Tips Strategi Pemasaran Agar Penjualan Laris Manis



Memasarkan produk merupakan hal paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Caranya, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk membuat produk menjadi lebih laris.

 

Hal itu dikarenakan pemasaran produk memiliki kaitan yang erat dengan penjualan dan pendapatan yang diperoleh. Artinya, pemasaran dapat disebut sebagai salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis.

 

Kali ini, Konsultanku akan memberikan tips untuk menerapkan strategi pemasaran produk agar lebih laris:

 

Cara Memasarkan Produk Agar Lebih Laris

Strategi pemasaran adalah kegiatan yang harus Anda lakukan untuk mempromosikan produk kepada khalayak. Untuk meningkatkan penjualan produk, berikut ini adalah strategi yang bisa dilakukan:

  1. Tentukan Target Pasar

Sebelum memasarkan produk, Anda harus menentukan target pasarnya terlebih dahulu. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah riset siapa yang akan menjadi target Anda.

 

Jika Anda memiliki gambaran yang jelas mengenai target pasar yang diinginkan, maka bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka.

 

Misalnya, bisnis Anda bergerak di bidang jasa kontraktor, maka membutuhkan strategi marketing yang berbeda dengan jasa lainnya. Sebab, ada banyak perusahaan kontraktor yang sibuk mencari peluang, namun lupa memperhatikan pelanggannya.

 

Caranya, Anda bisa menghubungi pelanggan dan bertanya setelah beberapa bulan menyelesaikan proyeknya. Anda bisa bertanya apakah ada hal yang bisa dibantu atau dikerjakan lagi. Selain itu, Anda juga bisa meminta referensi dan testimoni dari mereka.

 

  1. Gunakan Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi salah satu alat pemasaran yang paling ampuh untuk mempromosikan produk. Anda bisa memasarkan produk melalui platform media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan platform Viralmu untuk mengembangkan bisnis yang dijalani. Viralmu merupakan platform buatan anak bangsa untuk meningkatkan popularitas bisnis/usaha Anda melalui set up campaign.

 

Nantinya, perusahaan atau bisnis Anda bisa menjalin interaksi dengan berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, media sosial memungkinkan Anda untuk memilih target yang sesuai dengan produknya. Sehingga, potensi penjualan produk semakin tinggi.

 

Jika ingin memasarkan produk melalui media sosial, Anda bisa menggunakan jasa influencer. Sudah banyak orang yang menggunakan jasa influencer di media sosial untuk memasarkan produknya.

 

  1. Memaksimalkan Bisnis Secara Online

Strategi pemasaran online juga harus dimaksimalkan. Meski banyak strategi yang bisa dipertimbangkan, namun pemasaran online cukup efisien dalam menghemat biaya.

 

Jika Anda memiliki website, maka bisa menampilkan informasi yang berkaitan dengan produk bisnis. Pastikan juga situs Anda bisa diakses dengan mudah agar pelanggan merasa nyaman.

 

Untuk memaksimalkan situs Anda, maka bisa menggunakan jasa penulisan artikel profesional dari Saungwriter. Agency penulisan konten ini melayani bisnis lokal hingga internasional, mulai dari UMKM hingga perusahaan dari berbagai industri.

 

  1. Berikan Diskon atau Promo

Cara yang satu ini juga dianggap ampuh untuk menarik konsumen, karena Anda menawarkan produk dengan potongan harga atau promo. Strategi ini juga dianggap perlu dilakukan, karena konsumen seringkali tidak membeli produk dengan alasan belum pernah mencobanya.

 

Anda bisa saja menghadirkan promo diskon untuk pembelian produk tertentu. Jika Anda mempromosikan produk melalui online, maka bisa memberikan promo kepada pelanggan kapan saja.

 

  1. Tingkatkan Pelayanan

Tentunya, Anda pernah mendengar bahwa pembeli adalah raja. Anda bisa menjalin hubungan baik dengan para konsumen. Caranya, Anda bisa menghubungi mereka untuk bertanya soal testimoni mengenai produk yang dijual.

 

Selain itu, Anda bisa memberitahukan bahwa ada produk terbaru yang dirilis dan promo yang sedang berlangsung. Hal itu dilakukan agar konsumen Anda merasa puas dan kembali membeli produk.

 

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar produk yang Anda jual lebih laris dan dikenal oleh khalayak. Selama pandemi, banyak orang yang sering berbelanja secara online. Jika Anda menerapkan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin jika penjualan produk akan semakin meningkat dan laris manis.

 

Dalam penyusunan rencana pemasaran yang baik, didalamnya harus diimbangi dengan  pelaporan keuangan yang baik juga. Kunjungi Konsultanku untuk solusi akuntansi yang dapat membantu Anda dalam pembuatan laporan keuangan yang tepat dan terstandar. Klik di sini untuk mengunjungi solusi akuntansi Konsultanku.

 

 


< All Blog

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Apapun kebutuhan Anda baik perusahaan besar, kecil, atau pribadi ada solusinya. Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang.

Lihat Solusi