Cek Keaslian Surat Izin OJK Biar Nggak Ketipu Investasi Bodong!

Maraknya praktik investasi ilegal atau investasi bodong memang menjadi salah satu momok masyarakat dalam berinvestasi. Investasi bodong sendiri adalah istilah yang merujuk pada praktik penipuan berkedok investasi. Berbagai cara dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab agar dapat menjerat lebih banyak orang untuk menanamkan uangnya pada produk investasi bodong ini. Ketakutan akan penipuan-penipuan semacam ini tentu akan berdampak pada asumsi buruk masyarakat terhadap produk-produk investasi lainnya, padahal tidak semua produk investasi itu bodong.

an image

 

Salah satu dari banyaknya muslihat yang digunakan oleh oknum investasi bodong adalah dengan memberi keyakinan kepada calon investor bahwa produk investasinya terjamin aman karena sudah mendapat izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Cara ini biasanya dilakukan dengan menunjukkan surat izin OJK palsu kepada calon investor.

 

Tips Mengecek Keaslian Surat Izin OJK

Meskipun mirip, tetapi barang palsu tidak pernah bisa dibuat persis 100% dengan yang asli. Produk palsu pasti memiliki (minimal) satu perbedaan dengan barang asli yang dapat dilihat secara kasat mata. Untungnya, OJK melalui akun resmi instagramnya (@ojkindonesia) memberi satu tips untuk membedakan surat izin palsu dengan surat izin asli keluaran OJK. Berikut langkah-langkah mengidentifikasi surat izin palsu:

 

Baca Juga: Tips Investasi Bagi Pemula

 

Surat Izin OJK Asli dilengkapi QR Code

Pertama-tama, periksalah dulu bagian kiri bawah pada surat. Jika surat izinnya betul-betul asli, seharusnya pada bagian tersebut terdapat QR code yang dapat di-scan dan terhubung dengan situs sipena.ojk.go.id.

 

Ada QR Code, tapi Tidak Bisa Dipindai?

Selanjutnya, jika pada bagian kiri bawah surat tersebut memang terdapat QR code, jangan buru-buru percaya. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, cobalah untuk memindai QR code-nya terlebih dulu untuk memastikan keasliannya. Kalau ternyata QR code yang tertera tidak dapat dipindai atau jika isi surat tersebut berbeda dengan informasi yang ditampilkan dalam QR code, maka dapat dipastikan bahwa surat izin tersebut memang palsu.

 

Konfirmasi Langsung ke 157

Kalau masih ragu juga meskipun sudah mengecek keasliannya melalui QR code, teman-teman dapat menghubungi 157 untuk mengecek keabsahan dan keaslian surat secara langsung supaya lebih yakin lagi.

 

Nah, jika sudah paham tips-tips mengecek keaslian surat izin produk investasi, jangan ragu lagi untuk mulai berinvestasi, ya! Selain untuk menyimpan kekayaan, investasi juga bermanfaat untuk menambah nilai kekayaan sebab modal yang tertanam dalam suatu produk investasi akan mengalami pertambahan nilai seiring berjalannya waktu.


< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi