Ingin Mengembangkan Bisnis? Hindari Kesalahan Ini!



Mengembangkan bisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Setiap pengusaha menginginkan bisnis yang dijalankannya sukses. Tetapi tidak sedikit bisnis kecil yang gagal dalam awal-awal tahun merintis karena melakukan kesalahan dalam bisnis yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Untuk menghindari kesalahan tersebut, pengusaha wajib belajar dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan agar bisnis yang dijalankannya menjadi lebih besar dan sukses.

 

Jadi, ingin mengembangkan bisnis Anda dalam jangka panjang? Simak artikel berikut ini sampai habis agar Anda terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dialami oleh bisnis yang masih berkembang.

 

Merasa Bisa Melakukan Semuanya Sendiri



 

Percaya dengan diri sendiri tidak selamanya baik. Saat baru terjun ke dalam dunia bisnis, melakukan semuanya sendiri mungkin baik untuk lebih mengenal bisnis yang Anda jalankan. Tetapi saat mulai berkembang dan Anda masih melakukan semuanya sendiri, bisnis yang diharapkan memiliki masa depan cerah, malah membuat Anda rugi.

 

Mungkin Anda sangat berbakat dan paham tentang bisnis yang dijalankan, namun akan ada hal-hal yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri. Anda harus bertindak dengan membentuk sebuah tim yang dapat mengerjakan tugas-tugas yang sebelumnya Anda kerjakan sendiri.

 

Tim yang dibentuk dapat membantu mengelola bagian bisnis yang kurang Anda suka, kurang ahli, atau tidak terlalu mendesak. Hal tersebut membuat Anda fokus terhadap bagian bisnis yang disukai atau paling penting.

 

Manajemen Keuangan yang Buruk



 

Tujuan seseorang membangun sebuah bisnis pada akhirnya adalah untuk menghasilkan keuntungan. Tetapi jika manajemen keuangan bisnis Anda buruk, bisnis Anda lama-lama akan menuju keterpurukan. Masalah-masalah yang disebabkan oleh manajemen keuangan yang buruk seperti salah perhitungan terhadap arus kas, laporan laba-rugi yang tidak transparan hingga terjadi penyalahgunaan dan penyelewengan.

 

Manajemen keuangan yang sehat sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. Sistem keuangan dan pembukuan yang diatur sejak awal dengan baik, akan membantu melihat gambaran yang jelas mengenai situasi keuangan bisnis Anda dan membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah dan teratur.

 

Jika mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan bantuan software atau aplikasi akuntansi. Software akuntansi dapat dengan mudah dicari di internet dan fungsinya juga akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda.

Terjebak Zona Nyaman


 

Dunia bisnis dan perilaku konsumen terus berkembang. Jika bisnis yang Anda jalankan ingin bertahan lama, Anda harus mengikuti perkembangan dunia bisnis dan perilaku konsumen. Pengusaha yang terjebak dalam zona nyaman lambat laun akan merugikan bisnisnya sendiri.

 

Pengusaha harus keluar dari zona nyaman agar dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang akan datang. Menciptakan strategi baru dan mempelajari perkembangan dunia bisnis dan perilaku konsumen dapat membuat bisnis Anda tidak tertinggal.

 

Tidak Memanfaatkan Teknologi


 

Pemanfaatan teknologi dalam bisnis yang Anda jalankan itu cukup penting. Memanfaatkan teknologi dalam bisnis memungkinkan Anda mengerjakan berbagai tugas dengan cepat, mudah, dan lebih efektif. Teknologi juga dapat memperluas jangkauan bisnis Anda menjadi tidak terbatas dan tetap kompetitif.

 

Misalnya dalam melakukan pemasaran, untuk menjangkau konsumen yang lebih luas pemanfaatan teknologi seperti marketplace memungkinkan produk yang Anda jual dapat dilihat oleh konsumen yang jaraknya ratusan kilometer dari bisnis Anda sekaligus mendapatkan calon-calon pelanggan baru.

 

Contoh lainnya dalam pengelolaan keuangan bisnis dan proses pembayaran pajak untuk usaha Anda, teknologi seperti software akuntansi dapat memudahkan pengelolaan keuangan sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengelola secara manual. Pengelolaan pajak untuk bisnis Anda juga dapat dipermudah karena saat ini terdapat platform online perpajakan membuat permasalahan pajak bagi bisnis Anda mudah dan cepat teratasi.


Jangan ulangi kesalahan yang sudah dijabarkan di atas jika ingin bisnis Anda berkembang dan menjadi sukses. Berbisnis memang tidak mudah, dengan mental yang kuat dan kemauan belajar yang tinggi, bisnis seperti apapun akan menjadi besar. Jika memiliki permasalah dalam menjalankan bisnis atau perpajakan, silakan hubungi Konsultanku. Konsultanku adalah platform konsultasi yang menghubungkan Anda dengan para ahli dan profesional dibidang hukum, akuntansi, keuangan, manajemen, dan pajak sehingga dapat menyelesaikan segala permasalahan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.konsultanku.co.id

 

 

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi