10 Perusahaan Big Ten Kantor Akuntan Publik Paling Prospektif untuk Lulusan Akuntansi

Pada artikel ini, Konsultanku akan menjelaskan kepada Anda mengenai perusahaan-perusahaan Big Ten kantor akuntan publik yang memiliki prospek paling menjanjikan bagi para lulusan akuntansi. Seluruh perusahaan yang akan kami sebutkan telah memperoleh ulasan yang baik dari para pegawainya. Tak hanya itu saja, hasil rata-rata rating yang diberikan kepada kesepuluh perusahaan ini juga sama memuaskannya.

an image

 

10 Big Ten KAP Prospektif untuk Lulusan Akuntansi

Berikut ini kami uraikan kepada Anda mengenai sepuluh big ten KAP prospektif untuk lulusan akuntansi.

1. Deloitte

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

Deloitte merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menjadi salah satu dari empat kantor akuntansi terbesar di dunia. Perusahaan ini telah didirikan sejak tahun 1845 dan berkantor pusat di London. Ada beberapa layanan yang diberikan oleh Deloitte, yaitu jasa audit, konsultasi, laporan keuangan, pajak, laporan risiko, dan hukum dengan lebih dari 345. 374 pegawai dan kantor yang telah tersebar lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Baca Juga:
Pahami 2 Metode dalam Mencatat Persediaan Barang Dagang!
PSAK 73 Sewa dan Dampaknya bagi Perusahaan
Pencatatan Dividen dalam Akuntansi
Penting! Jenis dan Bentuk Buku Besar yang Wajib Diketahui

 

Selama bekerja di Deloitte, seseorang bisa mendapatkan akses langsung dengan C-Level dan Partner sehingga membuat pengetahuannya bertambah dan juga bekerja sama dengan para rekan kerja yang solid. Sementara untuk masalah gaji, kisaran gaji yang diterima pada umumnya dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya level jabatan, level pendidikan, pengalaman, maupun kemampuan yang dimiliki. Namun, beberapa pegawai yang bekerja di Deloitte Indonesia menyebutkan bahwa gaji yang mereka terima dalam hal ini masih dikategorikan sebagai upah fresh graduate yakni sekitar di atas UMR Jakarta.

 

Namun, bagi yang sudah berada di posisi Risk Advisory Consultant, ia bisa mendapatkan gaji dengan range antara Rp10.000.000 - Rp15.000.000 di luar dari keuntungan lain yang ia terima seperti asuransi kesehatan, BPJS, overtime fee, dan lain-lain. Selain itu, Deloitte juga merupakan tempat yang tepat bagi para lulusan akuntansi yang ingin memulai karir di perusahaan dengan lingkungan pekerjaan yang nyaman dengan rating rata-rata sebesar 4.05 / 5.00.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Menghitung Payroll Gaji Karyawan?
Cara Membuat Laporan Keuangan
Fungsi dan Pentingnya Purchase Order Bagi Bisnis
Stock Opname: Pemahaman dari Sudut Pandang Operasional dan Audit

 

2. Ernst & Young Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

Ernst & Young (EY) merupakan salah satu dari the Big Four Auditors di dunia dan berpusat di London, Inggris. EY memiliki empat jasa utama yaitu asuransi, pajak, konsultan maupun layanan konsultasi transaksi. Hingga saat ini, tercatat bahwa perusahaan EY ini sudah memiliki sekitar 300.000 lebih orang pegawai dan terdapat 700 kantor di 150 negara.

 

Jika mengacu pada pengalaman bekerja di EY dari seorang Junior Tax Consultant, diketahui bahwa pada saat awal masuk tentunya ia diberi training yang komprehensif sehingga ia bisa lebih paham mengenai perpajakan di Indonesia. Pelatihan-pelatihan tersebut dilaksanakan oleh EY hampir setiap minggu. Selain itu, ada juga training session langsung dari Manager atau Senior Manager mengenai masalah-masalah perpajakan.

 

Kemudian, untuk masalah gaji, diketahui bahwa pegawai tetap di EY akan mendapatkan gaji yang cukup besar. Tak hanya itu saja, diberikan pula tunjangan maupun keuntungan lainnya seperti THR, asuransi, gaji lembur, dan sebagainya. Dari hasil rata-rata rating berbagai job portal menurut ulasan pegawai tetap maupun intern, perusahaan EY Indonesia berhasil mencapai skor 4.15 / 5.00.

 

3. PwC Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

PricewaterhouseCoopers atau dikenal dengan PwC merupakan perusahaan yang menawarkan jasa profesional berskala global dan menjadi salah satu dari empat firma akuntansi terbesar di dunia. Saat ini, PwC telah beroperasi di 158 lebih negara dengan total 276.000 pegawai dari seluruh wilayah Amerika, Asia, Eropa Barat, Timur Tengah, dan Afrika.

 

Berbicara mengenai pengalaman bekerja, maka salah satu pegawai di PwC Indonesia mengatakan bahwa bekerja di perusahaan tersebut dapat menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan networking secara global. Selain itu, PwC Indonesia juga bisa jadi tempat pengembangan diri melalui berbagai hard skill maupun soft skill yang dibutuhkan.

 

Untuk masalah gaji, dilansir dari Black Garlic, gaji yang bisa didapatkan oleh fresh graduate berkisar dari Rp6.000.000 - Rp8.000.000 bagi Associate Level. Lalu, hasil rata-rata rating yang diberikan oleh berbagai job portal pun sangat baik, yakni PwC berhasil mencapai skor 4.45 / 5.00.

 

4. KPMG Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

KPMG adalah sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Amstelveen, Belanda, dan telah didaftarkan juga sebagai badan hukum di Britania Raya. KPMG telah beroperasi di 158 lebih negara dengan total 276.000 pegawai dari seluruh wilayah Amerika, Asia, Eropa Barat, Timur Tengah, dan Afrika.

 

Menurut ulasan dari berbagai karyawan yang telah memiliki pengalaman bekerja di KPMG Indonesia sebagai seorang Tax Consultant, diketahui bahwa ia mendapatkan pengalaman bekerja yang baik meliputi suasana kerja yang nyaman, teamwork yang solid, dan kompensasi. Gaji yang ditawarkan pun terbilang cukup memuaskan untuk para intern maupun fresh graduate, yakni mulai dari Rp5.000.000 - Rp7.000.000 per bulan untuk bidang akuntansi.

 

Namun, harap diingat bahwa kisaran gaji tersebut akan disesuaikan berdasarkan posisi, jangka waktu bekerja, serta pengalaman. Sementara perihal rating, hasil rata-rata rating untuk perusahaan KPMG Indonesia berhasil mencapai skor 4.20 / 5.00.

 

5. BDO Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

BDO Indonesia merupakan anggota dari BDO International Limited, sebuah jaringan akuntan publik, pajak, dan firma penasihat terbesar kelima di dunia yang berkantor pusat di Zaventem, Belgia. BDO telah melayani klien lebih dari 1.658 kantor di 167 negara dan wilayah dengan 91.054 tenaga profesional di seluruh dunia. Sedangkan BDO Indonesia sendiri, telah memiliki 55 mitra dan direktur serta lebih dari 800 tenaga profesional.

 

Ketika mulai bekerja di BDO Indonesia, para pegawai baru akan diberi kesempatan untuk bisa belajar lebih dalam lagi dan mempertajam kemampuan auditing dan akuntansi di berbagai perusahaan yang bergerak dalam industri yang berbeda-beda. Untuk masalah gaji, gaji yang ditawarkan untuk posisi auditor berkisar pada angka Rp5.000.000 - Rp7.000.000 per bulan untuk fresh graduate. Hasil rata-rata rating dari BDO Indonesia sendiri mencapai skor 4.10 / 5.00.

 

6. RSM Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

RSM Indonesia merupakan salah satu kantor akuntan publik dan konsultan yang menyediakan jasa dalam bidang audit, perpajakan, dan konsultasi dalam organisasi. Perusahaan ini sudah berdiri lebih dari tiga dekade dan mempunyai 860 kantor di berbagai negara dengan 43.000 tenaga profesional di seluruh dunia.

 

Menurut ulasan dari pegawai RSM, perusahaan ini merupakan tempat yang bagus untuk memulai karir sebagai auditor, serta untuk belajar dan mengembangkan ilmu akuntansi serta audit. Untuk masalah gaji, range yang ditawarkan adalah sekitar Rp5.000.000 - Rp10.000.000 per bulannya tergantung pada posisi dan besarnya tanggung jawab yang diberikan. Hasil rata-rata rating untuk perusahaan RSM Indonesia sendiri mencapai skor 4.45 / 5.00.

 

7. Grant Thornton LLP

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

Grant Thornton adalah jaringan akuntansi dengan total pendapatan terbesar berbasis jasa terbesar ketujuh di dunia. Perusahaan ini memiliki 50.000 pegawai di lebih dari 135 negara. Di Amerika Serikat perusahaan ini menjadi organisasi akuntansi terbesar keenam dengan 59 kantor, sekitar 8.500 pegawai, 550 mitra, dan tercatat memiliki pendapatan tahunan lebih dari US$1,9 miliar.

 

Dari berbagai ulasan, diketahui bahwa Grant Thornton Indonesia merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin bekerja di lingkungan yang saling mendukung. Untuk gaji yang diterima pun terbilang memuaskan, yakni sekitar Rp5.000.000 untuk para fresh graduate, belum termasuk biaya lembur. Hasil rata-rata rating untuk Grant Thornton Indonesia sendiri sukses mencapai skor 4.10 / 5.00.

 

8. Crowe Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

Crowe Indonesia merupakan salah satu firma akuntansi dan teknologi terbesar di dunia, dengan lebih dari 600 profesional dengan lebih dari 500 klien per tahun. Jaringan ini telah memiliki total 36.540 tenaga kerja profesional yang tersebar di 130 negara.

 

Menurut ulasan dari pegawai Crowe Indonesia yang bekerja sebagai auditor, diketahui bahwa ia mendapatkan kesempatan dalam mempelajari prosedur audit dari berbagai jenis industri sehingga bisa menambah ilmu serta pengalamannya. Lalu untuk perihal upah, maka gaji dan tunjangan yang ditawarkan berada di kisaran Rp5.000.000 - Rp6.000.000 per bulannya untuk level junior/associate. Hasil rata-rata rating untuk perusahaan Crowe Indonesia adalah 4.00 / 5.00.

 

9. Mazars Indonesia

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

Mazars adalah firma audit, pajak, dan penasihat berskala internasional. Perusahaan ini telah hadir di lebih dari 90 negara dan wilayah, dengan lebih dari 44.000 tenaga profesional dan lebih dari 28.000 mitra.

 

Jika mengacu pada beberapa ulasan, diketahui bahwa perusahaan ini mempunyai lingkungan kerja yang nyaman serta pegawai yang mampu bekerja secara tim. Untuk masalah gaji, maka kisaran gaji yang diterima memiliki range di antara Rp5.000.000 - Rp10.000.000 per bulannya. Hasil rata-rata rating pun menunjukkan bahwa Mazars Indonesia berhasil mencapai skor 4.55 / 5.00.

 

10. KAP Anwar & Rekan

big ten kantor akuntan publik, big ten kap

Perusahaan ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan layanan akuntansi dan konsultasi bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis dari klien. Layanan yang ditawarkan oleh KAP Anwar & Rekan adalah layanan jaminan, akuntansi, dan keuangan perusahaan. Sampai saat ini, KAP Anwar & Rekan memiliki 51-200 pegawai dengan kantor pusatnya berada di Setiabudi, Jakarta.

 

Menurut salah satu Junior Auditor di KAP Anwar & Rekan, KAP Anwar & Rekan merupakan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin terlebih dahulu belajar atau memiliki pengalaman mengenai dunia auditing. Pasalnya, perusahaan tersebut akan mengajarkan bagaimana menggunakan Excel dan Word yang lebih efisien, serta mengenai tugas audit dan bekerja di dalam tim.

 

Untuk masalah gaji, bagi posisi Junior Auditor biasanya berkisar di antara Rp4.000.000 - Rp. 5.000.000. Selain itu, ada pula bonus berdasarkan kinerja serta bonus tahunan untuk pegawai tetap. Hasil rata-rata rating menyebutkan bahwa KAP Anwar & Rekan berhasil mencapai skor 3.80 / 5.00.


 

Kesimpulan

Pada intinya, mulai dari Deloitte hingga KAP Anwar & Rekan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mulai terjun ke dunia akuntansi secara profesional. Semuanya menjanjikan lingkungan kerja yang nyaman bagi Anda untuk memulai karir dan belajar ilmu-ilmu baru. Selain itu, terlepas dari masalah gaji, semua perusahaan tersebut menyajikan dua hal yang sangat berharga: pengalaman dan relasi. Dengan dua hal tersebut, Anda dapat memperoleh sesuatu yang lebih berharga dari sekadar pundi-pundi rupiah.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi