Ini Dia 5 Tips Cari Supplier dan Distributor Terpercaya untuk Bisnis Anda!

Bagi Anda yang bergelut dalam bisnis penyedia barang, tentu tak asing lagi dengan istilah supplier atau distributor. Sebagai gambaran, supplier adalah pihak yang memasok bahan mentah kepada pihak lain untuk dijadikan produk yang matang dan siap jual. Sementara itu, distributor adalah pihak yang menjual ataupun menyalurkan produknya kepada pihak pengecer (retail) agar bisa disalurkan ke konsumen akhir.

an image

 

5 Tips Mencari Supplier Terpercaya untuk Bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis penjualan barang— baik itu bisnis online maupun bisnis offline— memiliki langganan supplier atau distributor yang terpercaya adalah hal yang penting. Namun, ada kalanya Anda sebagai pemilik bisnis merasa kesulitan untuk mencari supplier atau distributor yang dapat dipercaya. Oleh karena itu, berikut kami rangkum 5 tips mencari supplier dan distributor yang bisa dipercaya untuk bisnis Anda!

 

Memantau dan Mencatat Perubahan Stok Barang dari Supplier dan Distributor

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mencari supplier atau distributor yang tepat adalah konsisten memantau dan mencatat perubahan stok barang. Dengan memantau dan mencatat pergerakan stok barang, Anda jadi bisa bernegosiasi dengan pihak pemasok mengenai kesanggupan mereka untuk pengadaan barang dalam jumlah tertentu. Jangan lupa, tanyakan juga pada supplier berapa lama mereka sanggup menyediakan barang yang akan dipesan.

 

Hal ini berdampak besar pada keberlangsungan bisnis Anda. Anda tentu tak ingin barang yang dipesan datang terlambat karena stok dari supplier kurang memenuhi kebutuhan Anda. Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin jika Anda lama kelamaan akan ditinggalkan konsumen.

 

Mencari Tahu Track Record Supplier atau Distributor

Hal yang tak kalah penting dari pemantauan stok adalah mencari tahu track record atau rekam jejak supplier. Di zaman yang serba digital ini, track record dan reputasi dari supplier ini cukup mudah untuk dilacak dan diakses. Anda bisa melihat testimoni konsumen lain dari akun media sosialnya.

 

Supplier yang memiliki reputasi baik, tentu memiliki kontak dan alamat yang jelas. Selain itu, mereka juga memiliki website yang mudah diakses dan dihubungi, pun menyediakan kolom tersendiri yang memuat testimoni konsumen. Jika testimoni pelanggannya cenderung bagus, maka Anda dapat mempertimbangkan supplier tersebut memang dapat dipercaya.

 

 

Perhatikan Harga Barang dari Supplier atau Distributor

Yang ketiga, setelah Anda mengetahui rekam jejak dari pemasok yang akan dipilih, cari tahu juga mengenai harga barangnya. Sebelum deal dengan harga yang mereka tawarkan, jangan lupa memastikan bahwa harga tersebut sudah sesuai harga pasar dan kualitas yang ditawarkan.

 

Pada tahapan ini, skill negosiasi Anda sangat dibutuhkan. Tujuan bernegosiasi tak lain tak bukan adalah untuk mencapai kesepakatan harga dan kualitas sebaik mungkin. Bernegosiasilah sesuai dengan jumlah barang yang akan diambil. Hitung pula harga yang berlaku di pasaran sejumlah barang yang dipesan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak over budgeting saat memilih barang yang ditawarkan.

 

Tanya dan Pelajari Kebijakan Pengembalian Produk

Tak hanya soal harga dan rekam jejak, kebijakan pengembalian barang (retur) maupun garansinya harus dipelajari sejelas-jelasnya.

 

Tak banyak supplier atau distributor yang berani mengambil keputusan mengenai kebijakan garansi penggantian barang. Terlebih, menggantinya dengan uang. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih supplier yang memang benar-benar memberikan garansi didampingi aturan secara tertulis yang memudahkan proses klaim garansi. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan barang terbaik dan meminimalisasi kerugian barang tidak sesuai.

 

Ajukan Sampel Produk pada Supplier atau Distributor

Kadang, dalam memilih supplier, Anda akan dihadapkan berbagai macam pilihan barang. Biasanya, baik supplier maupun distributor akan mengklaim bahwa barang yang diberikan memiliki kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

 

Namun, jika Anda merasa ragu dengan kualitas barang yang dijanjikan, tak ada salahnya untuk mengajukan sampel barang. Dengan melihat contoh sampel yang diberikan, Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk menggandeng supplier ini sebagai mitra bisnis atau mundur saja.

 

Nah, demikian 5 tips mencari supplier dan distributor yang terpercaya. Perlu diingat, dalam membangun bisnis, tak hanya pemilihan supplier saja yang perlu diperhatikan. Membuat laporan keuangan yang kredibel juga penting untuk memantau seluruh transaksi sehingga kemungkinan terjadinya fraud bisa dicegah.

 

Untuk itu, selain supplier yang terpercaya, bisnis Anda pun memerlukan jasa pembukuan dari akuntan yang terpercaya juga. KLIK DI SINI sekarang juga untuk memesan jasa pembukuan dari akuntan publik berpengalaman atau pelajari solusi akuntansi kami.

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi