Tips Bisnis: Pahami Apa itu Pengeluaran Bisnis dan Cara Mengelolanya!

Mustahil rasanya jika sebuah bisnis berjalan tanpa memerlukan biaya pengeluaran. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, penting bagi Anda untuk mengetahui seluk-beluk pengeluaran bisnis dan cara mengelolanya. Simak artikel ini untuk mengetahui apa itu pengeluaran bisnis,

an image

 

Pahami Apa itu Pengeluaran Bisnis dan Cara Mengelolanya

Salah satu hal yang penting untuk dimiliki dalam berbisnis adalah pemahaman akan setiap pengeluaran yang harus digelontorkan demi menjaga bisnis agar tetap berjalan.

 

Jika Anda salah memahami jenis pengeluaran saat mengelola atau melakukan pencatatan keuangan, akibatnya akan mempengaruhi keseluruhan keuangan perusahaan.

Baca Juga:
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Pentingnya Membuat Perencanaan Bisnis (Business Plan)

 

Apa itu Pengeluaran Bisnis

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengelola pengeluaran bisnis, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dulu tentang apa itu pengeluaran bisnis.

 

Dilansir dari Oracle Netsuite, business expenses atau pengeluaran bisnis adalah adalah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk menghasilkan revenue.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Pada dasarnya, business expenses merupakan uang yang dikeluarkan perusahaan ketika sedang berbisnis.

 

Pengeluaran ini biasanya dikeluarkan pada waktu-waktu tertentu, seperti membayar gaji atau tagihan bulanan.

 

Bedanya Pengeluaran Bisnis dengan Biaya Bisnis

Lalu, apa bedanya dengan biaya bisnis? Pengeluaran bisnis dilacak untuk mengetahui untung atau rugi sebuah bisnis dan dapat memengaruhi pajak.

 

Sedangkan, biaya bisnis memiliki lingkup lebih luas, yaitu menjelaskan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk produksi dan biaya lain, terlepas apakah hal itu dapat memengaruhi pemasukan.

 

Pentingnya Memantau dan Mencatat Pengeluaran Bisnis

Bagi setiap perusahaan, mengetahui pengeluaran adalah salah satu bagian kunci dalam kegiatan bisnis.

 

Dilansir dari majoo.id, perencanaan pengeluaran bisnis yang tepat dapat membantu memastikan keberlanjutan bisnis yang dijalankan, terlebih jika modal awal yang disiapkan cukup terbatas, sehingga efisiensi biaya bisa memberikan perbedaan yang luar biasa besar.

 

Seberapa penting memantau dan mencatat pengeluaran bisnis? Simak manfaat dari memantau pengeluaran bisnis berikut ini!

 

1. Membantu Ketepatan Alokasi Modal Bisnis

Dalam memulai bisnis baru, modal merupakan elemen yang penting. Sayangnya, tak semua pebisnis mampu menyiapkan jumlah modal yang sama besarnya.

Ada pebisnis yang mampu mengumpulkan modal yang lebih dari cukup, tetapi ada juga yang hanya sanggup mengumpulkan jumlah yang sangat mepet dengan batas. Perencanaan pengeluaran di awal akan membantu menentukan pos-pos pengeluaran sehingga berapa pun modal yang berhasil dikumpulkan, dapat memberikan dampak yang sesuai dengan harapan.

Bisnis dengan modal yang kecil pun dapat tetap bertahan dengan alokasi pengeluaran yang akurat,  bahkan bisa digunakan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis untuk ke depannya.

 

2. Mempersiapkan Situasi Tak Terduga

Tak selamanya bisnis akan berjalan dengan mulus. Apalagi bagi bisnis yang baru mulai dirintis, di mana risiko masalah yang akan dihadapi baru berupa proyeksi. Dalam menyusun perencanaan pengeluaran bisnis, pelaku usaha akan dituntut untuk menghitung potensi terjadinya risiko bisnis ini.

Tantangan-tantangan bisnis yang dihadapi akan dipetakan dengan lebih baik hingga perhitungan pengeluaran yang dibutuhkan untuk melewati masalah tersebut.

 

3. Mengasah Kemampuan dalam Melihat Peluang

Perencanaan pengeluaran bisnis tidak hanya terbatas pada penghitungan angka-angka saja, tetapi juga menuntut pelaku usaha untuk secara kritis mempertanyakan perencanaan pengeluaran yang sudah dibuat dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Tak jarang, dalam tahap perencanaan pengeluaran bisnis, pebisnis menjadi terpacu untuk melihat peluang lain yang bisa mengoptimalkan bisnisnya, contohnya seperti dengan mencari penyedia bahan baku yang lebih murah untuk menekan biaya produksi.

 

4. Mempersiapkan Pelaku Usaha dalam Memulai Bisnis Baru

Dengan perencanaan pengeluaran bisnis yang matang, pebisnis pun dapat lebih siap dalam menjalankan bisnisnya. Setiap operasional bisnis yang dilakukan dapat diperkirakan dengan lebih baik dan pebisnis akan lebih mudah untuk memastikan keberhasilan aktivitas tersebut.

Dengan adanya perencanaan pengeluaran bisnis, pebisnis akan lebih siap menghadapi setiap tantangan, tergantung dari sebaik apa proyeksi bisnis yang dilakukan saat menyusun perencanaan tersebut.

 

3 Tips Memantau Pengeluaran Bisnis agar Tidak Bocor

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan utama yang digunakan saat mencatat pengeluaran bisnis dan menentukan penghasilan kena pajak Anda. Laporan laba rugi menunjukkan gambaran pengeluaran dan pendapatan perusahaan Anda selama periode waktu tertentu.

 

Buka Rekening Bank Khusus untuk Bisnis

Pastikan bahwa rekening bisnis sudah terpisah dari rekening pribadi Anda. Melakukan pemisahan rekening akan mempermudah pelacakan business expenses karena antara transaksi pribadi dengan transaksi bisnis tidak campur aduk di satu rekening.

 

Simpan Semua Bukti Transaksi

Pastikan untuk menyimpan semua bukti pembayaran transaksi. Pertimbangkan untuk memindai tanda terima dan menyimpan salinan digital. Coba dan jadikan itu bagian dari alur kerja reguler Anda. Jika tidak setiap hari, cobalah untuk menyisihkan waktu yang sama setiap minggu untuk memindai dan mengatur kwitansi. Tulis tujuan bisnis pada tanda terima sehingga Anda dapat mengingatkan diri sendiri nanti, jika diperlukan.

 

Tinjau Transaksi Pengeluaran secara Teratur

Terakhir, Anda harus selalu meninjau dan mengkategorikan pengeluaran secara teratur. Periksalah setiap transaksi dan lacak pengeluaran Anda berdasarkan kategori. Dengan membandingkan pengeluaran Anda dengan pendapatan, Anda dapat melihat berapa biaya untuk menghasilkan sejumlah pendapatan dalam waktu tertentu.

 

Kesimpulan: Catat Pengeluaran Bisnismu

Setelah menyimak pembahasan di atas, tentu sekarang Anda menyadari pentingnya mencatat transaksi pengeluaran, bukan? Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam melakukan pencatatan seluruh transaksi bisnis? Jawabannya adalah laporan keuangan.

 

Laporan keuangan sangat penting untuk mencatat segala jenis cash flow (arus kas) yang nantinya akan sangat berguna dalam memantau segala transaksi pengeluaran sekaligus pemasukan bisnis Anda.

 

Selain itu, laporan keuangan yang kredibel juga dibutuhkan dalam pelaporan SPT Pajak dan pengajuan pinjaman bank untuk badan usaha.

 

Masalahnya, kesibukan sebagai pebisnis mungkin membuat Anda jadi tak sempat menyiapkan laporan keuangan. Meski begitu, jangan sampai Anda malah mengesampingkan penyusunan laporan keuangan.

 

Solusinya, Anda bisa menggunakan bantuan akuntan publik untuk mengurus laporan keuangan. Dengan menggunakan jasa akuntan publik, Anda tak hanya menghemat banyak waktu, tetapi juga mendapatkan laporan keuangan yang kredibel.

 

Tertarik untuk menggunakan jasa pembukuan dan laporan keuangan oleh akuntan publik? KLIK DI SINI untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Konsultanku!

 

konsultanku.co.id/chat

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi