Yuk Cari Tahu Program PaDi (Pasar Digital) untuk UMKM!



UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah tengah mendapat perhatian dari Menteri BUMN Erick Thohir. Menteri yang juga seorang pengusaha ini ingin meningkatkan pendapatan dan potensi para pelaku UMKM dengan memberikan fasilitas PaDi.

Siapa Saja Dibalik Program PaDi (Pasar Digital) Ini?

Selain Kementerian BUMN, ada 9 BUMN yang mendukung program ini, antara lain PT Telkom Indonesia Persero (Tbk), Pembangunan Perumahan (PP), Wijaya Karya (WIKA), Waskita Karya, PT Pertamina, Pupuk Indonesia, Pegadaian, Bank Rakyat Indonesia (BRI), serta Permodalan Nasional Madani (PNM). Masing-masing BUMN tersebut mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda.

Yang pertama adalah PT Telkom Indonesia Persero (Tbk). PT Telkom bergerak sebagai pengelola informasi (secara terpusat) serta pemberi layanan pemasaran business-to-business (B2).

Yang kedua adalah BRI, Pegadaian dan PNM. Ketiga BUMN ini memberikan permodalan awal kepada para pelaku UMKM. Sedangkan BUMN yang lain mengawasi dan membawahi masing-masing satu Community Development Center (CMC) sesuai dengan bidangnya.

Manfaat Program PaDi (Pasar Digital) Bagi UMKM dan Pemerintah

Di masa pandemi seperti saat ini, tingkat kesejahteraan masyarakat turun drastis. Banyak yang terkena efisiensi, usaha terhenti, dan lain sebagainya. Dan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat adalah dengan memfasilitasi usaha mereka, salah satunya dengan program PaDi.

Program PaDi diciptakan agar bermanfaat bagi kedua belah pihak, yakni pelaku UMKM dan Pemerintah. Bagi pelaku UMKM, akan lebih mudah untuk memasarkan produk/ jasanya, mencari pelanggan yang terpercaya, dan mendapat bantuan modal.

Sedangkan bagi Pemerintah, proses lelang proyek akan menjadi lebih mudah dan efisien karena dapat melihat calon seller yang sudah terverifikasi. Dengan begitu, laju ekonomi akan berjalan lebih cepat. Makanya, Yuk, cari tahu lebih dalam tentang program PaDi (Pasar Digital) untuk UMKM!

Cara Mudah Daftar Program PaDi (Pasar Digital) untuk Usaha Anda

Karena Pemerintah betul-betul konsen pada percepatan ekonomi, maka cara mendaftar program PaDi pun dibuat sedemikian mudah dan sederhana. Yuk, daftar program PaDi (Pasar Digital) untuk UMKM!

Pertama, Anda harus membuka situs https://padiumkm.id/

Kedua, klik “daftar” pada halaman pertama (lihat di bagian kanan atas).

Ketiga, isilah kelengkapan data Anda pada Step 1. Data yang harus Anda isi meliputi Nama Perusahaan, NPWP, SIUP, TDP, NIB, Jenis Kegiatan Usaha serta BUMN Pengampu. Kemudian klik “berikutnya”.

Keempat, isilah Step 2. Di sini, Anda harus mengisi alamat perusahaan dan informasi pembayaran. Setelah selesai, klik “berikutnya”.

Kelima, isilah Step 3. Di laman ini berisi Person in Charge (PIC) perusahaan. Kemudian klik “berikutnya”.

Keenam, isilah Step 4. Yaitu dengan cara mengunggah file dengan format JPG atau PNG. File tidak boleh lebih dari 1 MB. Kemudian klik “daftar”.

Ketujuh, bukalah akun email Anda. Karena laman PaDi akan langsung mengirimkan tautan verifikasi untuk kemudian Anda klik. Setelah akun Anda diaktivasi, Anda bisa kembali login ke laman PaDi.

Kedelapan, tunggu pemberitahuan dalam 3 hari kerja. Pihak PaDi akan melakukan review dan verifikasi terhadap data yang sudah Anda isi. Jika perusahaan Anda lolos verifikasi, maka Anda bisa langsung bergabung dengan program PaDi.

Yuk, ikut program PaDi (Pasar Digital) untuk UMKM! Kita lawan pandemi ini bersama-sama bersama program PaDi dan Konsultanku. Indonesia pasti bisa.


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi