Langkah Sukses Membangun Bisnis e Commerce

Pada artikel sebelumnya, Konsultanku telah membahas cara-cara membangun bisnis online dari nol. Masih berkaitan dengan topik tersebut, kali ini Compas secara khusus membawakan tips dan langkah-langkah sukses dalam membangun bisnis e-commerce.

an image

 

Peluang Bisnis e-Commerce di Indonesia

Ada banyak hal yang bisa dieksplor dari bisnis berbasis online, mulai dari digital marketing, cara membangun bisnis online dari nol hingga tips memilih platform bisnis yang tepat.

 

Jika berbicara mengenai pemilihan platform bisnis online, Anda tentu sudah familiar dengan berbagai kanal-kanal digital yang kerap dijadikan wadah dalam berbisnis, seperti media sosial, website toko, forum online hingga aplikasi e-commerce.

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Masing-masing platform bisnis memang memiliki keunggulannya tersendiri. Namun, jika sudah bicara mengenai platform bisnis online yang paling praktis dan mudah dijalankan, tentu e-commerce jawabannya!

 

Saat ini, salah marketplace dengan pengguna terbesar dipegang oleh e-commerce. Hal ini terkonfirmasi melalui hasil survei We Are Social pada April 2021. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa terdapat 88,1% pengguna internet di Indonesia memakai layanan e-commerce untuk membeli produk tertentu dalam beberapa bulan terakhir. Persentase tersebut merupakan yang tertinggi di dunia.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Dengan jumlah pengguna e-commerce yang begitu banyak, tak heran Indonesia jadi salah satu negara dengan pangsa pasar e-commerce terbesar.

 

Tips dan 5 Langkah Sukses Membangun Bisnis e-Commerce

Pangsa pasar yang besar tak hanya diikuti oleh peluang bisnis saja, tetapi diikuti juga dengan persaingan yang ketat. Begitu pula dengan bisnis e-commerce. Oleh karena itu, jika ingin memulai usaha e-commerce, Anda harus menerapkan strategi agar toko Anda bisa stand out di pasar e-commerce yang memiliki banyak pesaing.

 

Berikut ini, Konsultanku sudah menyajikan tips dan langkah-langkah sukses dalam membangun bisnis e-commerce.

 

1. Riset dan Tentukan Produk yang akan Dijual

Mulailah mencari ide untuk produk yang akan Anda jual. Anda pun harus tahu pula, di mana dan bagaimana cara untuk mendapatkan produk tersebut. Apakah Anda akan membuat sendiri, mengambil dari pemasok, atau menjual sebagai reseller? Selain itu, pikirkan juga di mana Anda akan menyimpan barang tersebut.

 

Kemudian, lakukan pengujian terkait apakah produk tersebut layak dijual atau tidak. Anda perlu melakukan pengujian kelayakan ini meski dalam skala kecil. Uji kelayakan secara sederhana dapat Anda lakukan melalui survei dan sampel produk.

 

2. Cari Supplier

Setelah mendapatkan produk, menilai potensi jualnya, dan menemukan pemasok produk tersebut, Anda siap untuk membuat rancangan bisnis. Sebelumnya, lakukan riset terhadap kompetitor dan lakukan inovasi agar produk Anda menjadi pembeda. Pastikan kualitas produk Anda juga lebih unggul untuk meningkatan perceived value dari pembeli.

 

Rancangan bisnis akan menjadi peta yang membantu jalannya pikiran dan tindakan. Rancangan bisnis juga hal yang penting untuk mengetahui mana yang prioritas dan bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru dengan efektif.

 

3. Mulai Atur Identitas Toko

Pertama, Anda harus memberi nama toko dan username Anda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa username yang dipilih masih tersedia. Setelah menemukan nama yang mudah diingat, waktunya membuat logo.

 

Kedua, Anda harus memahami dasar-dasar mengoperasikan toko online melalui aplikasi e-commerce yang Anda pilih. Pelajari cara melihat performa penjualan toko Anda, seperti banyaknya produk yang terjual dan jumlah pendapatan dalam periode tertentu.

 

4. Tentukan Metode Pembayaran

Hal lainnya yang tidak kalah penting dalam membangun e-commerce adalah menyediakan metode pembayaran. Pilihlah metode bayar yang memudahkan Anda dan konsumen melakukan transaksi.

 

Di e-commerce sendiri, fasilitas pembayaran biasanya telah tersedia. Anda tinggal memilih opsi pembayaran apa saja yang akan Anda terima. Kalaupun tidak ada, Anda bisa menggunakan metode pembayaran transfer bank.

 

5. Bersiap untuk Meluncurkan Toko di e Commerce

Saat toko e-commerce Anda sudah siap diluncurkan, inilah awal dari usaha keras Anda dalam memasarkan produk. Anda harus membuat strategi pemasaran digital bekerja dengan baik.

 

Sebagai menyokong, Anda bisa melakukan strategi pemasaran melalui media sosial atau fitur ads yang telah disediakan aplikasi e-commerce. Dengan menggunakan fitur ads, produk Anda akan muncul di urutan teratas pencarian.

 

Gunakan email marketing untuk memberi tahu produk terbaru, informasi potongan harga, dan berita terkini lainnya mengenai bisnis Anda.

 

Konsultanku Siap Membantu Urusan Pajak dan Akuntansi Bisnis Anda

Demikian pembahasan mengenai tips sukses dan langkah-langkah dalam membangun bisnis e-commerce. Setelah membaca artikel ini hingga tuntas, Anda diharapkan memiliki gambaran yang lebih jelas dalam merencanakan pembukaan toko di e-commerce.

 

Tak hanya itu, Konsultanku juga siap membantu urusan perpajakan dan akuntansi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Tunggu apa lagi, KLIK DI SINI untuk menjadwalkan konsultasi sekarang!

 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi