Tips Bisnis: 5 Cara Meningkatkan Profit Bisnis

Profit adalah salah satu tujuan utama dari bisnis yang dijalankan. Dengan profit, Anda dapat mengukur apakah perusahaan atau bisnis yang dijalankan dapat menguntungkan atau tidak. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa tujuan utama dari bisnis adalah mencari keuntungan. Oleh karena itu, tak heran jika pelaku bisnis berlomba-lomba meningkatkan profit bisnis mereka. Yuk, cari tahu apa itu profit dan bagaimana cara meningkatkan profit untuk bisnis Anda!

an image

 

Tips Bisnis Paling Jitu: Intip 5 Cara Meningkatkan Profit ini!

Pada artikel ini, kamu tidak hanya membahas mengenai cara meningkatkan profit, tetapi juga memberikan pemahaman mengenai apa itu profit dan pentingnya meningkatkan profit bagi bisnis.

 

Apa itu Profit Bisnis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti profit adalah untung, keuntungan, atau manfaat. Dalam ranah bisnis, profit juga sering disebut sebagai laba atau pendapatan bersih.

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Dilansir dari OY! Indonesia, profit adalah adalah nominal uang yang dihasilkan dari kegiatan penjualan dalam jangka waktu tertentu dan sudah dikurangi dengan biaya-biaya operasional. Istilah profit dikenal juga dengan sebutan pendapatan bersih.

 

Cara Menghitung Profit

Untuk menghitung profit, Anda harus menghitung besaran omzet terlebih dahulu. Sebab, nominal profit didapatkan melalui pemisahan antara laba bersih dan laba kotor. Setelah mengetahui nominal laba kotor, barulah kamu bisa menghitung besaran profit yang didapatkan.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

Profit = Omzet - Biaya Operasional

 

Adapun biaya-biaya operasional misalnya adalah harga pokok produksi, gaji karyawan, beban usaha, retur penjualan, pajak, dan lain sebagainya. Hasil dari hitungan inilah yang disebut dengan profit.

 

Strategi dan 5 Cara Meningkatkan Profit Bisnis

Untuk mendukung Anda dalam upaya meningkatkan profit bisnis, tentu diperlukan sejumlah cara dan strategi. Nah, berikut 5 cara meningkatkan profit yang dapat diaplikasikan dalam bisnis Anda!

 

Menambah Variasi Produk

Penambahan jumlah produk— baik itu barang maupun layanan— juga bisa meningkatkan keuntungan bisnis. Namun, sebelum memutuskan untuk menambah jumlah produk, ketahui dulu jumlah permintaan produk tersebut di pasar.

 

Setelah pendataan dan analisis pasar, barulah tahap penambahan variasi produk dan layanan bisa dilakukan.

 

Menaikkan Nilai Jual Produk

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa “ada harga, ada barang”. Maksudnya, konsumen cenderung akan membayar harga lebih demi mendapatkan produk berkualitas tinggi.

 

Maka, ciptakanlah produk yang berkualitas sehingga konsumen tetap setia menggunakan produk Anda. Selain bisa meningkatkan harga jual, produk yang berkualitas tinggi bisa membuat buat konsumen percaya dengan perusahaan Anda.

 

Meskipun ada produk lain dari brand yang berbeda, mereka tetap akan mencari produk Anda. Anda bisa menambahkan nilai lebih jika membeli pada toko anda misalnya kemudahan untuk mendapatkan produk saat ingin melakukan pembelian.

 

Memangkas Biaya Operasional

Strategi lainnya yang dapat digunakan untuk meningkatkan profit, yaitu dengan menyederhanakan proses bisnis dan menghemat biaya operasional.

 

Selain memberikan efisiensi waktu, memangkas biaya operasional bisa membuat ongkos produksi jadi lebih murah dan meraup profit yang lebih besar.

 

Jual Produk dengan Ukuran atau Paket Lebih Besar

Menjual produk atau layanan dalam ukuran pembelian yang lebih besar juga dapat membantu meningkatkan keuntungan atau profit bisnis.

 

Caranya, Anda dapat meningkatkan produksi kuantitas produknya, mengganti packaging dengan ukuran yang lebih besar, atau membuat paket bundling dari produk tersebut sehingga Anda dapat meningkatkan harga rata-rata dari setiap penjualan.

 

Gunakan Kemasan Ekonomis

Sebelumnya, kami menyarankan untuk menyediakan produk dengan ukuran lebih besar. Akan tetapi, mengubah kemasan produk menjadi lebih ekonomi juga dapat dijadikan sebagai trik untuk meningkatkan profit.

 

Contoh yang paling sering ditemui adalah produk shampoo. Umumnya, produk shampoo memiliki banyak variasi ukuran, mulai dari kemasan besar hingga sachet.

 

Pada kenyataannya, meski kemasan kecil lebih boros pemakaian dibanding kemasan besar, tetapi konsumen tidak akan merasa mahal karena harganya yang terlihat murah.

 

Kesimpulan: Pentingnya Meningkatkan Profit Bisnis

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, profit bisnis dapat memberikan gambaran terkait berkembang atau tidaknya bisnis yang Anda jalankan.

 

Melalui profit yamg diperoleh, Anda bisa mengalokasikan sebagian dana untuk mendongkrak ekspansi bisnis dan melakukan marketing yang lebih besar.

 

Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda diharapkan mampu meningkatkan profit bisnis. Selain 5 cara tadi, profit bisnis juga dapat ditingkatkan dengan membangun brand awareness bisnis Anda.
 

Yang terpenting, jangan lupa juga bahwa dalam berbisnis, persiapan yang dibutuhkan tidak hanya soal mencapai target profit yang diinginkan. Namun, Anda juga harus menyiapkan laporan keuangan yang kredibel.

 

Laporan keuangan sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda, diantaranya dalam hal pelaporan SPT pajak dan mengajukan pinjaman modal ke bank.

 

Oleh karena itu, percayakan laporan keuangan dan urusan perpajakan Anda pada ahlinya di Konsultanku. Tinggal KLIK DI SINI dan segala urusan Anda langsung beres!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi