Bisnis di bidang F&B adalah bisnis yang tak akan mati, mengingat produk makanan dan minuman merupakan kebutuhan primer manusia sebagai makhluk hidup. Dikutip dari Media Indonesia, lekangnya bisnis F&B berkaitan dengan peradaban manusia yang masih eksis. Artinya, demand kebutuhan pangan akan selalu ada.

 

an image

Ide Bisnis Minuman Online 2022: Bagaimana Peluang Bisnis F&B Tahun 2022?

Mengutip dari Databoks, sektor penyediaan akomodasi dan makan-minum mengalami pertumbuhan sebesar 1,91% di kuartal II tahun 2021. Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan pada kuartal sebelumnya yang terkontraksi 1,8%.

 

Dengan data pertumbuhan tersebut, bisnis F&B bisa dibilang masih memiliki peluang pertumbuhan yang positif. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis kuliner khususnya kategori minuman, berikut inspirasi 5+ ide usaha minuman online!

 

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

5+ Ide Bisnis Minuman Online 2022

1. Ide Bisnis Es Kopi Kekinian

Dewasa ini, bisnis kopi kekinian tengah melejit. Jika sebelumnya kopi identik dengan minuman kesukaan bapak-bapak dan orang tua, kini kopi juga jadi minuman favorit kawula muda. Tak hanya dikonsumsi saat nongkrong di cafe, tren bisnis kopi juga telah merambah ke sektor bisnis online.

 

Dengan terjadinya pandemi di seluruh dunia, kebiasaan nongkrong pun jadi digantikan dengan aktivitas yang stay at home. Imbasnya, orang-orang yang tadinya biasa menikmati kopi di kafe jadi cenderung memesan kopi secara online dari rumah.

 

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

2. Ide Bisnis Minuman Cold Pressed Juice

Selain kopi, ide bisnis minuman sehat seperti cold pressed juice juga memiliki peluang besar. Selain segar, minuman jus yang satu ini juga menyehatkan. Dengan merebaknya tren hidup sehat sejak pandemi, cold pressed juice bisa jadi pilihan untuk menambah nutrisi dari minuman.

 

Untuk memulai bisnis minuman cold pressed juice, modal utama yang Anda butuhkan adalah alat cold press juicer, buah-buahan segar, dan botol untuk kemasan. Anda juga bisa membuat kreasi sendiri dari kombinasi buah dan sayuran yang ada, seperti timun + buah pear + lemon atau bahkan buah apel + jahe + lemon. Namun, pastikan untuk menjajalnya sendiri sebelum dijual, ya!

 

3. Ide Bisnis Minuman Satu Liter

Banyak franchise cafe yang kini menyediakan varian minuman seliter, mulai dari Kopi Kenangan, Chatime, bahkan Starbucks sudah punya paket minuman satu liternya masing-masing. Banyak digandrungi bisnis minuman satu liter ini menunjukkan adanya demand dan respons yang bagus dari pecinta kopi kekinian.

 

Tak hanya kopi, Anda juga bisa meracik minuman non kafein untuk para pelanggan yang tak terbiasa dengan kopi. Ide bisnis minuman yang satu ini pun tak mesti dijajakan di kedai. Anda bisa mengeksekusi ide bisnis minuman satu liter dari rumah dengan memasarkannya secara online. Manfaatkan fitur-fitur promosi dan iklan yang disediakan oleh marketplace pilihanmu.

 

4. Ide Bisnis Sop Buah

Di siang hari yang panas, paling enak minum sop buah. Sehat, segar, dan nikmat dengan potongan buah-buahan segar di dalamnya. Modalnya cukup mudah dengan bahan-bahan yang sederhana karena tidak memerlukan alat khusus. Untuk menjalankan bisnis sop buah, yang Anda butuhkan adalah susu kental manis, air, es batu, dan potongan berbagai macam buah. Untuk takarannya bisa disesuaikan selera sambil diicip-icip, ya!

 

Biasanya, sop buah dijajakan secara offline di gerobak-gerobak dagangan. Namun, jika cuaca sedang panas-panasnya, terkadang kita jadi malas keluar rumah, bukan? Nah, dengan menjual sop buah secara online, pelanggan jadi bisa hemat waktu, hemat tenaga, sekaligus terhindar dari drama panas-panasan dan macet-macetan di jalan.

 

5. Ide Bisnis Minuman Es Jadul

Indonesia sebagai negara yang kaya akan jajanan kuliner juga memiliki berbagai varian es jadul, seperti es doger, es dawet ayu, es cendol, dan es bubur sumsum. Es jadul khas Indonesia cenderung memiliki rasa yang unik: segar, manis, dan ada sensasi rasa gurih dari santan. Sayang, es jadul kini makin sulit ditemui. Apalagi, persaingan dengan tren minuman-minuman kekinian jadi membuat es jadul makin terpinggirkan.

 

Oleh karena itu, model bisnis es jadul harus beradaptasi dengan perkembangan zaman agar mampu bertahan. Salah satunya adalah dengan mengalihkan media pemasaran dan penjualan es jadul ke platform-platform online seperti media sosial atau e-commerce. Dengan memanfaatkan fitur iklan dari platform-platform tersebut, bisnis es jadul pun jadi bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

 

6. Ide Bisnis Minuman Susu Jelly Segar

Ingin memulai bisnis minuman, tetapi mau yang proses membuatnya mudah dan cepat? Bisnis minuman susu jelly jawabannya! Hanya bermodalkan kulkas dan dua bahan, Anda bisa langsung memasarkan produk susu jelly-mu secara online!

 

Terbilang praktis, komposisi dasar minuman susu jelly hanya terdiri dari dua bahan: susu berperisa dan potongan jelly. Cara pembuatannya juga sederhana. Tinggal mencampur rata semua bahan, masukkan ke botol kemasan, lalu simpan di lemari es hingga dingin. Voila! Es susu jelly sudah siap untuk dijual.

 

Kesimpulan: Peluang Bisnis Online 2022

Setelah dikupas satu per satu, dapat diketahui bahwa ada banyak ide bisnis minuman online yang masih sangat berpotensi dijadikan peluang usaha. Selain peluang yang besar, produk dalam kategori bisnis minuman pun cenderung lebih mudah dibuat dibanding bisnis makanan.

 

Apapun bisnisnya, jangan lupa bahwa perencanaan dan pencatatan keuangan yang baik juga mengambil andil yang besar dalam kesuksesan bisnis.

 

Sebab, sebagus apapun ide bisnis, tanpa perencanaan dan pencatatan yang tepat, maka bisnis tersebut bisa jatuh kewalahan. Jadi, pastikan untuk mengerjakan atau menyerahkan urusan perencanaan dan pencatatan keuangan bisnis Anda di tangan yang tepat, ya!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi