Tips agar WFH Tetap Asik dan Produktif



Sejak pandemi COVID-19 resmi masuk di Indonesia pada Maret 2020 lalu, banyak perusahaan yang mengambil kebijakan WFH atau kerja dari rumah bagi karyawannya. Skema kerja WFH masih banyak dijalankan hingga lebih dari tujuh bulan berlalu. Meskipun terlihat lebih enak bekerja di rumah, nyatanya banyak tantangan yang dialami selama Work From Home ini.

 

Tantangan muncul baik dari eksternal maupun internal. Misalnya tantangan eksternal, seperti banyaknya distraksi di rumah, yang mana pekerjaan profesional dan pekerjaan rumah saling tumpang tindih, atau terjadi miskomunikasi antar rekan kerja, serta kurangnya fasilitas di rumah. Terkadang, yang mengganggu skema WFH ini adalah tantangan dari dalam diri sendiri seperti kurangnya motivasi, stress, dan rasa bosan.

 

Untuk itu, Konsultanku ingin memberi beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap produktif selama bekerja di rumah.

 

1. Makan Teratur dan Minum yang Cukup

Jangan lupakan sarapan dan makan siang meskipun tetap berada di rumah. Nutrisi yang teratur dapat membuat Anda lebih bertenaga dan bersemangat dalam menjalani hari saat menyelesaikan tanggung jawab Anda. Selain makanan yang cukup dan bernutrisi, sebaiknya Anda juga memperhatikan asupan air yang cukup untuk tubuh Anda. Apabila tubuh terhidrasi dengan baik, maka Anda akan lebih mudah fokus.

2. Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Suasana kerja yang nyaman mencakup koneksi yang stabil, meja kerja yang rapi, suhu ruangan yang pas, dan suasana yang sebisa mungkin tenang. Suasana kerja yang baik akan mendukung Anda untuk membangun mood kerja yang produktif.

3. Gunakan Pakaian Kerja

Walaupun hanya di rumah, usahakan untuk tetap mandi dan berpakaian layaknya Anda berangkat ke kantor. Dengan menggunakan pakaian kerja, otak Anda akan menerima stimulus bahwa Anda sedang dalam keadaan bekerja. Hasilnya, Anda akan lebih fokus dan produktif dalam bekerja.

4. Komunikasikan dengan Orang Rumah

Distraksi seringkali datang dari orang rumah seperti anak yang mengajak bermain atau orang tua yang mengajak mengobrol. Sampaikan pada penghuni rumah dengan penuh empati bahwa Anda membutuhkan ruang sendiri untuk bekerja. Di sisi lain, sempatkan waktu bersama mereka setelah jam kerja selesai agar tidak ada yang merasa terabaikan.

5. Jaga Komunikasi dengan Tim

Miskomunikasi dengan tim seringkali menjadi pemicu tidak produktifnya skema kerja ini. Susun strategi komunikasi dengan tim agar tidak ada info mengenai pekerjaan yang terlewat. Selain membicarakan tentang pekerjaan, Anda juga bisa mengobrol tentang hal di luar pekerjaan dengan rekan kerja untuk menghindari rasa mumet dan bosan.

6. Buat Target

Target harian dapat berperan sebagai acuan bagi Anda agar tidak bekerja terlalu sedikit atau bekerja terlalu banyak. Pastikan target harian Anda tepat porsi dan tidak terlalu ambisius. Anda dapat menggunakan berbagai alat digital untuk membantu Anda menyusun target seperti Google Tasks dan Evernote.

7. Beristirahat Sesekali

Tidak ada salahnya sesekali beristirahat untuk menghilangkan penat saat bekerja dari rumah. Skema WFH yang mengharuskan untuk tetap berada di depan laptop tentunya melelahkan. Ambil waktu istirahat sejenak untuk mengistirahatkan postur tubuh dan mata agar setelahnya dapat bekerja kembali dengan semangat.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk tetap produktif selama work from home. Seperti halnya pekerjaan pada umumnya, kerap kali timbul masalah terkait menajemen keuangan maupun bisnis. Terlebih di masa pandemi ini yang menuntut kita untuk dinamis. Komunikasikan masalah perusahaan yang terjadi oleh tim untuk mendapat konsensus penyelesaian masalah. Apabila dibutuhkan, Anda tetap dapat mengakses bantuan konsultan profesional secara virtual melalui layanan solusi online consultation Konsultanku. Melalui solusi online consultation Konsultanku, Anda dapat bertemu secara virtual dengan mitra konsultan professional yang siap membantu Anda mencari jalan keluar permasalahan bisnis.

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi