Perdagangan Internasional: Pengertian, Faktor dan Manfaat



Setiap negara pada dasarnya tidak sanggup memenuhi semua kebutuhan negaranya akan barang atau jasa. Oleh karena itu tercetuslah kerja sama perdagangan suatu negara dengan negara lain guna memenuhi kebutuhan barang atau jasa yang tidak dapat dihasilkan di dalam negeri karena faktor tertentu.

 

Perdagangan ini dapat dilakukan oleh negara yang melakukan kerja sama secara ekonomi maupun sesama pengusaha antar negara. Hal ini guna menciptakan siklus dagang secara menyeluruh dan mendunia.

 

Pengertian Perdagangan Internasional

 

Perdagangan internasional dapat diartikan sebagai suatu kegiatan jual beli yang dilakukan kedua belah pihak dari negara berbeda. Aktivitas perdagangan tersebut dapat dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan negara lain, individu berlainan negara, individu dengan pemerintahan negara lain, atau bisa juga pemerintahan suatu negara dengan negara lain.

 

Perdagangan internasional dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan negara partisipasinya, yaitu perdagangan bilateral, regional, dan multilateral. Sementara dari segi bentuknya, jenis transaksi perdagangan internasional berupa ekspor-impor, konsinyasi, package deal, dan lain sebagainya.

 

Karena suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhan barang atau jasa, maka perdagangan internasional ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Negara yang membutuhkan atau membeli barang dan jasa dapat terpenuhi kebutuhannya dan bagi negara yang menjual atau menawarkan barang dan jasa akan mendapatkan keuntungan secara finansial.

 

Faktor Terjadinya Perdagangan Internasional

 

Perdagangan internasional terjadi karena adanya beberapa faktor pendorong. Faktor terjadinya perdagangan internasional antara lain adanya sumber daya alam melimpah di suatu negara. Sumber daya alam merupakan bahan baku untuk membuat sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan negara. Kebutuhan sumber daya alam inilah yang dapat memicu perdagangan antar negara lain yang kebutuhan akan sumber daya alamnya tinggi.

 

Faktor selanjutnya adalah adanya kebutuhan dalam negeri di sebuah negara. Misalnya saat di sebuah negara dapat memproduksi beras namun kebutuhan beras tersebut tidak mencukupi kebutuhan negaranya maka negara tersebut dapat membeli beras dari negara lain yang memiliki produk beras melimpah.

 

Perdagangan internasional juga menyebabkan terciptanya siklus ekonomi yaitu ada penjual dan pembeli. Kemudian kedua belah pihak yang melakukan perdagangan akan mendapatkan keuntungan masing-masing. Selain itu dengan adanya perdagangan internasional, sebuah negara dapat memperluas jaringan antar negara di seluruh dunia.

 

Keinginan antar negara untuk saling bekerja sama juga merupakan faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Kerja sama tersebut dilakukan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat secara umum dan negara.

 

Faktor terjadinya perdagangan internasional seperti yang telah dijabarkan membuat proses ekonomi akibat perdagangan dapat berlangsung secara terus menerus. Hal tersebut juga memperluas koneksi antar negara dan membuat perdagangan suatu negara menjadi lebih efektif.

 

Manfaat Perdagangan Internasional

 

Perdagangan internasional merupakan aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi setiap negara. Negara memanfaatkan perdagangan internasional guna meningkatkan Gross Domestic Product (GDP). GDP merujuk pada total nilai produksi barang dan jasa sebuah negara. Seiring dengan peningkatan nilai GDP, pertumbuhan ekonomi sebuah negara juga meningkat karena GDP merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi.

 

Banyak manfaat yang didapatkan oleh setiap negara yang melakukan kerja sama dalam perdagangan internasional, antara lain terbentuknya hubungan persahabatan antar-negara. Perdagangan internasional sangat bermanfaat bagi negara untuk membentuk relasi persahabatan dengan negara lain. Jika hubungan antar-negara berlangsung dengan baik, kemungkinan besar akan terjalin kerja sama antar negara tidak terbatas dalam perdagangan.

 

Perdagangan internasional juga dapat membuat sebuah negara memiliki spesialisasi dalam satu sektor ekonomi. Maksudnya, negara maupun masyarakatnya akan memiliki keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh negara lain dalam menghasilkan produk barang dan jasa. Selain itu, perdagangan internasional bermanfaat dalam meningkatkan kemakmuran sebuah negara. Aktivitas perdagangan internasional yang tinggi dapat membawa kemakmuran bagi setiap pelaku konsumen yang meliputi produsen, konsumen, dan pemerintah.

 

Aktivitas perdagangan internasional yang tinggi juga mengakibatkan terbukanya lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Semakin meningkatnya kebutuhan barang dan jasa, semakin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kegiatan produksi. Sehingga angka pengangguran sebuah negara dapat berkurang.


Itulah penjelasan singkat mengenai perdagangan internasional yang dapat memberikan dampak yang cukup baik bagi negara. Jika Anda memiliki bisnis dan berencana mengembangkan bisnis hingga lingkup internasional, konsultasikan saja strategi bisnis Anda bersama Konsultanku. Konsultanku merupakan platform yang menghubungkan Anda dengan konsultan ahli dan profesional di bidang pajak, legal, manajemen hingga keuangan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.konsultanku.co.id

 

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi