Jenis-jenis Laporan Keuangan



Laporan Keuangan mewakili keseluruhan kondisi finansial perusahaan dalam periode tertentu. Jadi sangat bermanfaat untuk memantau perkembangan bisnis dari periode sebelumnya.

Supaya peran laporan keuangan dapat berfungsi dengan baik, ketahui jenis-jenisnya yang dibutuhkan perusahaan. Karena pada dasarnya pembuatan laporan keuangan hanya dilandasi oleh kebutuhan perusahaan saja.

Jenis-jenis Laporan Keuangan yang Perlu Diketahui

Laporan keuangan terdiri dari berbagai aspek yang mencakup kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Secara umum, inilah beberapa jenis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui:

1. Laporan Laba-Rugi

Laporan laba-rugi atau income statement merupakan laporan keuangan yang berisi kinerja keuangan suatu perusahaan. Tujuannya memberikan informasi terkait keuntungan atau kerugian serta pajak perusahaan dan bahan evaluasi manajemen.

Sehingga laporan tersebut akan membantu perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan. Isinya terdiri dari pendapatan, beban, beban pajak, harga pokok produksi serta laba atau rugi perusahaan.

Dua bentuk format laporan laba rugi, yaitu single step bentuk yang lebih sederhana dan multiple step yang lebih kompleks.

2. Laporan perubahan Modal

Laporan ini dibuat setiap satu periode yang menggambarkan perubahan aktiva bersih baik peningkatan maupun penurunan. Sehingga terlihat penyebab dari perubahan modal awal yang terjadi selama operasional perusahaan berlangsung.

Modal akan berkurang bila selama beroperasi perusahaan mengalami kerugian dan akan bertambah bila menguntungkan. Maka laporan perubahan modal membutuhkan data berupa laporan laba-rugi, modal awal serta prive.

Sehingga perolehan keseluruhan laba atau rugi bersih dan pengambilan dana dalam satu periode tercatat jelas pada laporan ini.

3. Laporan Neraca

Laporan keuangan perusahaan berupa neraca atau balance sheet dibuat untuk mengetahui posisi dan informasi keuangan. Sehingga memuat laporan yang lengkap dan rinci untuk memberikan informasi terkait modal perusahaan, aset dan kewajiban.

Untuk itu harus ada keseimbangan antara aktiva sementara atau aset dengan pasiva yang berupa kewajiban dan modal. Sebagaimana pedoman persamaan akuntansi yang digunakan, yakni: Aset = Kewajiban + Modal.

Formatnya berupa rincian aset dari kas sampai akumulasi penyusutan serta kewajiban berupa hutang dan ekuitas seperti modal.

4. Laporan Arus Kas

Informasi terkait keluar masuknya aliran kas perusahaan akan terangkum dalam laporan arus kas atau cash flow statement. Bentuk pertanggung jawaban kas ini berguna bagi perusahaan untuk memprediksi arus kas pada periode mendatang.

Ada 3 aktivitas utama dalam laporan arus kas, yakni aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Ketiga aktivitas tersebut terangkum dalam laporan arus kas masuk dan keluar selama periode tertentu.

Aktivitas tersebut berupa kegiatan operasional, arus kas penjualan atau pembelian dan penambahan modal perusahaan.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

CALK hanya dibuat oleh perusahaan berskala besar atau go public karena bukan merupakan hal yang wajib. Tujuan laporan keuangan ini tidak lain untuk memperjelas seluruh jenis laporan terkait keuangan mulai dari awal sampai akhir.

Penjelasan yang rinci akan lebih memudahkan Anda untuk memahami laporan keuangan secara keseluruhan. Maka tidak heran bila terdiri dari banyak halaman sehingga catatan atas laporan keuangan (CALK) cenderung sangat tebal.

Meski tidak wajib, namun catatan ini termasuk dalam bagian laporan keuangan suatu entitas.

Bila Anda masih menemukan kesulitan dalam membuat laporan keuangan, dapatkan jalan keluarnya di Konsultanku. Platform yang akan menghubungkan bisnis dengan konsultan profesional dibidang akuntansi, keuangan dan pajak.

Itulah informasi tentang jenis-jenis laporan keuangan yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Setelah memahami, semoga Anda dapat menilai kesehatan keuangan bisnis dengan baik.


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi