Berikut Formulasi Strategi Bisnis yang Sukses!

Anda yang saat ini tengah mendirikan sebuah bisnis, tentu tak asing lagi dengan istilah ‘strategi bisnis’. Namun, merumuskan strategi bisnis tak semudah yang terlihat. Untuk dapat menyusun strategi yang mudah dipahami kolega bisnis, dibutuhkan serangkaian formula yang dapat merumuskan strategi sesuai dengan tujuan bisnis.

an image

 

Apa itu Formulasi Strategi Bisnis?

Strategi bisnis secara sederhana diartikan sebagai seperangkat rencana, tindakan, dan tujuan yang dapat menggambarkan bagaimana sebuah bisnis beroperasi dan bersaing di pasar dengan produk yang dijual. Akan tetapi, pada praktiknya, mengembangkan strategi bisnis tidak sesederhana pengertiannya. Diperlukan suatu formula yang bisa merumuskan strategi bisnis sesuai tujuan.

 

Strategi bisnis yang baik juga harus mudah dipahami oleh semua pihak yang berkaitan dengan bisnis yang akan dijalankan, mulai dari pemegang kekuasaan, pegawai, hingga rekan bisnis. Oleh karenanya, seorang pebisnis juga harus mampu merumuskan formulasi strategi bisnis dengan baik.

Baca Juga:
Inilah Jobdesk Supervisor yang Perlu Anda Ketahui
Perbedaan Customer, Consumer, dan Client
Surplus vs Defisit Bagi Perekonomian
6 Faktor Pengaruh Tingkat Konsumsi Masyarakat

 

Formulasi strategi bisnis sendiri merupakan serangkaian proses untuk merumuskan arah sebuah bisnis serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dari bisnis itu sendiri. Hasil dari proses ini akan dimanfaatkan untuk membuat alokasi sumber daya, membuat daftar prioritas, menyelaraskan pemahaman seluruh anggota organisasi, dan memvalidasi tujuan bisnis.

 

Pentingnya Formulasi dalam Menyusun Strategi Bisnis

Formulasi strategi bisnis yang sukses dapat mendukung perusahaan untuk memiliki satu visi yang jelas. Jadi, perusahaan dapat meminimalkan risiko miskomunikasi yang dapat terjadi. Selain itu, hal ini juga dapat membantu melacak kinerja dengan Key Indicator Performance (KPI) yang terukur.

Baca Juga:
Perusahaan rintisan tawarkan bantuan laporan pajak
Bantu Pemerintah, Startup Ini Tawarkan Jasa Penghitungan Pajak
Platform Konsultanku Optimistis Dorong Penerimaan
Mau tau cara menghemat pajak bisnis kamu?

 

Selain itu, formulasi strategi bisnis yang baik juga dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi sumber daya yang dimiliki serta menemukan dan memilih cara terbaik untuk memaksimalkan laba atas investasi atau Return on Investment (ROI).

 

Yang terakhir, dengan menyusun strategi bisnis menggunakan formulasi, Anda pun dapat memahami serta memetakan kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis. Dengan begitu, Anda jadi bisa mengimplementasikan strategi yang lebih matang sehingga hasil penjualan yang dicapai dapat bersaing dengan unggul.

 

5 Cara Menentukan Formulasi Strategi Bisnis yang Sukses

Berikut adalah 5 cara yang dapat Anda praktikkan untuk menyusun sebuah formula strategi bisnis yang sukses.

 

1. Mulai Menetapkan Tujuan Bisnis

Pertama-tama, Anda harus memahami bahwa strategi adalah rangkaian cara yang digunakan untuk mencapai tujuan bisnis. Maka dari itu, salah satu kunci utama untuk membangun strategi bisnis yang sukses adalah mengutamakan tujuan bisnis. Bila tujuan bisnis telah terdefinisikan, keputusan-keputusan strategis pun dapat dibuat dengan berpedoman pada tujuan bisnis.

 

2. Melakukan Evaluasi terhadap Lingkungan Bisnis

Langkah kedua yang harus dilakukan dalam memformulasikan strategi bisnis adalah mengevaluasi lingkungan ekonomi dan industri di mana bisnis Anda beroperasi. Evaluasi sangat penting dilakukan untuk meninjau lini produk bisnis Anda.

 

Tujuan dari melakukan evaluasi adalah untuk memastikan bahwa segala faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis dapat ditemukan, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari kompetitor. Dengan demikian, Anda pun dapat terhindar dari ancaman yang kemungkinan bisa terjadi sehingga minimalisasi risiko kerugian pun dapat dilakukan.

 

3. Menentukan Misi Strategis untuk Bisnis

Sebagai pebisnis, penting untuk memiliki pola pikir yang ingin terus maju dan bertumbuh guna mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Menentukan misi strategis dapat membantu Anda dalam memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana tujuan bisnis akan dicapai.

 

Misi strategis yang baik harus mampu menguraikan tujuan bisnis dengan rinci serta cara yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis tersebut. Ke depannya, misi strategis akan jadi pedoman bagi perusahaan dan karyawan dalam menjalankan semua tugas dan pekerjaan yang terkait dengan tujuan bisnis.

 

4. Melakukan Analisis Kinerja Bisnis

Analisis kinerja sangat penting untuk dilakukan demi menemukan kesenjangan yang terjadi antara kinerja yang telah dilakukan, yang sedang dilakukan saat ini, dan kemungkinan kinerja yang akan terjadi pada masa depan. Proses ini dapat membantu melacak kinerja bisnis melalui Key Indicator Performance (KPI), apakah bisnis sudah bekerja sesuai dengan standarnya atau tidak.

 

5. Menentukan Strategi Bisnis yang akan Digunakan

Usai melakukan keempat langkah sebelumnya, barulah Anda mulai bisa memilah dan memilih strategi bisnis yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Dengan menentukan strategi bisnis, perumusan strategi pemasaran pun dapat tervisualisasi dengan lebih jelas.

 

Membangun strategi bisnis adalah sesuatu yang harus diketahui oleh setiap pengusaha. Oleh karena itu, agar strategi yang disusun dapat terealisasikan dengan sukses, pengusaha harus fokus pada tujuan bisnisnya. Kalau untuk urusan perpajakan perusahaan dan pembukuan laporan keuangan, serahkan saja pada Konsultanku!

 

strategi bisnis, formulasi strategi bisnis, 5 langkah formulasi strategi bisnis, bisnis

 

< All Blog

Butuh bantuan?

Berbagai Jasa Profesional Pajak, Akuntansi, Audit, dan Keuangan dari Ahli yang Berpengalaman di Konsultanku.

Lihat Solusi