Memasuki akhir tahun, Anda mungkin banyak menemui campaign promosi akhir tahun pada berbagai kanal bisnis. Tak heran, sebab pergantian tahun dikenal sebagai salah satu momen yang pas untuk melakukan promosi besar-besaran. Bagi Anda yang tengah menjalankan bisnis dan sedang mencari ide promosi untuk menyambut akhir tahun, we got you! Berikut 5+ ide promosi bisnis akhir tahun yang dapat Anda jajal!

an image

 

5+ Ide Promosi Bisnis Akhir Tahun

Promo Bundle Natal

Ide promosi bisnis akhir tahun yang pertama yaitu dengan menawarkan promo bundle natal. Untuk meningkatkan keuntungan pada akhir tahun buatlah bundle dengan tema hari Natal. Bundle sendiri merupakan gabungan dari beberapa produk dan menjualnya sebagai satu kesatuan.

 

Tujuan dari adanya promo bundle natal adalah untuk menarik pelanggan agar membeli lebih banyak atau membeli semua produk dalam satu paket pembelian. Umumnya, produk yang termasuk di dalam bundle saling melengkapi satu sama lain, misalnya shampo dengan kondisioner atau tempat makan dan botol minum.

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Kupon Customer Loyalty

Ide promosi berikutnya adalah memberikan kupon customer loyalty khusus akhir tahun. Sesuai namanya, bonus yang satu ini dapat Anda berikan sebagai apresiasi khusus untuk pelanggan yang paling “setia” berbelanja di toko Anda.

 

Untuk ide promosi berupa kupon loyalty, Anda bisa memberikan berbagai benefit pada customer setia. Beberapa diantaranya adalah kupon penukaran produk gratis dan voucher diskon tanpa minimum pembelian.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Diskon 23% All Items

Diskon adalah salah satu jenis promosi terpopuler dan dapat digunakan untuk promo akhir tahun. Promo berupa diskon ini sangat cocok untuk pelanggan Anda yang hanya memasukkan barang mereka ke dalam keranjang, tetapi belum memiliki keyakinan untuk membelinya. Nah, diskon inilah yang akan menciptakan rasa urgensi.

 

Karena sebentar lagi akan menyambut tahun 2023, kurang lengkap rasanya jika campaign promosi tidak melibatkan angka “2023”. Salah satu bentuk promosi yang identik dengan tahun 2023 adalah memberikan diskon sebesar 23% untuk semua produk dengan minimal pembelian.

 

Flash Sale Khusus Akhir Tahun atau Tanggal Kembar

Seperti yang telah diketahui, platform e-commerce di Indonesia kini sudah mengimplementasikan ajang promosi besar-besaran saat tanggal kembar. Usut punya usut, event promosi tanggal kembar ini diadopsi dari campaign Black Friday yang ramai di luar negeri.

 

Untuk memeriahkan pergantian tahun, Anda bisa mengadakan flash sale event di akhir tahun atau melancarkan promosi di tanggal kembar terakhir tahun 2022, yakni pada 12 Desember (12.12). Dengan memanfaatkan campaign tanggal kembar dan “cuci gudang” akhir tahun, chemistry promo pun bisa lebih terdongkrak lagi.

 

Potongan Harga Rp23.000 dengan Minimal Pembelian

Serupa dengan ide promosi diskon sebesar 23%, pemberian potongan harga senilai Rp23.000 juga sama-sama memanfaatkan angka 2023 sebagai tanda kemeriahan pergantian tahun. Agar tetap mendapatkan keuntungan, Anda bisa menerapkan event promosi ini dengan memberikan minimal pembelian pada pelanggan.

 

Dengan ketentuan berupa minimal pembelian, maka pelanggan Anda pun jadi memiliki dorongan dan urgensi untuk memenuhi “minimal pembelian” tersebut. Hal ini mereka lakukan guna mendapatkan harga diskon.

 

ide promosi, promosi bisnis, promosi

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi