Langsung Paham! Begini Cara Pencatatan Laporan Arus Kas

Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki pemahaman tentang arus kas perusahaan Anda. Sebab, laporan arus kas (cash flow) memiliki pengaruh yang sangat penting untuk mengetahui kondisi perusahaan Anda dalam kondisi untung atau rugi. Oleh karena itu, pahami hal-hal dasar mengenai laporan arus kas dalam artikel ini!

an image

 

Laporan Arus Kas: Pengertian, Manfaat, dan Metode Pencatatannya

Untuk pemahaman yang lebih terperinci mengenai laporan arus kas, kami telah merangkum hal-hal dasar yang wajib diketahui pelaku bisnis, mulai dari pengertian, manfaat, hingga metode pencatatan laporan arus kas.

 

Apa itu Laporan Arus Kas atau Cash Flow Statement?

Cash flow statement atau laporan arus kas adalah sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu. Dalam arti sempit laporan arus kas artinya sebuah laporan keuangan yang menyajikan arus kas masuk dan kas keluar dari sebuah perusahaan.

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Gampang! Pahami Faktor Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi
Tahap Perencanaan dalam Proses Audit Laporan Keuangan

Laporan arus kas merupakan bagian dari laporan keuangan perusahaan yang dihasilkan pada satu periode akuntansi. Laporan ini menunjukkan aliran masuk dan keluar uang perusahaan.

 

Pentingnya Laporan Arus Kas bagi Bisnis

Tujuan dari laporan arus kas tak lain adalah untuk menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan dalam suatu periode akuntansi.

Laporan arus kas akan sangat berguna bagi perusahaan untuk memantau kondisi untung-rugi bisnis yang dijalankan. Berikut penjelasan mengenai pentingnya laporan arus kas bagi bisnis.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit
Bagaimana Cara Membuat Jurnal Penutup dalam Siklus Akuntansi?

 

Laporan Arus Kas untuk Mengevaluasi Kemampuan Perusahaan

Laporan arus kas akan membantu dalam mengetahui apakah sebuah perusahaan sehat atau tidak. Sebuah perusahaan yang sehat bisa dilihat dari kemampuannya dalam membayar kewajiban beban operasionalnya seperti gaji karyawan dan membayar dividen.

 

Laporan Arus Kas sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

Lewat informasi yang disajikan dalam laporan arus kas, pengguna atau perusahaan khususnya pihak manajemen bisa menggunakannya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Pengguna atau perusahaan juga bisa memanfaatkannya untuk menyusun strategi atau langkah kedepannya untuk menghadapi perubahan yang mungkin akan terjadi.

 

Laporan Arus Kas untuk Mengetahui Kemampuan Perusahaan

Laporan arus kas juga membantu perusahaan dalam mengetahui kemampuannya dalam menghasilkan arus kas. Oleh karena itu, laporan arus kas sangatlah penting bagi sebuah perusahaan atau bisnis.

 

Komponen Laporan Arus Kas

Untuk memahami cara menyusun laporan arus kas, Anda harus mengetahui terlebih dulu mengenai 3 komponen penting dalam sebuah laporan arus kas yang meliputi kas aktivitas operasi, kas aktivitas investasi, dan kas aktivitas pendanaan.

 

Kas Aktivitas Operasi

Bagian pertama dalam sebuah laporan arus kas biasanya adalah laporan kas aktivitas operasi. Bagian yang satu ini berhubungan dengan kegiatan operasional yang terjadi dalam sebuah perusahaan, baik itu pendapatan atau pengeluaran.

Bagian pendapatan biasanya akan mencatat pendapatan yang diterima seperti komisi, royalti, fee yang diterima, dan sejenisnya. Sementara itu, bagian pengeluaran berisi pembayaran gaji, pembayaran listrik, pembayaran sewa, dan sejenisnya.

 

Kas Aktivitas Investasi

Bagian selanjutnya adalah laporan kas aktivitas investasi. Perusahaan pasti sering melakukan investasi sebagai upaya untuk mengembangkan perusahaan.

Laporan kas aktivitas investasi biasanya berkaitan dengan akuisisi atau pelepasan aktiva dalam jangka panjang.

Akuisisi berkaitan dengan pengeluaran seperti membeli aset tetap, aset jangka panjang, dan juga aset tidak berwujud. Sedangkan pelepasan berkaitan dengan pendapatan seperti menjual saham, menjual tanah, menjual perlatan, dan sebagainya.

 

Kas Aktivitas Pendanaan

Bagian terakhir, yaitu kas aktivitas pendanaan biasanya berkaitan dengan kegiatan pendaan atau financing seperti injeksi atau membayar modal.

Bagian ini memiliki fungsi untuk mengetahui komposisi modal milik perusahaan, apakah modalnya bertambah atau berkurang karena digunakan untuk mendanai. Kas aktivitas pendanaan berkaitan erat dengan modal dan utang yang dimiliki oleh perusahaan. Contohnya seperti obligasi, melunasi kredit, membayar dividen, dan sejenisnya.

 

2 Metode Pencatatan Laporan Arus Kas

Dalam pembuatan laporan arus kas, ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu metode langsung dan tidak langsung.

 

Metode langsung (Direct Cash Flow)

Dalam metode langsung, Anda harus menambahkan semua jenis pengeluaran dan pemasukan kas, termasuk uang yang dibayarkan kepada supplier, penerimaan uang dari pelanggan dan pembayaran gaji karyawan.

Hitung angka ini dengan menggunakan saldo awal dan akhir dari berbagai akun bisnis perusahaan, lalu periksa pengurangan bersih atau penambahan yang ada.

 

Metode Arus Kas Tidak Langsung (Indirect Cash Flow)

Pada metode tidak langsung, penyusunan laporan arus kas melibatkan penyesuaian laba bersih dengan perubahan dalam neraca untuk mencapai jumlah uang tunai yang dihasilkan dalam aktivitas operasional.

Dalam metode tidak langsung, laporan arus kas dibagi dalam tiga kelompok yang dijelaskan sebelumnya yakni, arus kas dari kegiatan operasional, arus kas dari kegiatan investasi, dan arus kas dari pendanaan.

 

2 Contoh Laporan Arus Kas

Sebagai gambaran, berikut 2 contoh laporan arus kas berdasarkan metodenya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Laporan Arus Kas Metode Langsung

Di bawah ini merupakan contoh pencatatan laporan arus kas menggunakan metode langsung yang bisa dijadikan gambaran.

 

 

Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Untuk membuat laporan arus kas dengan menggunakan metode tidak langsung, Anda memerlukan beberapa langkah. Langkah awal dalam pembuatannya adalah dengan membuat laporan data laba-rugi. Berikut contohnya.

 

Kesimpulan: Pentingnya Laporan Arus Kas bagi Bisnis Perusahaan

Jika ditilik dari artikel di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa laporan arus kas sangat bermanfaat untuk bisnis perusahaan. Melalui laporan arus kas, Anda bisa memantau posisi untung-rugi dari bisnis yang dijalankan.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempercayakan pencatatan laporan arus kas Anda di tangan yang tepat. Dalam hal ini, “tangan tepat” yang dimaksud adalah akuntan publik yang tergabung dalam satu Kantor Akuntan Publik (KAP) terpercaya.

Kabar baiknya, Konsultanku telah bermitra dengan sejumlah KAP terpercaya yang beranggotakan para akuntan publik berpengalaman dan sudah lulus syarat kualifikasi Konsultanku. Jadi, Anda tak perlu risau lagi untuk menyerahkan urusan accounting and tax perusahaan Anda pada Konsultanku!

 

 

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempercayakan pencatatan laporan arus kas Anda di tangan yang tepat. Dalam hal ini, “tangan tepat” yang dimaksud adalah akuntan publik yang tergabung dalam satu Kantor Akuntan Publik (KAP) terpercaya.

Kabar baiknya, Konsultanku telah bermitra dengan sejumlah KAP terpercaya yang beranggotakan para akuntan publik berpengalaman dan sudah lulus syarat kualifikasi Konsultanku. Jadi, Anda tak perlu risau lagi untuk menyerahkan urusan accounting and tax perusahaan Anda pada Konsultanku!

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi