Tutorial Perencanaan Bisnis Sederhana Bagi Pemula, Simak Juga Tipsnya!



Banyaknya kisah pebisnis muda yang sukses tak ayal memotivasi lebih banyak orang untuk mulai menjalankan bisnis sendiri. Bahkan, hasil penelitian Sea Group mencatat bahwa 24 persen dari 14.000 anak muda Indonesia bertujuan membangun bisnisnya sendiri.

 

Namun, tahukah kamu jika bisnis akan menjadi lebih jelas, rapi, dan terstruktur kalau kita membuat suatu perencanaan bisnis sebelum mulai menjalankannya?

 

Apa Itu Perencanaan Bisnis?

Pada dasarnya, perencanaan bisnis (business plan) adalah gambaran terkait bagaimana suatu bisnis atau usaha akan berjalan. Isinya mencakup strategi, konsep, tujuan, sasaran, dan target usaha. Hal-hal tersebut perlu dijabarkan dan direncanakan sebelumnya agar bisnis yang kamu jalankan memiliki tata perencanaan yang jelas.

 

Sulitkah Membuat Rencana Bisnis?

Sebelum benar-benar memulai bisnis, tentu kita ingin menyusun business plan sejelas dan serunut mungkin. Bagi pemula yang betul-betul baru ingin berkecimpung di dunia usaha, tentu masih memiliki kebingungan dalam menyusun perencanaan bisnisnya. Akan tetapi, jangan khawatir. Berikut ini, kami telah menyiapkan tips dan tutorial menyusun business plan yang dapat menjadi tolok ukur bagi teman-teman yang ingin segera memulai bisnis sendiri!

 

Sederhananya, perencanaan bisnis (business plan) biasanya terdiri dari persiapan, pemasaran, estimasi biaya, dan estimasi pendapatan sebagai berikut:

 

Baca Juga: Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (business plan)

 

Persiapan

Sesuai namanya, persiapan adalah tahap di mana teman-teman harus mempersiapkan segala sesuatu yang akan menunjang bisnis untuk bisa berjalan lancar, yakni:

  1. Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan,

  2. Mencari Sumber Daya Manusia atau tenaga kerja yang nantinya bertugas membantu kita dalam menjalankan bisnis,

  3. Menyediakan tempat usaha atau platform yang digunakan untuk memasarkan produk dan/atau jasa, serta

  4. Mengurus perizinan usaha atau legalitas lainnya.

 

Pemasaran

Pada tahap ini, kamu harus memikirkan cara yang paling efektif dan efisien untuk memasarkan produkmu. Apakah ingin memasarkan lewat media sosial, mendaftarkan produk di layanan pesan-antar, atau branding konvensional dengan memasang banner-banner dan poster?

 

Estimasi Biaya

Setelah menuntaskan tahap gambaran perencanaan dan pemasaran, barulah kamu dapat menyusun estimasi biaya yang dibutuhkan bisnismu berdasarkan kebutuhan-kebutuhan yang telah kamu paparkan pada tahap sebelumnya. Estimasi biaya mencakup rincian modal yang kamu butuhkan untuk membangun bisnis. Sebaiknya, buatlah juga estimasi modal untuk satu sampai tiga bulan ke depan agar kamu bisa memperkecil kemungkinan gulung tikar jika di tengah jalan terjadi hal-hal yang tidak terduga.

 

Estimasi Pendapatan

Selain estimasi modal, gambaran pendapatan bisnis juga sangat penting untuk dibuat perinciannya. Estimasi pendapatan ini juga bisa dijadikan target penjualan bisnismu agar uang yang digunakan untuk modal bisnis tetap bisa berputar dan menghasilkan keuntungan.

 

Nah, sekarang kamu sudah bisa mulai menyusun perencanaan sederhana untuk bisnismu. Jadi, jangan takut lagi untuk mulai berbisnis, ya!

 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi