Ketahui 2 Jenis Pasar dan Pengaruhnya terhadap Persaingan Bisnis!

Pengertian dan Fungsi Pasar

 

an image

Secara umum, pasar dipahami sebagai tempat terjadinya transaksi jual-beli yang tentu saja melibatkan peran penjual dan pembeli di dalamnya. KBBI mendefinisikan pasar sebagai suatu tempat untuk berjual-beli; menukar barang atau jasa dengan uang; tempat menukar uang dengan barang dan jasa. Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasar berfungsi sebagai tempat bertemunya penjual dengan pembeli, sekaligus sebagai lokasi terjadinya proses transaksi. Dengan demikian, pasar memegang peranan penting dalam keberhasilan bisnis.

 

Tahukah Anda, pasar dapat dibedakan berdasarkan strukturnya. Pengelompokan ini juga sangat berpengaruh terhadap persaingan bisnis yang terjadi di dalam pasar, lho! Simak pembahasannya, ya.

 

Baca Juga:
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

2 Jenis Pasar dan Pengaruhnya terhadap Persaingan Bisnis

 

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna adalah sebuah pasar yang di dalamnya terdapat banyak pedagang yang menjual jenis produk serupa, bahkan satu merek. Kondisi ini menyebabkan para pedagang tidak bisa mematok harga seenaknya sendiri sehingga produk yang dijual satu pedagang dengan pedagang lainnya memiliki harga yang serupa (tidak jauh berbeda).

 

Kondisi ini dapat dijumpai di Pasar Tanah Abang yang terkenal sebagai pasar khusus tekstil, menjual bahan-bahan kain hingga baju grosir. Misalnya, di Tanah Abang sangat sulit untuk menemukan pedagang yang menjual harga katun Jepang jauh di bawah rata-rata harga katun Jepang di pasar ini dikarenakan hampir semua pedagang menjual katun Jepang sehingga monopoli pasar sangat sulit dilakukan.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

 

Baca Juga: Business Model Canvas, Model Perencanaan Bisnis Paling Ampuh untuk Mencapai Goals Bisnis!

 

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Kebalikan dari jenis pasar sebelumnya, Pasar Persaingan Tidak Sempurna justru membebaskan tiap penjual untuk menentukan harga produk yang dijualnya. Hal tersebut dapat terjadi, sebab pasar ini tidak hanya terdiri dari satu atau dua macam produk saja sehingga persaingan harga antarproduk menjadi lebih longgar. Satu pedagang pun bahkan ada yang menjual lebih dari tiga macam produk.

 

Jenis pasar ini terbagi lagi menjadi dua, yakni Pasar Monopoli dan Pasar Oligopoli.

 

Pasar Monopoli

Karakteristik dari Pasar Monopoli adalah penguasaan suatu produk oleh satu produsen saja. Sang produsen bebas menentukan naik-turunnya harga produk sebab tidak ada pesaing yang bermain di bisnis serupa.

 

Indonesia sendiri melarang tegas praktik Pasar Monopoli. Oleh karena itu, produk yang menguasai hajat hidup orang banyak diatur secara langsung oleh pemerintah seperti PLN dengan produk listrik, PT. KAI dengan kereta apinya, serta PDAM yang menguasai penyediaan air.

 

Baca Juga: Tutorial Perencanaan Bisnis Sederhana bagi Pemula, Simak Juga Tipsnya!


 

Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli adalah pasar yang didominasi oleh beberapa produsen (biasanya dua sampai lima produsen). Persaingan ini umumnya terjadi pada komoditas tertentu yang memerlukan hak paten dalam pengelolaannya.

 

Tidak seperti monopoli, Pasar Oligopoli tak menutup peluang bagi kompetitor baru untuk masuk dan bermain di komoditas yang sama. Hanya saja, kemungkinan suksesnya sangat kecil karena pendahulunya sudah sangat dikenal dan dipercaya masyarakat.

 

Contohnya, perusahaan Apple yang sudah mendapat kepercayaan masyarakat akan kualitas dan keamanan privasi dalam produk-produk elektroniknya. Untuk bisa menyaingi Apple, tentu kompetitor baru harus mati-matian meyakinkan para pelanggan setia Apple agar mau beralih ke produk mereka. Hal ini tentu sangat sulit dilakukan sebab sepak terjang Apple dalam pengembangan perangkat elektronik sudah telanjur melekat kuat di benak masyarakat.

 

Nah, setelah Anda mengetahui jenis-jenis pasar dan pengaruhnya terhadap persaingan bisnis, sekarang waktunya untuk mematangkan perencanaan bisnis Anda. Jangan lupa, perencanaan bisnis akan berdampak signifikan terhadap kinerja bisnis Anda dalam menghadapi persaingan pasar.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi