Apa Itu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)



Dalam ilmu akuntansi ada sebuah aturan yang diberlakukan atau standar yang wajib dipelajari oleh seorang akuntan. Standar tersebut dikenal dengan istilah PSAK atau pernyataan standar akuntansi keuangan. Lalu apa itu PSAK yang dimaksud?

 

Baca pembahasan lebih lanjut tentang pengertian PSAK serta macam-macam standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.

 

Pengertian PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)

 

PSAK merupakan pedoman yang digunakan untuk membuat laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku. Pernyataan tersebut selanjutnya dibuat dan disusun oleh IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia).

 

Tujuan PSAK adalah untuk menciptakan laporan keuangan yang dapat disampaikan dengan seragam. Sehingga antara laporan keuangan sebelumnya dengan laporan keuangan yang lain bisa saling dibandingkan.

 

Keberadaan PSAK juga mempermudah informasi dari laporan keuangan untuk dapat diketahui siapapun. Hal tersebut terkait dengan aturan kegiatan mencatat, menyusun, melakukan sampai penyajian laporan keuangan.

 

Isi PSAK berupa standar dan aturan pedoman akuntansi serta informasi dan data penting terkait laporan keuangan. Data tersebut seperti aset perusahaan, liabilitas ekuitas serta informasi lain yang berhubungan dengan entitas.

 

Sementara itu, entitas pemakai PSAK sendiri bisa dari swasta atau lembaga pemerintahan. Karena indonesia telah memberlakukan beberapa standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh KSAP dan DSAK IAI.

 

Namun KSAP atau Komite Standar Akuntansi Pemerintah hanya mengeluarkan 1 acuan standar dari 5 standar yang ada. Sedangkan 4 diantaranya adalah terbitan DSAK IAI atau Dewan Standar Ikatan Akuntan Indonesia.

 

5 Jenis Standar Akuntansi Keuangan yang Berlaku di Indonesia

 

Ada macam-macam PSAK di Indonesia yang digunakan oleh berbagai entitas usaha maupun organisasi. Karena dalam dunia akuntansi, ada aturan baku dan standar yang harus dijalankan pada skala tertentu.

 

Perlu diketahui, inilah daftar 5 jenis standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia:

1. PSAK-IFRS

Badan usaha yang menggunakan PSAK International Financial Report Standard adalah yang memiliki jenis akuntabilitas publik. Yakni usaha yang sudah terdaftar atau dalam proses sebagai emiten, seperti BUMN dan perusahaan asuransi.

2. PSAK-ETAP

Bentuk dari PSAK Entitas Tanpa Asuransi Publik lebih sederhana dari PSAK-IFRS yang digunakan pada skala global. Karena pada dasarnya PSAK-ETAP ditujukan bagi badan usaha kecil menengah tanpa laporan laba rugi dan penilaian aset.

3. PSAK Syariah

Lembaga yang menggunakan PSAK Syariah adalah yang menerapkan kebijakan dan prinsip syariah dalam bisnisnya. Seperti perbankan syariah yang menerapkan ini setelah membuat laporan dengan standar akuntansi umum.

4. PSAK-EMKM

Setiap entitas yang belum memenuhi standar ETAP akan menggunakan PSAK Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Sehingga laporan keuangan dibuat secara eksplisit dan tetap mematuhi aturan yang diberlakukan PSAK-EMKM.

5. SAP

Laporan keuangan yang disusun dengan Standar Akuntansi Pemerintah adalah untuk menjamin partisipasi dan transparansi. Tujuan penggunaan SAP oleh pemerintah pusat dan daerah untuk akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

 

Maka dari itu, pada tahun ini PSAK wajib diimplementasikan dan disesuaikan dalam penyusunan laporan keuangan. Tidak terkecuali dengan penyusunan laporan keuangan dalam dunia bisnis.

 

Bila Anda pelaku usaha dan membutuhkan konsultan untuk pengelolaan keuangan, maka Konsultanku adalah pilihan tepat. Konsultanku merupakan platform penghubung antara perusahaan dengan konsultan dan profesional.

 

Selain pengelolaan keuangan Anda juga akan dibantu dalam mengelola bisnis, perpajakan sampai administrasi bisnis lainnya. Temukan berbagai solusi bisnis Anda di Konsultanku yang telah terpercaya di Indonesia.

 

Buat kemajuan bisnis Anda bersama Profesional Konsultanku yang mengerjakan pekerjaan dengan penuh kehati-hatian.

 

Sekian uraian tentang apa itu PSAK serta jenis standar akuntansi yang berlaku di Indonesia dan wajib diimplementasikan. Untuk itulah pentingnya pedoman akuntansi dalam pembuatan suatu laporan keuangan.


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi