kantoran.

 

55. Bisnis Tanaman

Modal untuk bisnis ini banyak dikeluarkan untuk pembelian bibit tanaman dan perlengkapan untuk bercocok tanam. Untuk memulai bisnis tanaman dibutuhkan pengetahuan yang cukup agar bunga dapat tumbuh dengan baik. Bisnis ini cocok untuk Anda yang memang tertarik dengan berbagai jenis tanaman.

 

56. Bisnis Aksesoris Rambut

Kreativitas diperlukan dalam membangun bisnis ini. Apabila Anda bisa dan ingin membuat aksesoris rambut yang otentik atau merupakan hasil karya Anda sendiri, maka bukan tidak mungkin bisnis ini dapat melesat dengan cepat. Sesuatu yang otentik sangat dicari oleh banyak orang. Namun, kalau Anda hanya ingin berperan sebagai distributor saja pun tidak masalah.

 

57. Event Organizer (EO) Webinar

Singkatnya bisnis event organizer merupakan bisnis yang menawarkan jasa untuk menggelar atau menjalankan acara. Peran EO dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menggelar suatu acara namun tidak memiliki waktu untuk mempersiapkannya. Skala acara yang ditangani pun beragam mulai dari yang kecil hingga besar tergantung dari permintaan klien Anda. 

 

58. Jasa Laundry Kiloan Online

Perlengkapan utama yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah mesin cuci, deterjen, setrika, dan pewangi baju. Rata-rata pelanggan dari bisnis ini adalah mahasiswa dan pegawai kantoran. Meskipun terkesan biasa saja, tapi bisnis ini dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan.

 

59. Bisnis Public Speaking Online

Apabila Anda memiliki passion dan atau kemampuan public speaking yang baik dan mumpuni, maka peluang bisnis ini bisa menjadi ladang penghasilan sampingan Anda. Cukup berbekal kemampuan public speaking, Anda sudah bisa membuka kelas untuk masyarakat yang ingin belajar public speaking

 

60. Bisnis Thrift Shop

Selama pandemi, bisnis thrift shop mulai banyak bermunculan. Usaha thrift shop adalah usaha jual beli baju bekas layak pakai. Bisnis ini menjadi pilihan banyak anak muda karena modalnya yang tidak besar dan cukup mudah untuk dijalankan. Thrift shop banyak dijalankan melalui platform media sosial dan harga baju yang ditawarkan biasanya lebih murah daripada membeli baru. Bisnis ini dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang tertarik untuk berjualan baju bekas secara online.

 

61. Guru Les Privat

Memulai bisnis les privat dapat Anda jadikan salah satu pilihan menambah pendapatan. Kemampuan yang diperlukan untuk membangun usaha ini adalah kemampuan mengajar dan penguasaan materi pembelajaran. 

 

Modal yang dibutuhkan tidak besar, cukup berbekal laptop Anda sudah bisa membuka usaha les privat. Selain itu Anda dapat memilih jenjang yang ingin Anda buka, mulai dari SD hingga SMA.

 

Nah, setelah membaca sampai habis, sekarang Anda jadi mempunyai gambaran untuk mulai berbisnis online, kan? Ingat, yang diperlukan dalam berbisnis adalah ketekunan dan strategi marketing yang baik.

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi