Cara Aman Kelola Bisnis Rumahan



Mengelola suatu bisnis tentu tidaklah mudah, baik bisnis yang sudah ternama maupun bisnis yang masih merintis seperti bisnis rumahan. Cara mengelola bisnis rumahan sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dengan mengelola perusahaan besar. Perbedaannya hanya terletak pada permasalahan yang masih berkutit pada sekitar lingkup keuangan saja bagi bisnis rumahan, sedangkan bagi bisnis yang sudah besar, permasalahan tentunya akan lebih beragam. Namun, bagi Anda para pelaku bisnis rumahan, Anda tidak perlu khawatir. Simak tips berikut ini untuk menghindari adanya permasalahan dalam mengelola bisnis rumahan yang dapat berimbas pada masalah keuangan bisnis Anda! 
 
1. Lakukan Persiapan Secara Matang 
Tahap pertama sebelum memulai bisnis adalah melakukan persiapan. Dalam hal ini, Anda diharuskan untuk berpikir secara matang mulai dari menentukan ide bisnis yang akan dijalankan, berapa modal yang dibutuhkan, siapa yang menjadi targetnya, bagaimana strategi pemasarannya, serta hal apa yang membedakan bisnis Anda dibanding bisnis yang lain, dan sebagainya. Dengan begitu, risiko kegagalan bisnis Anda dapat diminimalkan dengan sebaik mungkin. Bisnis Anda akan berjalan dengan lancar, semakin dikenal oleh masyarakat, baik oleh kalangan konsumen maupun para pebisnis karena lebih praktis dan efisien dalam mencari peluang bisnis yang menjanjikan.  
 
2. Teliti Dalam Mengelola Keuangan 
Pelaku bisnis rumahan seringkali mendapatkan kegagalan dalam pengelolaan keuangan yang menjalankan bisnisnya rumahan ada pada pengelolaan keuangan yang sembarangan. Padahal, penting sekali dalam bisnis untuk mengelola keuangan secara profesional dan sengaja terpisah antara keuangan pribadi dan bisnis. Pastikan sejak awal urusan keuangan bisnis Anda dikelola secara profesional sehingga mudah untuk mengetahui keadaan asli keuangan bisnis Anda secara akurat. 
 
3. Hasilkan Produk yang Terbaik 
Salah satu yang menentukan suatu bisnis mampu bertahan atau tidak adalah kualitas produk yang baik, tidak kalah dengan produk keluaran dari bisnis yang sudah mempunyai nama. Bisnis skala rumahan akan lebih mampu bertahan jika adanya konsistensi dalam menjaga kualitas produk. Oleh karena itu, upayakan untuk mengutamakan kualitas produk yang akan dipasarkan kepada masyarakat. Lakukan pengontrolan secara berkala pada kualitas material atau bahan baku, proses produksi, sampai proses pengemasan hingga distribusi produk agar terminimalisir produk dengan kualitas buruk atau cacat yang tentunya akan mengecewakan konsumen. 
 
4. Bersikap Optimis 
Tak dapat dipungkiri, membangun rasa optimis merupakan hal yang cukup sulit bagi para pelaku bisnis ketika melihat besarnya persaingan di pasaran. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jalani bisnis dengan mencoba berfokuslah pada setiap peluang yang ada. Tidak perlu terlalu memikirkan apa yang menjadi rintangan dalam melangkah. Memperhitungkan besarnya pesaing memang sangatlah penting, namun jangan sampai karena hal itu langkah Anda terhenti. Bersikap tetap optimis terhadap apa yang diyakini akan menuntun Anda menuju jalan kesuksesan dalam berbisnis. Hal terpenting untuk dilakukan adalah terus belajar dan mencoba. Jika ditimpa kegagalan, maka bangkitlah kembali. 
 
5. Just Do It! 
Setelah semua telah Anda tata dengan baik, hal yang harus Anda lakukan adalah menjadikan semua gagasan dan rencana Anda terwujud dengan cara melakukan tindakan. Jangan hanya membuat cita – cita atau angan kosong tanpa adanya tindakan, karena jika seperti itu, maka apa yang Anda inginkan tidak pernah berujung nyata, Anda harus berani mencoba dan jangan takut gagal. Karena kita tidak akan pernah tahu jika tidak pernah mencobanya. 
 
Itulah beberapa cara dalam mengelola bisnis rumahan dari Konsultanku agar bisnis Anda dapat berjalan dengan baik dan terarah, semoga dapat membantu dan sekaligus menjadi motivasi Anda yang sedang berencana merintis bisnis rumahan. Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini sebelum Anda berani mencoba dan berusaha, tentunya diiringi dengan sikap optimis dan perhitungan yang matang. 
 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi