Masuk IPO, Ini Profil PT Solusi Kemasan Digital!

Salah satu hal yang penting dalam proses pembuatan produk adalah kemasannya. Sebab, kemasan ibarat “wajah” produk yang dapat menentukan ketertarikan calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Tak heran, kini bermunculan jasa pembuatan kemasan produk, salah satunya PT Solusi Kemasan Digital.

an image

 

Baru-baru ini, perusahaan yang menaungi FlexyPack tersebut resmi masuk IPO. Tak hanya itu, prestasi keuangan yang dicetak produsen kemasan tersebut juga menuai banyak pujian. Penasaran dengan profil PT Solusi Kemasan Digital? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

 

Profil PT Solusi Kemasan Digital

PT Solusi Kemasan Digital Tbk adalah sebuah perusahaan dengan kode PACK. Perusahaan ini didirikan berdasarkan Akta Notaris No. 10 Tanggal 8 November 2019 dari Laurens Gunawan, S. H., M.Kn., notaris di Tangerang.

Baca Juga:
Penyebab Kejatuhan KAP Top Dunia: Arthur Andersen!
Skandal Top Tier Maskapai Penerbangan Indonesia: Fraud Garuda Indonesia
5 Rekomendasi KAP di Jakarta, Lengkap dengan Alamat dan Kontaknya!
Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah: Pengertian, Contoh, dan Perbedaannya

 

Adapun ruang lingkup kegiatan bisnis PT Solusi Kemasan Digital berada di bidang eceran dan industri pengolahan kemasan plastik. Perseroan yang satu ini mulai beroperasi secara komersial per 6 Desember 2019 lalu.

 

Cakupan Bisnis PT Solusi Kemasan Digital

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kegiatan usaha yang dijalankan oleh PT Solusi Kemasan Digital bergerak di bidang percetakan digital kemasan plastik. Dalam hal ini, jasa percetakan kemasan dibuat untuk pengemasan makanan ringan, makanan basah, kopi dan teh kemasan, produk bubuk, bumbu, frozen food, cairan, kosmetik, pakaian hingga masker.

Baca Juga:
Penyebab Kejatuhan KAP Top Dunia: Arthur Andersen!
4 Merek ini Melakukan Branding Bisnis dengan Ciri Khas Negara Lain!
Skandal Top Tier Maskapai Penerbangan Indonesia: Fraud Garuda Indonesia
Pungutan Liar dan Retribusi Parkir: Pengunjung Minimarket Harusnya Parkir Gratis!

 

PT Solusi Kemasan Digital atau FlexyPack menawarkan percetakan kemasan full printing depan-belakang dalam berbagai bentuk, mulai dari sachet, standing pouch, dan roll stock. Tidak sampai di sana, Anda juga dapat request untuk menambahkan aksesoris pada kemasan, seperti klip zipper, finishing glossy atau doff sampai see through window.

 

pt solusi kemasan digital

 

Selain fleksibel dalam hal request kemasan, PT Solusi Kemasan Digital juga memiliki keunggulan lainnya, yakni dapat melayani pesanan dengan kuantitas rendah sampai dengan 100 lembar per pesanan. Hal ini tentu sangat membantu pelaku UMKM yang sering terbentur minimum order percetakan yang sangat besar.

 

Hingga kini, PT Solusi Kemasan Digital sendiri sudah melayani dan mentransformasi hampir 4.000 kemasan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini, PT Solusi Kemasan Digital dapat menerima pesanan dengan kuantitas 500 lembar per desain, bahkan juga dapat menerima 100 lembar per desain melalui Authorized Dealer yang sudah tersebar di 34 kota di Indonesia.

 

Kinerja dan Laporan Keuangan PT Solusi Kemasan Digital

Beberapa waktu terakhir, kinerja keuangan PT Solusi Kemasan Digital Tbk (PACK) berhasil meraih prestasi yang signifikan. Perusahaan ini tercatat mengalami pertumbuhan pendapatan 40,97% menjadi Rp 26,22 miliar per Juli 2022 dibanding senilai Rp18,6 miliar per 31 Juli 2021. Peningkatan pendapatan ini tentu tak diraih secara instan. Kinerja gemilang ini “dicetak” oleh PT Solusi Kemasan Digital melalui peningkatan kualitas produk dan kecepatan produksi.

 

Denny Winoto selaku Direktur Utama PT Solusi Kemasan Digital menerangkan bahwa total pendapatan perusahaan terkait selama tujuh bulan pertama di 2022 sudah mencapai 72,39% dibanding realisasi total pendapatan di sepanjang 2021 yang sebesar Rp 36,22 miliar. Menurut beliau, pertumbuhan tersebut didorong dari pembelian kembali (repurchase) dari customer langganan.

 

Denny Winoto lantas menegaskan bahwa repurchase produk PACK oleh para pelanggan yang sama menunjukkan adanya kepuasan terhadap hasil produksi. "Hal ini ditopang oleh peningkatan kualitas dan kecepatan produksi, sehingga kepuasan pelanggan meningkat," ujar Denny dalam keterangan resmi pasa Kamis, (2/2) lalu.

 

Di samping itu, laba bruto PT Solusi Kemasan Digital per 31 Juli 2022 tercatat sebesar Rp6,03 miliar. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 30,24% dibanding periode yang sama di 2021 yang senilai Rp4,63 miliar. Perolehan laba kotor ini didapat setelah memperhitungkan jumlah beban pokok penjualan PACK selama tujuh bulan pertama di 2022 yang sebesar Rp 20,19 miliar.

 

Dengan perolehan tersebut, menurut Denny, PACK sukses sukses membalikkan kinerja keuangan menjadi membukukan keuntungan per 31 Juli 2022. Selama tujuh bulan pertama pada tahun lalu, PT Solusi Kemasan berhasil membukukan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp705,95 juta. Hal ini tentu menakjubkan mengingat per 31 Juli 2021 lalu, PACK masih mencatatkan rugi neto tahun berjalan senilai Rp1,97 miliar.

 

Denny Winoto kemudian menjelaskan bahwa peningkatan kinerja keuangan PACK per 31 Juli 2022 paling banyak dipengaruhi oleh aktivitas di 2021 yang mengalami peningkatan signifikan pada biaya promosi, pembukaan banyak cabang di berbagai kota, dan harga yang sangat agresif terkait upaya mendapatkan pasar maupun pelanggan.

 

Tentang IPO PT Solusi Kemasan Digital

Awal Februari lalu, telah perusahaan pemilik brand FlexyPack ini telah masuk IPO dengan melepas saham ke publik sebanyak 308 juta lembar bernilai nominal Rp10 atau setara dengan 20,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah IPO. Harga offering saham PACK berada di angka Rp162 per lembar dan berlangsung pada 2—6 Februari 2023.

 

Berkaitan dengan hal ini, manajemen perseroan menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi Efek. Selain melakukan IPO, PACK juga menerbitkan sebanyak 61,6 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru atau sebesar 5,01 % dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh saat pernyataan pendaftaran IPO.

 

Setiap pemegang lima saham baru, PT Solusi Kemasan Digital berhak memperoleh satu warrant, di mana tiap satu warrant memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan dengan harga pelaksanaan Rp350 per saham. Total penghimpunan dana dari penerbitan warrant ini maksimal sebesar Rp21,56 miliar.

 

Lebih lanjut, Tanggal Penjatahan ditetapkan pada 6 Februari 2023, pendistribusian saham dan waran secara elektronik (Tanggal Emisi) pada 7 Februari 2023. Adapun pencatatan saham maupun Waran Seri I di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan dilaksanakan pada 8 Februari 2023.

 

pt solusi kemasan digital

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi