Catatan atas Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Mengenal Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan salah satu hal yang esensinya krusial bagi perusahaan. Bagaimana tidak, laporan ini berisi seluruh catatan keuangan perusahaan selama satu periode tertentu, baik itu transaksi maupun kas.

an image

 

Laporan keuangan akan memperlihatkan seberapa bagus kinerja perusahaannya. Keuntungan, kerugian, bahkan pembayaran pajak juga bergantung pada laporan keuangan.

 

 

Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) atau catatan kaki merupakan catatan yang berisi tambahan informasi terkait hal-hal yang sebelumnya telah dicatat di laporan keuangan utama. Catatan ini pun harus dibuat secara runtut dan terstruktur. Berikut adalah format isi catatan atas laporan keuangan:


Gambaran Umum

Bagian yang bernama ‘Gambaran Umum’ ini berisi tentang latar belakang perusahaan yang mencakup tanggal pendirian, akta pendirian perusahaan, riwayat aktivitas usaha, struktur organisasi, pertanggungjawaban atas penyusunan serta penyajian laporan perusahaan, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan

 

 

Ikhtisar Kebijakan Akuntansi

Selanjutnya, bagian ini berisi pernyataan kepatuhan terhadap standar akuntansi Republik Indonesia, dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan, dan kebijakan akuntansi tertentu.


Pengungkapan Tiap Pos Laporan Keuangan

Tiap pos yang terdapat di dalam laporan keuangan utama seperti aktiva, kewajiban, modal, pendapatan, beban, dan pengungkapan lainnya juga dicatatkan di dalam catatan atas laporan keuangan ini.

 

Mengapa Catatan atas Laporan Keuangan Sangat Dibutuhkan?

Pada dasarnya, tujuan untuk membuat catatan atas laporan keuangan adalah untuk menghindari kesalahpahaman dalam menerjemahkan laporan keuangan saat dibaca. Selain itu, catatan atas laporan keuangan ini juga diperlukan untuk menyajikan data ke dalam bentuk narasi secara lebih rinci sehingga mempermudah pembacanya dalam memahami kondisi keuangan perusahaan.

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi