Dear Milenial, Yuk Siapkan Rencana Keuangan Tahun 2021



Kesuksesan finansial dapat diraih dengan perencanaan keuangan yang matang. Perencanaan keuangan ini sangat penting lho untuk mengatur aktivitas keuangan sehingga mencegah defisit dan Anda bisa terhindar dari hutang.

 

Selain itu, perencanaan keuangan juga efektif untuk meraih tujuan finansial yang ingin dicapai. Misalnya untuk mengumpulkan modal usaha, membeli rumah, atau mewujudkan keinginan berlibur di suatu tempat.

 

Sebenarnya rencana keuangan adalah pengalokasian dari penghasilan dalam satu bulan untuk membeli kebutuhan, membayar tagihan, investasi dan simpanan.

 

Pada dasarnya, rencana keuangan dapat memberi manfaat bagi Anda, yang diantaranya adalah:

  • Dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi keuangan Anda saat ini, sehingga Anda dapat menyesuaikan gaya hidup dengan uang yang Anda miliki.

  • Dapat menunjukkan alokasi dana dengan lebih jelas, sehingga pembagian pengeluarannya dapat lebih sesuai.

  • Dapat memberi motivasi untuk mengumpulkan uang.

 

Di penghujung tahun 2020 ini merupakan saat yang tepat untuk menyusun kembali rencana keuangan Anda. Terlebih setelah menghadapi segala kondisi di tengah pandemi yang berdampak pada berbagai sektor, termasuk finansial. Perlahan, cobalah untuk memperbaikinya dan raih tujuan finansial Anda.

 

So millennials, inilah tips sederhana untuk membuat rencana keuangan yang bisa Anda lakukan sebelum memasuki tahun 2021.

 

Evaluasi

Sebelum mulai membuat rencana keuangan, Anda harus mengevaluasi kondisi keuangan saat ini. Setidaknya Anda perlu merinci berapa penghasilan dan pengeluaran setiap bulannya. Penghasilan yang dimaksud adalah termasuk dari pekerjaan sampingan, bisnis, atau investasi.

 

Begitupun dengan pengeluaran, yang bisa dihitung dari pengeluaran rutin untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian, dan tagihan rutin seperti listrik, pajak, serta cicilan kredit. Jangan lupa sertakan dana tidak terduga untuk pengeluaran yang bersifat mendadak.

 

Disiplin

Setelah mengetahui pentingnya menyusun rencana keuangan, Anda pasti menyadari bahwa kesempatan untuk nabung sebaiknya dimulai dari sekarang. Dengan kedisiplinan tinggi dalam menyisihkan uang dan mencatat keuangan, Anda bisa memegang kendali atas pengeluaran Anda. Kedisiplinan inilah yang bisa menjaga agar pengeluaran tak melampaui pendapatan.

 

Menabung

Menabung harus menjadi prioritas utama, sebab bisa dijadikan pegangan pada masa tua ketika Anda sudah tidak produktif lagi. Memang, kebanyakan orang cukup pintar untuk mencari kiat menabung. Banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk menabung. Selain menyisihkan uang untuk disimpan di bank, Anda juga bisa berinvestasi guna menghasilkan passive income yang akan terus menghasilkan uang. Instrumen investasi juga ada banyak macamnya, sebagai contoh adalah reksa dana, saham dan properti yang disewakan.

 

Asuransi

Hal-hal tidak terduga bisa terjadi sewaktu-waktu. Oleh sebab itu Anda juga harus melindungi diri dan aset berharga dengan asuransi. Saat ini ada banyak produk asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja seperti asuransi kendaraan, asuransi properti, asuransi kesehatan hingga asuransi jiwa. Dalam hal ini, pilihlah jenis asuransi yang paling penting menurut Anda.

 

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana yang berguna untuk menutupi biaya hidup kita di saat kita kehilangan pendapatan. Idealnya, alokasikanlah uang sebesar 10 persen dari penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan ini terlebih dahulu. Namun selain itu salah satu cara mempersiapkan dana darurat adalah dengan emas. Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa menjaga nilai uang dan juga mudah dicairkan.

 

Setelah menerapkan rencana keuangan dengan sesuai secara konsisten, Anda akan merasakan perubahan dalam hidup. Jadi jangan tunda lagi, mulailah perencanaan keuangan sejak dini dan lakukan dengan konsisten setiap bulannya.

 

Jika Anda masih bingung untuk merencanakan atau mengatur keuangan, Anda bisa meminta bantuan jasa profesional melalui Konsultanku. Dengan biaya yang terjangkau, Anda bisa berkonsultasi secara online dengan ahlinya. Yuk segera hubungi Konsultanku dengan klik di sini.

 

< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi