Catatan atas Laporan Keuangan bagi Perusahaan



Mengenal Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan salah satu hal yang esensinya krusial bagi perusahaan. Bagaimana tidak, laporan ini berisi seluruh catatan keuangan perusahaan selama satu periode tertentu, baik itu transaksi maupun kas.

Laporan keuangan ini akan memperlihatkan seberapa bagus kinerja perusahaannya. Keuntungan, kerugian, bahkan pembayaran pajak juga bergantung pada laporan keuangan.

Akan tetapi, tahukah Anda jika pada laporan keuangan juga terdapat catatan-catatan tambahan yang ditambahkan di akhir?

 

Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) atau catatan kaki merupakan catatan yang berisi tambahan informasi terkait hal-hal yang sebelumnya telah dicatat di laporan keuangan utama. Catatan ini pun harus dibuat secara runtut dan terstruktur. Berikut adalah format isi catatan atas laporan keuangan:


Gambaran Umum

Bagian yang bernama ‘Gambaran Umum’ ini berisi tentang latar belakang perusahaan yang mencakup tanggal pendirian, akta pendirian perusahaan, riwayat aktivitas usaha, struktur organisasi, pertanggungjawaban atas penyusunan serta penyajian laporan perusahaan, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan

 

Ikhtisar Kebijakan Akuntansi

Selanjutnya, bagian ini berisi pernyataan kepatuhan terhadap standar akuntansi Republik Indonesia, dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan, dan kebijakan akuntansi tertentu.


Pengungkapan Tiap Pos Laporan Keuangan

Tiap pos yang terdapat di dalam laporan keuangan utama seperti aktiva, kewajiban, modal, pendapatan, beban, dan pengungkapan lainnya juga dicatatkan di dalam catatan atas laporan keuangan ini.

 

Mengapa Catatan atas Laporan Keuangan Sangat Dibutuhkan?

 

Pada dasarnya, tujuan untuk membuat catatan atas laporan keuangan adalah untuk menghindari kesalahpahaman dalam menerjemahkan laporan keuangan saat dibaca. Selain itu, catatan atas laporan keuangan ini juga diperlukan untuk menyajikan data ke dalam bentuk narasi secara lebih rinci sehingga mempermudah pembacanya dalam memahami kondisi keuangan perusahaan.

 

Konsultanku adalah platform konsultasi online dan jasa profesional yang telah dipercaya oleh ratusan UMKM di Indonesia. Temukan solusi terbaik di bidang akuntansi, pajak, dan legal untuk individu dan bisnis dari 300+ Mitra Profesional Konsultanku hari ini. Klik Konsultanku sekarang!


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi