Cintai Produk Dalam Negeri: 4 Alasan Penting Menggunakan Produk Lokal



Pidato Presiden Jokowi pada pembukaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 awal Maret lalu nampaknya berhasil mengangkat kembali perbincangan mengenai produk lokal ke tengah masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, selain menyerukan ajakan kepada masyarakat untuk lebih mencintai dan menggunakan produk-produk lokal, Jokowi juga menyerukan ajakan untuk membenci produk asing.

 

Saat ini sudah banyak produk lokal yang memiliki kualitas yang tidak kalah dari produk asing. Terutama brand-brand fesyen seperti pakaian dan sepatu. Sebagai contoh, siapa kini tidak mengenal brand sepatu sneakers lokal Compass.

 

Sepatu yang sudah muncul sejak tahun 1998 ini sukses mem-branding ulang dirinya pada 2018 lalu. Kini ia menjadi salah satu merk sneakers yang paling digandrungi masyarakat Indonesia karena memiliki harga yang murah namun dengan kualitas yang tidak murahan.

 

Namun, gempuran brand-brand asing ke Indonesia juga tidak bisa dibendung. Di era ekonomi global ini, masyarakat tentu bebas untuk menggunakan barang dari brand apa saja dari seluruh dunia. Meski begitu, semangat untuk terus menggunakan dan mengembangkan karya anak bangsa harus terus digaungkan.

 

Untuk itu, rasanya masyarakat perlu lebih mengetahui tentang keunggulan menggunakan produk atau brand lokal agar dapat terus membantu menggaungkan semangat tersebut. Berikut kami rangkumkan beberapa hal yang menjadi keunggulan dari menggunakan produk atau brand lokal buatan anak bangsa.

 

Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dan Menciptakan Lapangan Pekerjaan

 

 

Pandemi Covid-19 sejak tahun lalu telah memberikan dampak yang serius, terutama di sektor ekonomi dalam negeri. Daya beli masyarakat yang rendah telah menyebabkan anjloknya pertumbuhan ekonomi dan pendapatan negara.

 

Oleh karena itu, dalam upaya membangkitkan kembali ekonomi negara, pemerintah mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan konsumsi terhadap produk-produk lokal dalam negeri.

 

Pemerintah juga menegaskan bahwa konsumsi produk lokal akan menimbulkan efek domino yang positif. Jika konsumsi terus meningkat, maka roda produksi akan terus berputar. Hal ini kemudian juga akan meningkatkan ketersediaan lapangan pekerjaan.

 

Kualitas Produk Tinggi dengan Harga yang Lebih Terjangkau

 

 

Produk-produk lokal kini sudah terkenal memiliki kualitas dan mutu yang baik, serta dilengkapi dengan desain yang menarik. Indonesia memiliki kekayaan berupa material yang berkualitas Seperti pada produk sepatu, misalnya. Siapa kini tidak mengenal kualitas sepatu kulit dari Cibaduyut.

 

Selain itu, karena diproduksi di dalam negeri dengan material dari dalam negeri juga, maka ongkos produksinya menjadi lebih murah. Inilah yang membuat produk lokal mampu menyajikan barang dengan kualitas yang tinggi namun tetap dengan harga yang jauh lebih murah dibanding brand-brand asal luar negeri.

 

Melestarikan Kearifan Lokal

 

 

Selain mendukung dari segi pertumbuhan ekonomi negara, mengonsumsi atau memakai produk lokal merupakan sebuah bentuk mencintai tanah air. Barang-barang lokal yang dikenakan akan menjadi sebuah identitas bagi si pemakai.

 

Jika produk atau brand tersebut mampu terus menggaungkan namanya sampai ke pasar global, secara otomatis ia juga akan membawa nama Indonesia ke seluruh dunia. Terutama pada produk fesyen yang mampu mengangkat budaya lokal ke dalam karyanya.

 

Sejak dulu banyak desainer yang telah berhasil memadukan unsur-unsur lokalitas seperti corak dan motif tradisional ke dalam karya busananya. Selain meningkatkan keindahannya, hal ini juga berperan penting dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan kearifan lokal Indonesia yang beragam.

 

Membantu Menjaga Lingkungan dan Alam

 

 

Karena diproduksi di dalam negeri, maka perjalanan distribusinya otomatis jauh lebih pendek. Barang atau produk tidak perlu melalui perjalanan panjang melintasi berbagai negara untuk sampai kepada konsumennya.

 

Hal ini akan sangat berdampak pada berkurangnya jejak karbon yang ditinggalkan. Semakin singkat perjalanan, semakin sedikit bahan bakar transportasi yang digunakan. Semakin sedikit emisi karbon yang dihasilkan, maka udara dan alam akan menjadi semakin sehat.

 

Demikianlah beberapa keunggulan menggunakan produk-produk lokal yang perlu Anda ketahui. Semoga Anda menjadi semakin tertarik dan semakin menggencarkan konsumsi atau mengenakan brand atau produk buatan anak bangsa. Atau mungkin Anda justru tertarik untuk membuka bisnis dengan brand lokal Anda sendiri.

 

Mari bersama membangun Indonesia yang sejahtera dengan memilih dan meningkatkan kualitas produk lokal.

 

Jangan ragu untuk memulai bisnis. Kami hadir untuk membantu mengurus perencanaan bisnis Anda. Konsultasikan masalah bisnis Anda dan dapatkan solusi dari setiap permasalahan bisnis secara profesional langsung dari ahlinya. Hubungi Konsultanku melalui tautan di sini.

 

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi