Menguak Alasan Bisnis Perlu Perencana Keuangan



Jika Anda adalah pelaku bisnis, maka Anda harus menyadari bahwa Anda pelaku aktivitas manajemen. Oleh karena itu, kerja-kerja manajerial perlu Anda lakukan agar bisnis optimal. Salah satu komponen dalam membangun suatu manajemen yang apik adalah melakukan fungsi planning (perencanaan). Banyak hal yang perlu direncanakan. Termasuk, masalah keuangan. Oleh karena itulah, sebenarnya setiap bisnis perlu perencana keuangan.

Namun sayangnya, tidak semua pebisnis memiliki kapasitas dan skill dalam merencanakan keuangan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan perencana keuangan dalam diri Anda? Tentu alangkah baik jika jawabannya iya. Hanya bukan berarti jika Anda tidak memilikinya lantas Anda disebut buruk. Toh, sebagai seorang pebisnis, Anda dapat memberdayakan orang lain yang memiliki kapasitas agar kegiatan perencanaan keuangan dalam bisnis bisa berjalan optimal. Benar kan?

Satu hal yang pasti, kegiatan merencanakan ini tak boleh luput dari bisnis Anda. Setidaknya, ada beberapa alasan yang bisa diuraikan. Mengenai alasan perlunya perencana keuangan dalam bisnis.

Memudahkan Pengelolaan dan Evaluasi Keuangan Bisnis Anda

Dengan memanfaatkan perencana keuangan. Anda sesungguhnya sedang berada dalam trek meningkatkan kualitas keuangan pengelolaan bisnis Anda. Begini penjelasannya, dalam bisnis, Anda tentu mengejar keuntungan yang terus bertumbuh bukan?

Untuk hal tersebut, tentu Anda perlu melakukan efektifitas dan efisiensi dalam pengeluaran keuangan untuk memutar laju bisnis Anda. Setiap aktivitas yang melibatkan uang otomatis akan lebih terukur penggunaannya.Perencana keuangan juga dapat membantu Anda untuk mengelola berbagai laporan keuangan sehingga Anda bertindak lebih tepat berdasarkan data yang benar. Harus dipahami, bahwa langkah yang tepat berangkat dari data yang akurat. Jika sudah demikian, tentu saja, kemajuan bisnis akan beriringan. Hanya masalahnya, Anda memerlukan perencana keuangan yang benar-benar right man on the right place.

Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi Secara Terencana

Anda harus pahami, bahwa yang namanya bisnis, jika ingin berkembang, perlu dijalankan secara profesional. Kadang kala bisnis kurang optimal dan jalan ditempat gara-gara pebisnis tersebut kurang profesional dalam merencanakan keuangannya. Misalnya ketika uang perusahaan seringkali habis tak terasa untuk kebutuhan pribadi. Ada juga yang terus menerus memikirkan keuangan untuk perusahaan sampai-sampai ia tak merasakan hasil dari bisnisnya untuk kepentingan pribadi. Hingga seolah keringatnya tidak berbuah kelegaan hidup. Di titik ini Anda perlu perencana keuangan yang mampu membuat dua hal ini tumbuh tanpa harus menafikan satu dengan yang lainnya. Bisnis maju, kebutuhan pribadi juga terus terpenuhi dengan optimal. Jika sudah on the track seperti ini, dijamin dua sisi kehidupan Anda menjadi lebih melesat dan dirasakan manfaatnya.

Membantu Bisnis Untuk Terus Berkembang

Ketika Anda ingin maju setahap demi setahap untuk mengembangkan bisnis Anda, pastikan bahwa setiap langkah Anda terukur dan tidak hanya berdasarkan insting emosional belaka. Dalam kasus tertentu, mungkin saja langkah bisnis terkait dengan target, prospek, investasi, pengambilan peluang, bisa benar dengan menggunakan langkah yang Anda ambil dari perspektif sendiri.

Namun, alangkah lebih baik jika Anda juga menggunakan jasa perencana keuangan yang memungkinkan untuk memberikan perspektif lain yang lebih terukur untuk menunjang langkah Anda. Sehingga visi dan misi bisnis dapat tercapai sesuai yang diharapkan.














< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi