Tips Membuat Anggaran Bulanan Pribadi

Udah awal bulan nih, kalian sudah membuat perencanaan budget keuangan bulan ini belum? Mumpung masih awal bulan dan dompet masih tebal ga ada salahnya diterapkan. Berikut tipsnya:

an image

 



1. Semua orang mempunyai pengeluaran dan pemasukkan yg berbeda. Tapi diusahakan untuk yg pengeluaran wajib perbulannya besar (kebutuhan anak, kesehatan, sekolah) tapi pemasukkan kecil, membuat tabungan yg tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu (autodebet tiap bulan) yg jumlah tabungannya sesuai kemampuan. Nilai 100.000 pun tak apa. Yg penting konsistensi menabung. Bila ada sisa dana di akhir bulan, bisa dimasukkan ke tabungan ini sehingga tabungan kita aman.

2.Bila pemasukkan lebih besar anda bisa mengalokasikan 20% dari pemasukkan untuk investasi dan tabungan. Pilih investasi yg anda pahami betul positif negatifnya. Dan usahakan tabungan ini jangan diambil bisa tidak ada kejadian darurat.

Baca Juga:
Apa Itu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)
Jenis-jenis Laporan Keuangan
Mengenal Jenis-Jenis Opini Audit Laporan Keuangan
Hai Founder, yuk Kenali Konsep Valuasi Startup!

3. Bila sisa dari pemasukkan anda masih besar lebih dari 20% anda bisa melirik bisnis properti, saham, obligasi atau menjadi pemodal suatu usaha.

Semoga tips ini berguna. Selamat menjalankan aktivitas ??

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi