Dari Meme Bocil sampai Kentut Digital, Ini 4 NFT Teraneh yang Bernilai Fantastis!

Beberapa waktu terakhir, NFT (Nonfungible Token) jadi booming sejagat maya. Hal ini tak lepas dari pengaruh Ghozali, seorang pria yang mendadak trending di Twitter karena berhasil menjual foto selfie dirinya hingga ratusan juta rupiah sebagai produk NFT. Selain selfie-nya Ghozali, berikut 4 produk NFT teraneh yang laris dengan harga fantastis!

an image

5 NFT Teraneh Bernilai Fantastis: Dari Meme Bocil sampai Kentut Digital

NFT kian menjadi buah bibir masyarakat pasca viralnya akun Ghozali Everyday di OpenSea yang berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah hanya dengan menjual NFT berupa foto selfie.

NFT atau Nonfungible Token kurang-lebih sama dengan beberapa aset mata uang kripto. Bedanya, NFT tidak dapat dipertukarkan, tetapi dapat diperjualbelikan. Berbeda dengan kripto yang berupa mata uang, NFT diperjualbelikan sebagai aset digital.

Aset digital yang dipasarkan pun bermacam-macam, mulai dari karya seni digital, rekaman nyanyian hingga foto selfie seperti yang dilakukan oleh Ghozali.

Deretan Produk NFT Teraneh yang Bernilai Fantastis

NFT yang diperjualbelikan tidak terbatas pada aset digital berupa foto.Video, GIF, bahkan audio berisi rekaman suara pun bisa dijual sebagai NFT!

Meme “Side Eyeing” Chloe

Pada 2013, beredar video bertajuk “Side Eyeing Chloe”. Dalam video tersebut, terdapat seorang wanita bersama anaknya sedang mengendarai mobil. Wanita tersebut berkata pada putrinya, “Chloe, we’re going to Disneyland!”

Namun, alih-alih bersorak riang, Chloe kecil malah menatap kamera dengan pandangan khawatir. Video ini pun menjadi viral pada 2013 dan telah di-klik lebih dari 18 juta kali dalam waktu singkat. "Side Eyeing Chloe" kemudian beredar di seluruh dunia sebagai meme.

Pada September 2021, sang ibu akhirnya melelang meme tersebut sebagai NFT ke label musik 3F Music seharga 73.953 dolar AS. Hasil penjualannya ia gunakan untuk membayar pendidikan Chloe.

Cuitan Pertama Jack Dorsey

"Just setting up my twttr," cuit Jack Dorsey suatu hari pada tahun 2006. Kalimat tersebut menjadi cuitan pertama Jack Dorsey. Salah satu pendiri sekaligus CEO Twitter tersebut dikabarkan menjual cuitan pertamanya di Twitter sebagai NFT seharga $2,9 juta.

Jack Dorsey's First Tweet Will Be $2.5 Million

Dorsey mengatakan hasil penjualannya akan dikonversi menjadi Bitcoin dan disumbangkan ke GiveDirectly, sebuah badan amal yang membantu enam negara Afrika dalam menghadapi COVID-19.

Gif Nyan Cat

Nyan Cat dijual sebagai karya seni kripto yang unik – Netral.News

Awalnya, “Nyan Cat” hanyalah sebuah video animasi kucing terbang yang viral di YouTube hampir sepuluh tahun lalu. Video kucing dengan badan yang mirip Pop-Tart tersebut melayang-layang di udara diiringi jejak pelangi bersama dengan nada lagu pop Jepang. Ini memiliki lebih dari 185 juta tampilan di YouTube, dan telah menjadi gif di mana-mana di tahun-tahun sejak itu.

"Desain Nyan Cat terinspirasi oleh kucing saya Marty, yang menyeberangi Rainbow Bridge tetapi hidup dalam semangat," tulis penciptanya di halaman penjualan NFT Nyan Cat. Itu akan berakhir dijual seharga 300 ethereum -- $531.000.

Suara Kentut Digital

Saat lockdown diberlakukan mulai bulan Maret lalu, Brooklyn Alex Ramírez-Mallis— seorang pembuat film— bersama empat orang temannya mulai melakukan sebuah “ritual”, yakni saling mengirim rekaman audio kentut satu sama lain melalui obrolan grup di WhatsApp.

Ramírez-Mallis pun menggabungkan rekaman suara kentut teman-temannya yang dikumpulkannya dari obrolan grup selama setahun, lantas melelang audio sepanjang 52 menit tersebut sebagai NFT dengan harga $85.

Akan tetapi, seseorang di luar sana pada akhirnya bersedia membayar 0,24 ethereum atau setara $420, untuk NFT. Tambah lagi, selain menjual “gabungan kentut” sepanjang 52 menit, ia juga menjual NFT untuk rekaman kentut tiap individu secara terpisah. Beberapa diantaranya telah terjual, termasuk Kentut #420 seharga $90.

"Jika orang menjual seni digital dan GIF, mengapa tidak menjual kentut?" Ramirez-Mallis mengatakan kepada New York Post.

 
Nah, itulah empat NFT teraneh yang pernah terjual dengan harga fantastis. Bagaimana? Tertarik untuk berkecimpung dalam aktivitas jual-beli NFT?

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi