6 Fungsi Penting Marketing



Marketing atau pemasaran merupakan hal yang penting dalam bisnis. Pemasaran adalah serangkaian aktivitas yang dilaksanakan untuk melakukan kegiatan pemasaran secara menyeluruh mulai dari merencanakan produk, menetapkan harga, strategi promosi hingga menciptakan rancangan strategi distribusi produk untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan para konsumen. Sehingga perusahaan mendapatkan profit atau keuntungan. Kegiatan marketing ini meliputi beberapa hal berikut, diantaranya melakukan riset analisis pasar hingga mengklasifikasikan kebutuhan para konsumen guna mempermudah sales saat melakukan pemasaran produk di lapangan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

Fungsi Marketing

 

Setelah Anda mengetahui pengertian marketing, berikut ini adalah beberapa fungsi dari kegiatan marketing untuk menunjang aktivitas bisnis yang perlu Anda ketahui.

Fungsi Riset

Salah satu kegiatan marketing adalah menggali informasi mengenai sebuah produk yang diperlukan oleh konsumen atau melakukan pengembangan dari produk yang sudah ada tentang kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semua datanya kepada perusahaan agar segera ditindaklanjuti. Kegiatan riset harus dilakukan oleh perusahaan atas performa produk dan pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian pasar ini dilakukan untuk mengetahui produk apa yang sedang diperlukan oleh konsumen. Dengan adanya kegiatan marketing ini, perusahaan akan lebih mudah dalam menganalisa kebutuhan konsumen, dapat lebih tepat sasaran dalam menentukan targetnya sehingga dalam proses pemasarannya produk yang dihasilkan dapat diterima pasar.


Fungsi Promosi

Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para marketer untuk memberikan informasi dan menawarkan suatu produk barang atau jasa dengan tujuan agar calon konsumen tertarik dan melakukan keputusan pembelian agar perusahaan dapat memperoleh hasil yang maksimal dan memuaskan. Kegiatan promosi ini beragam, mulai dari strategi penetapan harga, memberikan diskon, melakukan iklan berbayar, dan lain sebagainya.


Fungsi Distribusi

Produk yang telah dihasilkan tentunya akan dipasarkan ke khalayak ramai. Dalam hal ini, kegiatan marketing berfungsi untuk menerapkan perencanaan strategi yang baik dan benar agar bisa sampai ke tangan konsumen dengan cara pendistribusian yang tepat baik dengan cara dipindahkan, diangkut, dan disimpan. Marketing lah yang akan menentukan lokasi-lokasi yang potensial, dimana tempat barang/jasa tersebut yang banyak dicari. Misalkan pemindahan barang dari pabrik menuju ke tempat konsumen atau distributor, seperti supermarket dan lain sebagainya melalui darat, air atau udara.


Fungsi Penyediaan Sarana

Marketing berfungsi menyediakan sarana karena berkaitan erat dengan kegiatan yang mampu memandu jalannya operasional pemasaran. Fungsi ini meliputi segala proses pengumpulan informasi, komunikasi, penyortiran serta pembiayaan. Penyediaan sarana ini diklasifikasikan menjadi bebera fungsi yang terdiri dari info pasar, penanggulangan risiko, proses mengumpulkan, komunikasi, penstandaran, penyortiran, dan pembiayaan.


Fungsi Penjualan

Kegiatan marketing tentunya dilaksanakan untuk mendapatkan income yang memuaskan. Dalam hal ini marketing berfungsi untuk menghasilkan pemasukan bagi perusahaan dengan cara melakukan penawaran dan penjualan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan guna menciptakan penjualan yang dapat berupa aktivitas mempertemukan pembeli dan penjual. Proses ini dapat dilakukan secara langsung ataupun dengan perantara. Kegiatan penjualan adalah tahap awal dari pembelian, karena kegiatan pembelian tidak akan terjadi apabila tidak ada kegiatan penjualan.


Fungsi Perantara

Demi lancarnya kegiatan bisnis suatu perusahaan, perlu adanya cara untuk dapat tersalurkannya produk yang telah diproduksi oleh produsen kepada konsumen. Hal ini dilakukan melalui perantara pemasaran atau marketing yang bertugas menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara lain meliputi pembiayaan, pencarian informasi, pengklasifikasian produk, dan lain sebagainya.

 

Bagaimana? Sekarang Anda lebih mengerti kan fungsi penting marketing. Dalam menjalankan sebuah bisnis, pemasaran memang menjadi salah satu kunci penting agar usaha yang dijalankan berjalan dengan baik. Jika ada pertanyaan seputar bisnis Anda, silakan akses bantuan konsultan profesional secara virtual melalui layanan solusi online consultation Konsultanku. Melalui solusi online consultation Konsultanku, Anda dapat bertemu secara virtual dengan mitra konsultan profesional yang siap membantu Anda mencari jalan keluar permasalahan bisnis.
 

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi