Beli Emas Batangan atau Perhiasan Emas?



Emas menjadi salah satu bentuk investasi yang sangat populer dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Harga yang cukup stabil dan cenderung mengalami peningkatan, membuat banyak orang semakin tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas. Lazimnya, investasi emas dilakukan dalam bentuk emas batangan maupun emas yang dibentuk perhiasan. Kedua jenis emas tersebut memiliki karakteristik serta keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

 

Pemilihan jenis emas akan memengaruhi nilai investasi Anda di kemudian hari, oleh karena itu sangat penting untuk mempertimbangkan sejak awal agar investasi yang Anda lakukan bisa membuahkan hasil yang maksimal. Baik emas dalam bentuk batangan ataupun bentuk perhiasan, keduanya memberikan nilai yang berbeda dalam investasi yang Anda lakukan. Untuk itu, simak beberapa poin di bawah ini sebelum memilih instrumen investasi yang terbaik untuk Anda.

 

Tujuan Investasi


 

Untuk menghindari kerugian dalam berinvestasi, Anda harus memahami tujuan melakukan investasi itu sendiri. Apakah Anda ingin berinvestasi dalam jangka panjang atau jangka pendek?

 

Jika Anda ingin melakukan investasi dalam jangka panjang, ada baiknya Anda melakukan investasi dalam bentuk emas batangan, sebab emas batangan akan memiliki nilai jual yang lebih stabil dibandingkan emas dalam bentuk perhiasan. Emas berbentuk perhiasan memiliki biaya pembuatan sekitar 15%-20% dari harga emas, jika Anda ingin menjual kembali biaya pembuatan tidak akan dihitung harga jualnya. Tetapi jika tujuan memiliki emas adalah untuk mempercantik diri, memilih emas dalam bentuk perhiasan sangat dianjurkan.

 

Harga Pasaran


 

Mencermati harga emas yang berlaku di pasaran sangat penting ketika Anda akan melakukan investasi dalam bentuk emas. Tunda niat Anda membeli emas apabila kondisi harga emas sedang tidak stabil selama beberapa pekan terakhir. Tidak disarankan untuk Anda berinvestasi dalam bentuk emas ketika harganya sedang melonjak tinggi, sebab dapat menimbulkan resiko kerugian ketika Anda ingin menjualnya kembali, terutama saat harga emas di pasaran merosot.

 

Jika Anda memang berniat untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan dan tidak memiliki masalah dengan harga emas di pasaran, sah-sah saja untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan. Tetapi saat ingin menjual kembali perhiasan emas Anda di kemudian hari, 15%-20% biaya pembuatan dari nilai emas tersebut tidak akan dihitung harga jualnya. Toko perhiasan hanya akan membayarkan sejumlah uang yang sesuai dengan nilai jual perhiasan emas tersebut.

 

Tempat Membeli Emas



 

Membeli emas di tempat yang aman dan terpercaya merupakan pertimbangan yang cukup penting dalam memulai investasi dalam bentuk emas. Anda akan terhindar dari penjual yang menjual emas palsu atau emas dengan kadar yang tidak sesuai dengan harga yang Anda bayar.

 

Emas batangan menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih saat ini karena dianggap sebagai bentuk investasi yang cukup ideal dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Harga jual emas batangan juga terbilang cukup tinggi dan stabil. Selain itu, kadar kemurnian emas batangan lebih terjamin karena setiap pembelian akan disertakan dengan sertifikat yang mencakup nomor id, berat, ukuran, serta tingkat kadarnya. Hal ini menjadi pertimbangan tersendiri dalam memilih investasi emas batangan, sebab uang yang dikeluarkan akan lebih terjamin dan aman.

 

Namun tidak semua orang memiliki akses untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan, karena layanan pembelian emas batangan hanya di beberapa kota besar saja. Seperti PT. Antam yang sudah terkenal dan terjamin dengan layanan jual beli emas batangan, gerai atau butik PT. Antam hanya terdapat di beberapa kota besar dan belum menjangkau daerah-daerah lainnya. Hal tersebut menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin memulai investasi dalam bentuk emas batangan.

 

Perhiasan emas selain untuk investasi, bisa digunakan sebagai aksesoris untuk mempercantik diri. Selain memiliki nilai yang tinggi, emas seakan-akan dapat mempertegas status sosial pemakainya.

 

Emas dalam bentuk perhiasan cenderung lebih mudah didapatkan, dibandingkan emas dalam bentuk batangan. Bukan hanya di kota besar saja, toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan dapat ditemukan di kecamatan atau kelurahan yang cukup jauh dari perkotaan sekalipun. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memulai investasi dalam bentuk emas. Tetapi, dalam membeli emas dalam bentuk perhiasan selalu ada kemungkinan Anda mendapatkan perhiasan emas palsu di pasaran atau kadar emas yang tidak sesuai dengan harga yang dibayar. Karena tidak semua orang memiliki keahlian untuk mengukur kadar emas yang mereka beli. Sangat disarankan untuk membeli perhiasan emas di tempat yang sudah sangat terpercaya dan terjamin kualitasnya sehingga Anda terhindar dari sejumlah kerugian.

 

Apapun pilihan investasi Anda, selalu pelajari dan cermati setiap kelebihan atau kekurangannya. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dengan kerugian yang minimal.

 

Jika Anda memiliki kesulitan terkait investasi, bisnis, hukum, ataupun pajak, segera konsultasikan bersama kami. Konsultanku akan mempertemukan dengan para ahli dan profesional di bidangnya untuk menemukan solusi masalah Anda. untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.konsultanku.co.id

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi