Resepsionis merupakan peran yang sudah sangat lumrah ditemui, terlebih di industri yang mengedepankan hospitality seperti perhotelan dan restoran. Tidak hanya di hotel dan restoran, resepsionis juga kerap kali dibutuhkan di lobi depan perkantoran. Pekerjaan sebagai resepsionis dalam perkantoran dinilai penting karena resepsionis adalah “wajah” terdepan dari sebuah kantor.
Seorang resepsionis memiliki kewajiban untuk menjaga image kantor dan mewakili keramahan pelayanan suatu tempat. Oleh karena itu, seseorang yang bekerja sebagai resepsionis bukanlah dipilih secara sembarangan, melainkan mereka harus memiliki profesionalitas.
Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat
Dalam mengemban tugas dan pekerjaannya, berikut adalah beberapa tanggung jawab yang diemban oleh seorang resepsionis:
Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?
Dengan tugas yang sebagian besar bertumpu pada komunikasi, seorang resepsionis tentunya harus menguasai kemampuan komunikasi yang baik. Seorang resepsionis harus mempunyai kemampuan untuk mengatakan sesuatu dengan cara lugas, efektif, efisien dan ramah.
Kemampuan ini penting agar tamu merasa nyaman diperlakukan dengan ramah, jelas dalam menerima instruksi, serta memaklumi apabila kebutuhannya tidak dapat terpenuhi.
Selain kemampuan untuk berkomunikasi yang baik, seorang resepsionis juga harus berbekal pengetahuan umum dan khusus yang cukup agar dapat memberi pelayanan berupa solusi sementara kepada tamu sebelum akhirnya diteruskan pada pihak terkait yang lebih mengerti.
Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.
Lihat Solusi