Bagi Anda yang hobi traveling, tentunya liburan akhir tahun menjadi moment yang sangat ditunggu-tunggu. Berlibur memang perlu dilakukan untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran dari padatnya kegiatan. Namun kadangkala rencana liburan terkendala dengan kesiapan dana yang diperlukan. Pada dasarnya mau liburan kemana pun yang penting siapkan dana dari jauh-jauh hari agar liburan tetap terlaksana.

an image

 

 

Nah, kali ini KonsultanKu akan membagikan tips menyiapkan dana liburan.

Baca Juga:
Perusahaan Tidak Membayar Gaji Karyawan Boleh Dilaporkan ke Disnaker, Bagaimana Caranya?
Apa Itu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)
Cara Membuat Buku Besar Perusahaan Dagang, Lengkap dengan Contoh
Jenis-jenis Laporan Keuangan

 

1. Rencanakan destinasi wisata

Membuat rencana liburan perlu dilakukan agar kamu mengetahui berapa biaya uang akan kamu keluarkan selama liburan. Tentukan tujuan wisata dan berapa lama kamu pergi berlibur. Cari waktu terbaik untuk mengunjungi tempat tersebut dan buat itinerary se-detail mungkin dari mulai tujuan wisata, penginapan/hotel, transportasi dan berapa lama kamu liburan akan menentukan besaran biaya yang akan kamu keluarkan.

2. Siapkan anggaran khusus

Baca Juga:
Hi sahabat Konsultanku, KonsultanKu
Pentingkah Laporan Keuangan untuk UKM?
Liburan Asik dengan Budget Terjangkau
Resolusi Keuangan 2020

Setelah kamu mengetahui berapa banyak anggaran yang kamu perlukan untuk liburan, kamu bisa mulai untuk menabung secara rutin setiap bulan. Kamu juga perlu konsisten dengan anggaran liburan kamu dan memastikan anggaran ini tidak terpakai untuk keperluan lain. Jika memang kamu tipikal yang sulit untuk menabung, kamu bisa mencoba memisahkan rekening tabungan kamu dengan rekening yang bisa kamu pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Kamu juga perlu menentukan deadline kapan dana liburanmu harus terkumpul, salah satu alternatifnya adalah dengan membuat tabungan deposit dengan jangka waktu yang ditentukan.

3. Mengurangi perilaku konsumtif

Terkadang setelah mendapatkan gaji diakhir bulan, kita cenderung ingin membelanjakan uang yang kita dapat. Terlebih lagi jika ada berbagai promo. Kamu perlu kontrol diri untuk tidak tergoda dengan hal yang bersifat konsumtif dan impulsif yang bisa menggagalkan rencana liburanmu. Pastikan kamu selalu ingat tujuan kamu menabung, ya! Sebagai pengingat, kamu bisa pasang wallpaper destinasi wisata liburanmu supaya kamu semakin termotivasi dalam menabung. Setelah mengetahui cara mudah mengumpulkan dana liburan, kini saatnya kamu memulai tidakan nyata untuk mewujudkan liburan ke destinasi wisata impianmu. Sangat mudah, bukan? Eits, sebelum kamu menabung dana liburan pastikan kamu sudah punya dana darurat, ya! 

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi