Yuk, Memulai Bisnis Kaos Online dari Rumah!



Dunia fashion seakan tiada habisnya untuk dijelajahi. Ya! Kali ini, kita akan membahas seputar bisnis di bidang fashion. Bisnis kaos online menjadi salah satu pilihan yang bisa dijalani bagi Anda yang ingin memiliki bisnis busana. Peluang berbisnis kaos secara online juga semakin gencar dilakukan oleh masyarakat karena omzetnya yang cukup besar dan produknya yang selalu dibutuhkan. 

 

 

Bisnis Online yang Selalu Laris Manis!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa baju merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal. Permintaan untuk baju akan selalu ada karena memang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Produk kaos selalu menarik banyak peminat karena desainnya yang simple, bahannya yang nyaman dan dapat digunakan untuk berbagai momen.

 

Bisnis ini dapat dilakukan tanpa bertatapan langsung dengan pelanggan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa toko. Kelengkapan lain yang diperlukan cukup media sosial, modal untuk produk, niat, dan usaha, maka Anda sudah bisa berjualan dengan leluasa.

 

Baca juga: 30+ Peluang Usaha 2021 Yang Menjanjikan!
 

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak besar sehingga cocok untuk usaha sampingan. Modal yang Anda keluarkan akan lebih banyak terkonsentrasi di pembelian bahan baju atau stok bajunya bila Anda menjadi reseller sebuah brand, pemasaran, dan pengemasan. 

 

 

Bagaimana Cara Mengatur Bisnis ini?

Dalam mengatur bisnis ini, Anda perlu secara rutin memeriksa keadaan dari stok baju yang Anda buat atau yang dikirim oleh distributor, apabila Anda adalah seorang reseller. Pastikan baju yang akan dijual tidak memiliki cacat baik di luar maupun di dalamnya.
 

Anda juga perlu meng-update foto-foto yang dipajang di akun media sosial bisnis Anda. Periksa secara rutin dan buat perubahan yang dirasa perlu untuk membantu pembeli mengenal bisnis Anda dengan lebih baik. 
 

Baca juga: 17+ Ide Usaha Modal Kecil 2021: Bisa dari Rumah!

 

Salah satu pendukung utama keberhasilan sebuah bisnis adalah kegiatan pemasaran. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mengenalkan produk Anda ke masyarakat.  Pemasaran yang dapat Anda lakukan adalah seperti memasang iklan digital dan cetak, menyewa jasa influencer, melakukan kolaborasi dengan toko lain, dan sebagainya. Pilih mana yang paling sesuai dengan target pasar dan bisnis Anda. 

 

Hal penting lain yang harus dilakukan adalah mencatat segala transaksi bisnis Anda. Ini bertujuan untuk melihat keuntungan dan kerugian selama Anda berjualan. Buat laporan sederhana dengan membuat laporan-laporan kecil berikut: Laporan posisi keuangan/neraca, perubahan modal, arus kas, dan laba rugi. Simpan semua bukti transaksi agar memudahkan Anda melacak arus keuangan Anda. 

 

 

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak boleh melupakan kewajiban membayar pajak usaha. Jenis pajak yang harus dibayar terkait bisnis online adalah pajak penghasilan. Pajak penghasilan terbagi menjadi 2 jenis yaitu pajak penghasilan badan dan pribadi. 
 

Baca juga: 50+ Ide Bisnis Rumahan Online 2021: Cukup dari Rumah!

 

Bagi Anda yang menjalankan bisnis bersama beberapa orang lainnya dan membentuk badan atau kelompok maka Anda wajib membayar pajak penghasilan badan. Jika bisnis kaos online ini Anda jalani sendiri, maka Anda harus membayar pajak penghasilan pribadi. Perhatikan dengan cermat kategori pembayaran pajak penghasilan ini agar Anda tidak salah membayar. 
 

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai seluk beluk bisnis kaos online. Mungkin Anda bisa menjadi ini pilihan untuk ide bisnis online Anda. Semoga bermanfaat!

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi