Catat! Ini Pentingnya Audit Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Tiap perusahaan pasti membutuhkan laporan keuangan yang kredibel dan reliabel. Sebab, laporan keuangan berisi catatan atas segala transaksi dan dibuat untuk mengetahui performa dan kondisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu, sebuah laporan keuangan harus melalui proses pemeriksaan agar penyajiannya sesuai dengan prinsip, standar, dan aturan yang berlaku di Indonesia.

an image

 

 

Manfaat Audit Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Audit laporan keuangan atau yang biasa disingkat audit keuangan adalah sebuah proses penilaian atau evaluasi atas suatu entitas (organisasi, perusahaan, atau lembaga) sehingga menghasilkan pendapat atau opini audit yang independen dari pihak ketiga tentang laporan keuangan yang akurat, lengkap, relevan, wajar, dan pastinya sesuai dengan prinsip akuntansi dan aturan yang berlaku.

 

Adanya tindakan audit sangat berguna untuk menambah integritas laporan keuangan yang bisa dipercaya untuk kepentingan pihak luar seperti pemegang saham, kreditor, pemerintah, dan lain-lain. Selain itu, audit bisa mencegah fraud yang dilakukan oleh manajemen perusahaan yang diaudit. Audit memberikan manfaat yang cukup besar, berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Membuka pintu bagi masuknya sumber pembiayaan dari pihak luar.

  2. Menemukan kesalahan dan penyimpangan dalam catatan keuangan.

  3. Memberikan dasar yang lebih menyakinkan kepada para kreditur atau para mitra perusahaan untuk mengambil keputusan pemberian kredit.

  4. Memberikan dasar yang lebih meyakinkan kepada perusahaan asuransi, para investor, perbankan, dan lain sebagainya menentukan syarat penjualan, pembelian atau penggabungan perusahaan.

  5. Memberikan dasar yang lebih baik untuk meyakinkan kepada para pelanggan.

  6. Memberikan tambahan untuk kejelasan yang independen tentang ketelitian dan jaminan dari laporan keuangan.

 

 

3 Laporan yang Membutuhkan Audit Keuangan

 

Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi merupakan salah satu bagian dari keseluruhan laporan keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan ini terdiri atas pendapatan selama periode berjalan dan beban, baik itu beban usaha maupun beban di luar usaha selama periode berjalan. Oleh karena itu, tak heran jika laporan laba rugi disebut paling membutuhkan audit karena laporan ini akan memberikan evaluasi kinerja perusahaan sekaligus menjadi tolok ukur dalam menghitung besaran pajak yang harus dibayar perusahaan.

 

Neraca

Neraca merupakan bagian dalam laporan keuangan perusahaan yang berisi informasi mengenai aset, kewajiban pembayaran pada pihak terkait dalam operasional perusahaan, dan modal pada waktu tertentu. Neraca memberikan gambaran aset-aset yang dimiliki perusahaan serta kewajibannya. Neraca disusun berdasarkan gagasan bahwa Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemegang Saham.

 

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (cash flow) adalah laporan kas dan setara kas yang diterima dan dikeluarkan perusahaan selama periode akuntansi tertentu. Dengan kata lain, isi dari laporan ini adalah catatan keuangan terkait pemasukan dan pengeluaran perusahaan selama satu periode tertentu.

 

Laporan arus kas akan sangat berguna saat perusahaan ingin mengevaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas) dan aset bersih perusahaan. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakannya sebagai strategi adaptif dalam menghadapi perubahan kondisi keuangan.


Nah, sekarang Anda telah mengetahui bahwa audit keuangan berperan penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, Anda pun harus selalu menggunakan jasa auditor profesional yang berpengalaman untuk mengaudit laporan keuangan perusahaan Anda.

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi