Pentingkah Laporan Keuangan untuk UKM?



Mungkin ini yang ada di benak sebagian besar pelaku usaha yang tengah merintis bisnisnya khususnya pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Pertumbuhan usaha pada skala ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Jika ditunjang dengan meningkatnya daya beli masyarakat, akan berdampak pada perkembangan UKM akan ikut bergerak naik, maka semakin banyak pula transaksi keuangan yang terjadi, dan pada akhirnya mendorong pergerakan perekonomian Indonesia.

Jika ingin usahanya tumbuh sesuai dengan target yang diharapkan pelaku usaha, terdapat beberapa hal yang perlu dicermati para pelaku usaha seperti penentuan jenis produk/jasa yang tepat, alokasi modal kepada kegiatan bisnis, strategi pemasaran, inovasi bisnis, penerapan teknologi, dan tentunya strategi keuangan. Untuk menerapkan strategi keuangan, hal yang paling dasar yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis adalah laporan keuangan.

Keberadaan laporan keuangan memiliki keterkaitan dengan penggunaan modal yang dimiliki oleh para pelaku usaha. Kenyataannya tidak semua pelaku usaha UKM memilki modal yang besar untuk membangun dan menjalankan usaha. Dengan penerapan laporan keuangan, penggunaan modal menjadi lebih terarah, sehingga pelaku usaha tidak akan menggunakan modalnya secara sembarangan untuk hal-hal yang dianggap tidak berdampak signifikan pada perkembangan usahanya, sehingga lebih efektif dalam menggunakan modal yang dimiliki. Bukan tidak mungkin, pelaku bisnis dengan modal besar ada kemungkinan mengalami penurunan usaha dikarenakan tidak menggunakan informasi keuangan (laporan keuangan) yang memadai sehingga tidak tepat dalam mengambil keputusan bisnis.

Informasi keuangan juga berdampak kepada strategi pemasaran. Kadang ada kalanya pebisnis melakukan strategi pemasaran tertentu yang dianggap efektif dalam meningkatkan penjualan produknya, untuk itu informasi keuangan juga dapat mengukur efektifitas dari strategi pemasaran yang diterapkan.

Dengan menerapkan laporan keuangan, pelaku bisnis dapat melihat apakah usaha yang tengah dijalankannya mengalami keuntungan atau kerugian secara keseluruhan, sehingga dapat dilihat apakah bisnis tersebut benar-benar berkembang atau mengalami kerugian secara bertahap. Penerapan laporan keuangan secara rinci, sistematis, serta mudah dipahami dan dapat menginformasikan perhitungan yang lengkap sesuai dengan ukuran bisnis, akan dianggap telah memiliki competitive advantage (keunggulan bersaing) terutama di bidang strategi keuangannya. Perlu dicatat bahwa hanya bisnis yang mempunyai keunggulan lah yang akan mampu bertahan dan tumbuh didalam lingkungan usaha yang kompetitif.

Silakan klik link berikut untuk pemesanan laporan keuangan

https://forms.gle/ogvyrhkG8o5jwrBE6

website : www.konsultanku.co.id

Social Media:

Instagram www.instagram.com/konsultanku/

• Youtube http://bit.ly/YoutubeKonsultanku

• Facebook http://bit.ly/FacebookKonsultanku

• Linkedin Page www.linkedin.com/company/konsultanku


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi